jika kumparan voltage regulator putus yang terjadi adalah

Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah?

Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah – Dalam regulator mode lama atau mekanisme pengisian konvensional ada dua kumparan satu diantaranya adalah voltage regulator. Jika kumparan ini putus akan mengakibatkan beragam persoalan pada mekanisme pengisian. Lantas apa yang terjadi jika voltage regulator putus adalah?

Mekanisme pengisian pada kendaraan mempunyai peranan khusus untuk isi kembali arus listrik dalam battery. Disamping itu mekanisme pengisian berperan untuk menyuplai energi listrik ke mekanisme-sistem kelistrikan yang ada di kendaraan sepanjang mesin hidup.

Oleh karenanya mekanisme pengisian penting perannya pada kendaraan. Saat terjadi kerusakan pada salah satunya elemen sebagai contoh voltage regulator putus karena itu perlu dilaksanakan proses pembaruan. Untuk memperjelasnya jika kumparan voltage regulator putus yang terjadi adalah akan dibahas pada artikel di bawah ini.

jika kumparan voltage regulator putus yang terjadi adalah

Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah?

Voltage regulator berperan untuk atur mekanisme kerja magnetik pada bagian rotor coil. Triknya adalah dengan atur arus yang masuk ke rotor coil. Dengan demikian karena itu tegangan output alternator dapat terus stabil. Ketahanan kumparan dari rotor ini dapat capai sekitaran 100 Ohm.

Tiap dari kumparan, baik voltage relay atau voltage regulator, sudah diperlengkapi dengan titik contact. Peranan dari titik contact ini adalah salurkan arus ke arah sisi kumparan rotor. Pada bagian regulator ada resistor untuk menyambungkan terminal IG dan terminal F. Tentu saja untuk kembali lagi ke sisi regulator juga.

Baca Juga  Soket CDI Jupiter Z (Old, New, MX) : 24 Kabel Dan Ulasan

Jika regulator rusak jika resistor dan contact poin yang ada di serangkaian votage regulator ini putus karena itu saluran listrik dari terminal IG akan terhalang atau bahkan juga tidak bisa di alirkan ke elemen rotor coil hingga kemagnetan pada alternator tidak bisa di bangunkan oleh rotor coil.

Oleh karenanya jika kumparan voltage regulator putus yang terjadi adalah tidak terjadi proses pengisian. Ini karena tidak ada elektromagnet yang muncul di kumparan rotor coil alternator.

Cara Memperbaiki Voltage Regulator Putus

Cara memperbaiki apabila voltage regulator putus yaitu dengan melilit ulang kumparan. Proses pelilitan dapat dilakukan di bengkel khusus perbaikan dinamo dan lain sebagainya. Namun hasilnya tentu akan kurang maksimal. Hal ini dapat dilakukan dalam keadaan terpepet.

Cara terbaik untuk memperbaiki voltage regulator putus yaitu dengan membeli komponen ini. Di online shop dan bengkel banyak sekali yang menjual dengan rentang harga ratusan ribu rupiah.

Hal ini sama apabila terjadi kerusakan pada resistor voltage regulator. Tidak adanya sparepart resistor yang dijual dipasaran. Hal ini berbeda jika mendapat lepasan bekas mobil lain.

Diatas adalah ulasan terkait dampak kumparab voltage regulator putus yang terjadi adalah dan cara memperbaikinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion