Ukuran Celah Klep Vega ZR: Ukuran Dan Penyetelan

Ukuran Celah Klep Yamaha Vega ZR – Klep atau katup merupakan bagian yang perlu dilakukan perawatan berkala diantaranya yaitu penyetelan kerenggangan. Hal ini termasuk pada motor yamaha vega seri apapun termasuk ZR. Lalu berapa ukuran celah klep yamaha vega ZR?

Elemen klep motor terbagi dalam klep masuk dan buang dengan ukuran masing – masing. Tetapi, umumnya ukuran diameter klep in (masuk) lebih besar, bila dibanding dengan klep ex (buang).

Selain itu celah katup dari in maupun ex juga berbeda. Oleh karena itu dalam proses penyetelannya perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya terkait ukuran celah klep yamaha vega zr dan cara menyetelnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ukuran celah klep vega zr

Ukuran Celah Klep Vega ZR

Sama seperti yang sudah kita kenali jika celah kerenggangan pada setiap katup atau klep tidak sama pada tipe sepeda motor. Bila kerenggangan klep pada motor tidak sesuai referensi pabrikasi maka mengakibatkan tenaga pada motor itu kurang optimal.

Untuk melakukan seting atau penyetelan kerenggangan pada katup di butuhkan ketrampilan dan pengetahuan untuk membenahi dan mengetopkan mesin. Pasalnya pada posisi TMA atau Titik Mati Atas itu ke-2 katup tutup dan platuk klep tidak menekan tangkai klep.

Nach, untuk mengatur kerenggangan pada celah katup di perlukan alat filler Gauge. filler Gauge adalah alat berbentuk pelat dengan beragam ukuran ketebalan. Bila yang telah terlatih bias memakai filing atau yang disebut dengan prediksi.

Lalu berapa ukuran klep yamaha vega zr? Untuk klep buang yakinkan ukuran lebih lebar 0,01 dari klep masuk. Anjuran saya tidak boleh lebih dari 0,1 untuk memperoleh suara yang tidak bising dan tarikan yang baik. Dan tarikan atas yang tidak telat, karena klep buang yang terlampau renggang bisa membuat tarikan atas lemah. Jika terlampau lebar klep buangnya malah akan membuat tarikan atas lemah tetapi akselerasi cepat.

Baca Juga  Ukuran Roller Motor Matic: Yamaha, Honda, Suzuki Lengkap

Yang terbaik ukuran celah klep yamaha vega zr adalah 0,07-0,08 untuk klep masuk dan 0,08-0,09 untuk klep keluar.

Salah satunya peranan dari adanya ukuran celah klep pada motor yamaha vega zr ini bisa membatasi ruang pemuaian elemen. Bila jarak celah klep tidak sesuai dengan referensi akan memunculkan beberapa efek. Maka dari itu, dibutuhkan penyetelan klep pada motor Yamaha Vega ZR.

Celah klep ex (klep buang) mempunyai tujuan untuk menahan berlangsungnya pemuaian berlebihan di klep in, karena temperatur pada klep ex semakin tinggi.

Ukuran Klep Vega

Sementara itu ukuran dari klep pada motor yamaha vega zr juga berbeda dengan motor lain. Berikut ini sebagai ukuran klep Vega.

  1. Vega klep masuk sebesar 21 dan klep buang sebesar 19
  2. Yamaha Vega R klep masuk sebesar 21 dan klep buang sebesar 19
  3. Vega ZR klep masuk sebesar 23 dan klep buang sebesar 20

Walau mempunyai ukuran klep yang lain, Yamaha Vega berdiameter tangkai yang serupa yaitu 4,5 mm. Adanya klep pada motor berperan sebagai pengontrol perputaran kombinasi zat dan pengunci zat yang ada didalam ruangan pembakaran.

Cara Menyetel Celah Klep Vega ZR

Setelah mengetahui ukuran celah klep vega zr maka perlu diketahui pula cara menyetelnya. Cara menyetel celah klep pada motor yamaha vega zr yaitu:

  1. Langkah awal, dengan sebuah coin, bukalah 2 buah baud plastik yang ada disamping kiri Gear Box (GB) Vega
  2. Putar baud bersimpangan dgn arah jarum jam, rasakan torsinya saat diputar menggunakan kunci ring 17.
  3. Pertanda adalah ada rasa berat, sesudah perputaran.
  4. Putarlah secara perlahan-lahan, dan yakinkan pertanda pada lubang kecil yang barusan dibuka, dan tepat-kan pd tempatnya.
  5. Tetapi bila terlewatkan, atau salah, putarlah kembali bersimpangan dg arah jarum jam,
  6. Seterusnya, tidak boleh diubah-ubah kembali, diamkan pada status semacam itu. Tidak boleh memutar ban belakang motor.
  7. Selanjutnya, bukalah tutup klep dg kuncì ring/shock 24, lalu persiapkan Filler Gauge (FG), kunci ring 8 dan penahan baud klep.
  8. Mengendorkan dulu baud klep dg kunci ring 8, kemudian, masukan FG ukuran 0,07 dan coba tarik-dorong, janganlah sampai terlampau geret. Kita telah memperoleh ukuran celah klep sebesar, 0,07.
  9. Mengendorkan sedikit setel barusan, lalu masukan FG ukuran 0,10. Jika tidak dapat masuk, karena itu hasilnya telah didapat 0,08 atau 0,09 dengan prediksi atau perasaan.
  10. Bila dengan FG ukuran 0,05 sedikit kendur, tetapi jika FG 0,10 tidak bisa masuk, karena itu hasil ukuran FG diprediksi sebesar 0.07 s/d 0,09.
  11. Kemudian, mengencangkan kembali dengn meredam baud klep, sekalian memutar kencangkan mur 8 sampai terkunci.
  12. Apabila sudah, coba periksa kembali dengan FG.
  13. Jaga hasil ukuran barusan.
  14. Tetapi bila setelan berubah, karena itu harus disetel ulang.
  15. Untuk klep buang/keluar, yakinkan ukuran lebih dari 0,01 dari klep hirup/masuk.
Baca Juga  Cara Mematikan Alarm Motor Vario 150: 3 Prosedur

Tidak boleh lebih dari 0,01 untuk memperoleh tarikan yang enteng dan suara yang lembut. Karena, klep buang yang terlampau renggang, bisa menyebabkan tarikan motor menurun, lamban ketika memberi respon.

Diatas adalah ulasan terkait ukuran celah klep yamaha vega zr dan cara menyetelnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.