Lampu Indikator Aki Mobil Menyala Saat Mesin Mati: Penyebab & Perbaikan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Aki Mobil Menyala Saat Mesin Mati – Indikator aki pada bagian speedometer sebagai tanda mekanisme pengisian kelistrikan pada mobil. Oleh karena itu apabila lampu indikator aki mobil menyala saat mesin mati harus segera diatasi.

Saat mesin mulai berputar, umumnya lampu akan mati. Hal itu sebagai tanda jika mekanisme pengisian bisa hasilkan listrik kembali untuk mengecas aki. Tetapi bagaimana bila menyala terus?

Oleh karena itu perlu dicari tahu terkait penyebab dan bagaimana cara mengatasi. Untuk lebih jelasnya terkait lampu indikator aki mobil menyala saat mesin mati baik penyebab dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

lampu indikator aki mobil menyala saat mesin mati

Lampu Indikator Aki Mobil Menyala Saat Mesin Mati

Umumnya, indikator aki akan menyala bila contact pada status ON dan mati saat mesin mobil mulai hidup. Maka saat mesin mati, tetapi lampu masih menyala telah ditegaskan ada masalah pada mekanisme pengisian. Berikut beberapa penyebab indikator aki mobil menyala saat mesin mati yaitu:

1. Terjadi Kerusakan Pada Alternator Dan Elemen Di dalamnya

Penyebab lampu indikator aki mobil menyala saat mesin mati pertama yaitu kerusakan pada alternator mobil. Peranan alternator sendiri yaitu memasok arus listrik ke arah aki dan elemen listrik saat mesin dihidupkan.

Minimal ada dua elemen pada alternator yang hancur dan menyebabkan lampu terus menyala yaitu IC regulator dan carbon brush habis atau aus. Tetapi tidak bisa saja sisi yang lain alami kerusakan.

2. Putusnya Sekring Mekanisme Pengisian

Penyebab seterusnya yaitu sekring mekanisme pengisian putus. Saat sisi itu putus, karena itu saluran listrik dari aki ke alternator atau kebalikannya akan stop. Tidak ada arus listrik dari alternator ke aki berikut yang disebut penyebab indikator aki terus menyala.

Baca Juga  Cara Menyetel Komstir Motor: 13 Prosedur Dan Ulasan

3. Ikatan Atau Connector Pengisian Putus

Penyebab lain lampu indikator aki mobil menyala saat mesin mati yaitu konektor rusak. Ikatan pengisian yang putus atau terlepas jadi penyebab kenapa lampu indikator aki terus menyala. Pada bagian belakang alternator sendiri ada socket mekanisme pengisian. Elemen itu bisa jadi terlepas karena guncangan mobil dan getaran yang terlampau keras, selanjutnya klipnya lepas. Socket yang terlepas berikut yang membuat lampu indikator tidak berperan seperti mestinya.

Cara Mengatasi Lampu Indikator Aki Mobil Yang Menyala

Pemilik mobil tentu kuatir saat indikator aki mobil yang tetap menyala atau tidak dapat dimatikan saat mesin mati. Walau sebenarnya sisi ini bermanfaat untuk mempermudah sopir ketahui kerusakan yang kemungkinan terjadi. Berikut cara mengatasi indikator aki mobil yang menyala saat mesin mati yaitu:

1. Check Sisi Mesinnya

Cara pertama mengatasi lampu indikator aki mobil yang menyala saat mesin mati yaitu check sisi mesin keseluruhannya. Khususnya alternator, sekring atau connector pengisian. Bila ke-3 nya tidak alami masalah, coba untuk memeriksa sisi lain seperti mekanisme pendingin AC, busi, kabel busi atau yang lain.

Bila kerusakan yang terjadi tidak begitu berat, pemakai kemungkinan dapat melakukan perbaikan sendiri. Untuk proses pembaruan, diperlukan perlengkapan seperti alat pembongkar. Pemakai bisa juga langsung membawa ke bengkel bila tidak ingin repot memperbaiki sendiri.

2. Melepas Kepala Aki

Bila tidak ada waktu ke bengkel, pemakai dapat mempraktikkan cara ke-2 ini. Terlepas kepala aki mesin bertanda minus (-). Janganlah sampai salah ya. Selanjutnya, kendorkan baut dan angkat secara perlahan-lahan kepala aki itu.

Baca Juga  Penyebab Asap Knalpot Pedih di Mata: 8 Faktor & Ulasan

Selanjutnya biarkan beberapa saat. Seterusnya, pasang lagi kepala aki pada tempat aslinya. Yakinkan elemen dipasang dengan prima dan tidak kendor. Untuk hasil yang optimal, pemakai bisa menggunakan alat pengetat baut. Nach, saat ini coba untuk hidupkan mesin mobil dan saksikan apa lampu indikator masih menyala atau mungkin tidak.

3. Lakukan Scan Pada Mobil Secara Keseluruhnya

Jika menyala bila, pemakai dapat mencoba lakukan scan mobil secara detail. Proses ini cuma dapat dilaksanakan di bengkel. Scan sendiri berguna untuk ketahui kerusakan apa yang sebetulnya terjadi. Bila kerusakan dirasakan cukup kronis, pemakai perlu menukar selekasnya elemen itu supaya lampu aki mobil normal kembali.

Akibat Bila Lampu Indikator Aki Mobil Menyala

Salah satu dampak aki bermasalah adalah lampu jadi redup. Walau dapat diperbarui atau ditukar beberapa komponen penyebab indikator aki mobil menyala, tetapi ada banyak pemilik mobil yang memedulikan dan pada akhirnya dapat menghancurkan elemen yang lain.

Beberapa elemen yang dapat bermasalah akibat hal itu adalah:

  1. Lampu khusus mobil jadi redup
  2. Mekanisme audio jadi terusik
  3. Lampu speedometer jadi redup
  4. Lampu sein menyala tidak maksimal
  5. Mobil tidak dapat distarter
  6. Power window tidak berperan
  7. Sirene mobil tidak berperan
  8. Klakson tidak mengeluarkan bunyi

Diatas adalah ulasan terkait lampu indikator aki mobil menyala saat mesin mati baik penyebab dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -