AC Mobil Tidak Keluar Angin : 4 Penyebab Dan Ulasannya

ac mobil tidak keluar angin

AC Mobil Tidak Keluar Angin – Ada banyak persoalan pada mekanisme ac mobil satu diantaranya yakni ac mobil tidak keluar angin atau angin ac yang keluar kecil dari dashboard ac mobil. Lantas apa penyebab AC mobil tidak keluar angin?

Dari beragam pengalaman ada dua tipe AC mobil tidak ada angin yakni

  1. Dari awalannya ac hidup telah tidak keluar angin
  2. Awalannya ac hidup ada keluar angin tetapi lama-lama angin tidak keluar

Ke-2 hal di atas pasti mempunyai beberapa penyebab yang lain. Untuk memperjelasnya berkaitan AC mobil tidak keluar angin baik dari penyebab atau cara menanganinya akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

ac mobil tidak keluar angin

AC Mobil Tidak Keluar Angin

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ac mobil tidak keluar angin, berikut ulasannya:

1. Sekering Putus

Sebagai sebuah serangkaian kelistrikan karena itu mekanisme AC mempunyai sebuah pengaman yakni Fuse. Fuse ini dapat menjadi satu diantara penyebab angin tidak keluar atau terhembus dari blower. Cek sekring yang ada di rumah fuse. Untuk mengetahui peran sekring biasanya terdapat diagram sekring di tutup kotak sekring. Oleh karena itu tidak perlu meraba sekring yang mana putus. Untuk menemukannya cukup mencari sekering blower AC.

2. Sirkuit Terbuka Pada Blower

Disamping itu penyebab AC mobil tidak ada angin kebanyakan terjadi akibat adanya sirkuit terbuka yang mengarah ke blower AC. Untuk melakukan perbaikan yakni dengan menyaksikan arus yang masuk dan mengucur lewat masing masing blower kecepatan. Jika tidak ada arus karena itu check jalinan kabel memakai multimeter. Jika tidak ada jalinan karena itu perlu dilaksanakan pergantian kabel.

Baca Juga  Ukuran Roller NMax: Standar Dan Rekomendasi

3. Resistor Blower Hancur

Selain itu penyebab ac mobil tidak keluar angin terutama terjadi pada saat blower diputar pada status 1,2 dan 3. Penyebab utamanya yaitu adanya kerusakan pada resistor blower atau pada resistor blower ada segi yang putus.

Apabila ingin mencari resistor blower maka letaknya ada di rumah blower di bawah dashboard samping kiri tepatnya di belakang laci. Pada komponen ini dikencangkan menggunakan 2 buah sekrup. Selain itu pada resistor blower memiliki 4 buah kabel.

Jika Resistor blower dibuka akan terlihat sensor temperatur dan ukur menggunakan ohm mtr. atau avo mtr. Pada persoalan ini ada karena sensor temperatur pada resistor blower itu putus yang dapat dicek menggunakan multi di kedua ujungnya. Sampai menyebabkan arus listrik stop tidak mengalir ke sakelar blower pada panel ac.

Untuk memperbaiki hal tersebut supaya kecepatan ac 123 pada panel ac keluar angin dari dashboard dengan mengganti sensor itu atau jika ragu, coba jumper langsung sensor suhu itu pada kaki A dan B (tonton gambar di atas) menggunakan kabel dengan disolder, seterusnya pasang kembali resistor blower itu ditempatnya, seterusnya cek apa blower ac putaran 1, 2 dan 3 keluar angin

4. Evaporator Kotor

Yang paling akhir penyebab ac mobil tidak keluar angin yang sering ditemui karena evaporator yang kotor. Akibatnya aliran udara tidak bisa mengalir dengan lancar melalui kisi kisi evaporator. Apalagi evaporator yang menggunakan airflow mtr akan mempengaruhi cut off dari kompressor ac. Ini muncul karena sensor temperatur di evap tidak akan diwujudkan suhu cut off.

Baca Juga  Ciri-Ciri Aki Mobil Soak: 8 Gejala, Penyebab, & Perbaikan

Bila ini teradi kompressor ac akan terus bekerja,semakin lama terbentuk gumpalan- gumpalan es di evaporator yang punya pengaruh menghadang hembusan udara dari blower.Sampai angin tidak keluar dari grill ac didashboard,tetapi bila didengarkan ada suara angin dalam dashboard yang terendap.

Untuk masalah seperti ini bisa dilaksanakan tindakan sementara,yaitu setel suhu pengaturan pada status minimal artinya sama dengan mematikan kompressor ac terus tujukan kecepatan angin pada status optimal supaya gumpalan es di evaporator mencair.Begitu es sudah mencair angin pelan-pelan akan keluar lewat grill ac.

Untuk meredam hal di atas terjadi saat nyalakan ac usahakan setel temperatur lebih kurang 3/4 dari setel suhu aksimum (tonton gambar di bawah pada bagian temp) atau ambil status optimal di mana kompressor ac tertarik untuk on dan off secara otomatis.

Sudah tentu bila evaporator ac sudah kotor jalannya adalah dilaksanakan pembersihan,bila untuk ac mobil yang belum di lengkapi dengan saringan evap lebih baik kembali bila dibikin atau di pasang saringan evap atau filter kabin.

Di atas ialah pembahasan berkaitan AC mobil tidak keluar angin dimulai dari penyebab dan cara menanganinya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -