Fungsi Hub Sleeve: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Hub Sleeve – Di dalam synchromesh transmisi mobil ada banyak bagian satu diantaranya hub sleeve. Peran bagian ini penting pada proses kerja transmisi. Lantas apa fungsi dari hub sleeve?

Synchromesh ada di type transmisi syncromesh yang kerap digunakan sampai saat ini. Penggunaan komponen transmisi ini biasanya pada mobil atau kendaraan memiliki roda 4. Sementara itu memiliki roda 2 biasanya menggunakan transmisi type constantmesh.

Ada beberapa komponen atau bagian pada synchromesh. Komponen synchromesh terdiri dari synchronizer ring, clutch hub, shifting key, dan bermacam komponen lainnya.

Setiap komponen synchromesh memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Bermacam komponen itu untuk memberikan dukungan synchromesh supaya berperanan seperti harusnya. Untuk memperjelasnya berkaitan fungsi hub sleeve dan cara kerja akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

fungsi hub sleeve

Fungsi Hub Sleeve

Fungsi clutch hub sleeve adalah untuk menghubungkan dan memutuskan putaran dari roda gigi percepatan ke clutch hub. Komponen ini ada di antara lajur gigi clutch hub dan terhubung langsung dengan shift fork atau garpu pemindah.

Oleh karena itu saat dikerjakan proses peralihan gigi karenanya komponen ini akan terhubung dengan gigi percepatan untuk meneruskan putaran ke clutch hub dan kutub output transmisi.

Clutch hub sleeve ada di antara lajur gigi clutch hub dan terhubung langsung dengan shift fork atau garpu pemindah. Oleh karena itu saat dikerjakan proses peralihan gigi karenanya clutch hub sleeve akan terhubung dengan gigi percepatan untuk meneruskan putaran ke clutch hub dan kutub output transmisi.

Baca Juga  Fungsi Celah Katup: Peran Dan Pengaruhnya

Cara Kerja Hub Sleeve

Setelah mengetahui peran hub sleeve maka perlu diketahui pula cara kerjanya. Cara kerja synchromesh sebenarnya betul-betul sederhana. Synchromesh akan bekerja menghubungkan putaran input transmisi ke ouput transmisi saat pedal kopling diinjak penuh dan tidak ada putaran pada kutub output. Ini akan menyebabkan putaran gigi percepatan akan melambat sampai hub sleeve akan mudah terhubung dengan gigi percepatan.

Gerakan dari garpu pembebas atau yang dikenal dengan shift fork akan diteruskan ke clutch hub sleeve. Pada bagian ini terhubung langsung dengan shift fork. Hub sleeve akan gerakkan bagian atas shifting key. Karena dorongan ini karenanya shifting key akan pencet synchronizer ring agar berkaitan dengan gigi percepatan.

Di atas adalah pembahasan berkaitan fungsi hub sleeve dan cara kerja nya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.