Cara Pasang Stabilizer Mobil Avanza: 6 Prosedur & Manfaat

Cara Pasang Stabilizer Mobil Avanza Dan Fungsinya – Link stabilizer bar merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan, sehingga terkadang bagian ini dipasang sebagai tambahan. Cara pasang stabilizer mobil terutama pada avanza sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri dirumah.

Pemasangan stabilizer bar sering dilaksanakan modifikator untuk menambah atau meningkatkan perform handling agar mobil lebih memperoleh rigiditas (kekakuan). Proses ini yaitu dengan mengubungkan bagian-bagian titik sasis mobil yang mempunyai fungsi berbeda tiap pemasangan.

Proses penempatannya juga bisa Anda kerjakan sendiri di rumah tak perlu minta kontribusi montir bengkel. Untuk lebih jelasnya terkait cara pasang stabilizer mobil avanza dan fungsinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara pasang stabilizer mobil avanza

Keutamaan Pemasangan Stabilizer Mobil

Sebelum mengetahui cara pasang stabilizer mobil avanza maka perlu diketahui terlebih dahulu keutamaan atau manfaatnya. Selainnya bermanfaat untuk memantapkan sumbu roda kendaraan saat dipicu di kecepatan tinggi. Stabilizer mobil pada Toyota Avanza ini mempunyai faedah yang lain.

Tetapi banyak pemilik mobil ada banyak yang berasa jika handling atau pengaturan mobil bawaan pabrikasi masih buruk. Selainnya tingkatkan perform handling, stabilizer bar untuk mobil harian di perkotaan berperanan dalam meminimalkan resiko berlangsungnya kecelakaan.

Walau mobil digunakan harian tetapi ada-ada saja peristiwa seperti menghindari dari tubrukan atau kehilangan kendalian saat manuver tiba-tiba. Karena itu, inilah beberapa faedah memakai stabilizer mobil Avanza saat Anda pakai berkendaraan. Fungsi atau manfaat dari pemasangan stabilizer mobil adalah:

1. Kurangi Tingkat Kemiringan Mobil Saat Melalui Tikungan Tajam

Pemasangan stabilizer pada mobil, terhitung Toyota Avanza ini bermanfaat untuk kurangi tingkat kemiringan mobil saat melalui tikungan tajam. Salah satunya pemicu kecelakaan adalah kesetidakimbangan mobil saat melalui tikungan tajam. Hingga, dengan terpasangnya stabilizer ini pasti bisa kurangi risiko kecelakaan.

Baca Juga  Perbedaan Sensor Dan Aktuator : 4 Perbedaan Dan Ulasan

2. Tingkatkan Daya Cakram Pengereman Ban Mobil

Supaya mobil tidak alami selip saat melalui tikungan tajam, karena itu Anda bisa memasang stabilizer mobil. Stabilizer ini bermanfaat untuk mengingkatkan daya cakram pengereman di bagian ban. Hingga meminimalkan risiko selip atau rem blong saat melalui tikungan tajam.

Maka stabilizer mobil ini diperuntukkan sebagai mekanisme penyelamatan tambahan untuk Anda yang berkendaraan beberapa mobil kelas city car.

Cara Pasang Stabilizer Mobil Avanza

Sudah disampaikan bahwa cara pasang stabilizer terutama pada mobil avanza sebenarnya sangat sederhana. Walaupun begitu terdapat beberapa prosedur yang harus dilakukan agar fungsi atau manfaatnya dapat maksimal. Berikut beberapa prosedur untuk cara pasang stabilizer pada mobil avanza yaitu:

1. Mempersiapkan Peralatan Pemasangan Stabilizer

Cara pasang stabilizer pada mobil avanza yang pertama yaitu persiapan. Persiapkan lebih dulu semua keperluan untuk pemasangan stabilizer mobil Avanza punya Anda. Peralatan itu seperti kunci pass atau ring, kunci inggris, sampai kunci shock dengan opsi nomor kecil sampai besar.

2. Stabilizer Toyota Avanza

Sesudah semua peralatan sudah Anda persiapkan, karena itu silakan beli stabilizer Toyota Avanza di bengkel sah atau paling dipercaya.

3. Menyamakan Lubang Stabilizer Dengan Lubang Arm Ban Mobil

Cara pemasangan stabilizer pada mobil avanza yang selanjutnya yaitu memastikan lubang stabilizer dengan arm sama. Pertama, Anda harus cari lebih dulu lubang arm ban mobil untuk dicocokkan dengan lubang stabilizer.

Baca Juga  Temperatur Normal Mobil Avanza: Standar Dan Ulasannya

4. Pemasangan Awal Stabilizer Mobil

Sesudah lubang arm dan stabilizer pas, karena itu langkah seterusnya adalah dengan pemasangan awal stabilizer. Dianjurkan untuk memasang sisi kanan lebih dulu untuk mempermudah instalasi pemasangan antara lubang stabilizer dengan lubang arm ban Avanza.

5. Pemasangan Baut Sisi Depan

Jika lubang stabilizer dan lubang arm ban mobil sudah sesuai, karena itu Anda bisa memasang baut untuk kencangkan di antara stabilizer dengan arm ban mobil Avanza.

Anda bisa memakai kunci cocok atau kunci shock untuk proses pemasangan baut. Berikut proses yang dirasakan cukup sulit. Karena, pemasangan baut sisi depan ini harus melalui sisi belakang lubang arm lebih dulu

6. Pemasangan Baut Sisi Belakang

Sesudah pemasangan baut sisi depan, karena itu cara paling akhir untuk pemasangan stabilizer pada mobil avanza adalah pemasangan baut sisi belakang. Pemasangan baut sisi belakang ini lebih gampang. Karena, ukuran baut stabilizer sisi depan ini semakin besar daripada baut sisi depan.

Jika baut belakang sukses dipasang, karena itu periksa lagi stabilizer yang sudah dipasang. Janganlah sampai ada kekeliruan pada proses pemasangan stabilizer mobil Avanza.

Diatas adalah ulasan terkait cara pasang stabilizer mobil avanza dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -