Ciri Ciri Busi Lemah Pada Motor: 9 Gejala Dan Ulasan

Ciri Ciri Busi Lemah Pada Motor – Busi sebagai salah satu bagian sistem pengapian motor yang perannya penting. Maka dari itu perlu perawatan dan pengujian pada busi motor secara periodik. Lantas apa ciri ciri busi lemah pada motor? Beragam cara dalam melakukan pemeliharaan motor sudah pasti jadi poin utama yang telah selayaknya dimengerti sekalian diaplikasikan oleh beberapa pemiliknya. Hal itu sebagai salah satu usaha dalam menahan berlangsungnya permasalahan berbentuk kerusakan pada motor. Kerusakan kronis juga dapat diminimalkan. Salah satu faktor penting dalam menjaga performa motor adalah dengan mengenal ciri kerusakan pada tiap elemen. Seperti tanda busi motor telah lemah. Di mana, seringkali yang terjadi gejala busi lemah pada motor. Apabila didiamkan saja karena itu busi tidak akan sanggup bekerja seperti mestinya. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri busi lemah pada motor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri busi lemah pada motor

Ciri Ciri Busi Lemah Pada Motor

Ada banyak gejala yang kemungkinan tidak Anda ketahui berkaitan dengan ciri ciri busi lemah pada motor. Berikut penjabaran selengkapnya.

1. Motor Susah Dihidupkan

Bila motor kerap kali mengalami kesusahan saat dihidupkan, hal ini adalah salah satu ciri ciri busi lemah pada motor. Hal ini karena busi rusak tidak sanggup menghasilkan percikan api yang cukup di ruangan bakar. Akibatnya motor jadi susah untuk dihidupkan, baik dengan kick starter atau electric starter. Bila kekuatan busi telah menurun karena itu proses pembakaran juga akan kurang optimal. Hingga mengakibatkan mesin motor juga susah untuk dihidupkan. Tidak itu saja, gejala mesin motor yang susah dihidupkan juga jadi tanda jika bisa saja ada permasalahan di tempat busi. Nach, jika Anda mulai mengalami permasalahan kesusahan dalam hidupkan mesin pada motor, karena itu Anda perlu untuk memeriksa keadaan busi motor.

2. Tarikan Kurang Responsive

Ciri ciri busi lemah pada motor yang dapat dialami selanjutnya adalah tarikan mesin kendaraan motor jadi kurang responsive. Hal ini karena ada peralihan sela busi di antara elektroda dan ground.

Baca Juga  Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan: 8 Faktor & Ulasan
Dampak semacam ini biasanya terjadi pada beberapa motor yang telah berumur lanjut. Peluang tidak cuma busi saja tetapi beberapa elemen yang lain yang sama-sama berkaitan dengan busi motor. Karena itu, bila berasa jika akselerasi atau tarikan pada motor mulai kurang responsive, selekasnya melakukan pengecekan untuk memastikan bagaimana keadaan terbaru dari tempat busi motor. Karena, bisa jadi tarikan motor bukan terus-terusan busi lemah tetapi busi normal yang kotor juga menjadi faktor penyebab permasalahan ini.

3. Misfire

Busi rusak atau lemah juga berpengaruh terhadap performa kendaraan motor menjadi turun. Hal ini umumnya akibat terjadinya misfire di dalam ruangan bakar. Hal ini dapat di`alami saat mesin motor berhenti sebentar dan kembali bekerja dengan normal. Umumnya, hal ini kerap diacuhkan oleh beberapa pemakai motor, tetapi ini sebagai salah satu ciri ciri jika busi pada motor lemah. Maka harus selekasnya ditukar sebab bisa mengakibatkan motor mati kapan pun dan mencelakakan saat sedang berkendara.

4. Mesin Pincang

Bila motor mempunyai lebih satu silinder, busi rusak pasti akan mengurangi performa motor. Biasanya, motor akan mengalami pincang mesin karena salah satu silindernya jadi tidak berfungsi. Bila ini terjadi, umumnya suara mesin jadi terdengar tidak lembut. Oleh karena itu mesin pincang dapat menjadi salah satu ciri ciri busi lemah pada motor.

5. Boros BBM

Pembakaran yang kurang prima karena keadaan misfire yang dibuat karena busi rusak dapat membuat pengendapan kotoran pada ujung insulator busi atau elektroda. Oleh karenanya, automatis penggunaan bahan bakar jadi makin boros. Ini karena percikan api yang dibuat benar-benar kecil, hingga tidak dapat membakar campuran bahan bakar dan udara secara prima.

6. Mesin Motor Brebet

Di lain sisi, faktor yang lain jadi ciri ciri busi lemah pada motor bisa juga diikuti dengan gejala mesin yang mendadak brebet. Ciri semacam ini sudah pasti terjadi kemungkinan karena missed fire atau kekurangan percikan api di di dalam ruangan bakar alias silinder.

Baca Juga  Cara Mematikan Alarm Mobil : 5 Cara Dan Ulasannya
Di mana, faktor pemicunya tidak lain dari performa busi yang mulai turun kualitas performanya. Selain itu ujung busi tertutup oleh kerak akibat karena serapan oli yang terbakar hingga membuat proses pembakarannya jadi berkurang. Disamping itu, keadaan mesin brebet ini sering terjadi saat motor sedang dikemudikan di jalanan. Ibaratnya seperti motor yang hendak kekurangan bensin.

7. Suara Mesin Motor Kasar

Tidak sampai di sana saja, ciri ciri busi lemah pada motor juga bisa diikuti dengan suara mesin kotor yang mulai kasar. Gejala semacam ini tentu saja lebih kurang akan menggangu proses berkendara. Yang mana, suara mesin motor kasar mengisyaratkan proses pembakaran di ruangan bakar memiliki masalah. Oleh karena itu busi yang perlu dilakukan penggantian. Oleh karenanya, jikamana Anda berasa ada suara kasar dari mesin motor, seharusnya perlu dilaksanakan pengujian lebih dalam pada tempat busi dan sistem pembakaran.

8. Ujung Busi Gosong

Disamping itu, untuk pastikan gejala busi lemah pada motor bisa juga dilihat dari keadaan ujung busi yang mulai terlihat seperti gosong dan tidak dapat dibersihkan. Ujung kepala busi semacam ini mengisyaratkan jika keadaannya mulai tidak normal karena pembakaran yang terjadi tidak prima. Umumnya, keadaan ujung busi yang gosong semacam ini tidak terlepas dari tanda-tanda ada kebocoran oli yang masuk atau merembes ke tempat busi motor. Dengan demikian, dibutuhkan proses pengujian lebih detil untuk memberikan keyakinan jika busi telah betul-betul gosong dan tidak pantas untuk dipakai. Hingga, dianjurkan untuk selekasnya dilakukan pergantian busi yang lebih baru.

9. Ada Surging

Ciri ciri busi lemah pada motor yang terakhir adalah adanya surging. Surging adalah suplai udara dalam ruang bakar terlampau besar. Udara yang kebanyakan akan mengakibatkan busi cepat kotor. Hal ini karena proses pembakaran yang tidak baik di ruangan bakar. Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri busi lemah pada motor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.