soket cdi megapro

Soket CDI Megapro : 4 Kabel Dan Fungsinya

Soket CDI Megapro – Unit CDI adalah salah satu komponen pada sistem pengapian elektronik tipe CDI. Didalamnya terdapat beberapa terminal atau soket yang memiliki fungsi berbeda. Dengan kata lain setiap soket CDI termasuk pada honda megapro dihubungkan dengan kabel yang berasal dari komponen berbeda.

Dalam kerjanya, CDI digunakan untuk mengatur proses terjadinya pecikan bunga api pada busi. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan mesin sehingga tenaga yang dihasilkan dapat maksimal. Dalam proses pembakaran apabila percikan bunga api semakin kuat maka ledakan pada langkah pembakaran juga semakin besar. Komponen ini akan memutuskan arus listrik yang mengalir dari kumparan primer koil sehingga timbul induksi elektromagnet.

Pada unit CDI termasuk pada honda megapro terdapat beberapa kabel dan terminal yang memiliki fungsi lain. Setiap terminal CDI megapro biasanya di identifikasi dengan warna kabel sehingga teknisi tidak kebingungan ketika proses perbaikan.

Apabila timbul kerusakan pada terminal CDI megapro tentunya perlu dilakukan identifikasi terkait fungsi dari setiap warna kabel yang digunakan. Dengan kata lain jangan asal menyambungkan soket CDI dengan kabel. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya konsleting listrik. Untuk lebih jelasnya terkait soket CDI megapro akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

soket cdi megapro

Soket CDI Megapro

Pada soket cdi megapro terdapat enam buah terminal yang memiliki empat kabel. Pada dua soket tidak digunakan atau kosong. Sementara soket cdi yang memiliki kabel dihubungkan ke komponen lain pada sistem pengapian. Untuk posisi terminal dan warna kabel yang digunakan pada terminal cdi megapro sebagai berikut:

Baca Juga  Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup : 9 Penyebab

1. Kabel Warna Hijau

Salah satu warna kabel yang digunakan unit cdi megapro adalah kabel warna hijau. Kabel ini memiliki fungsi sebagai massa body atau terhubung dengan negatif atau ground baterai.

2. Kabel Warna Biru Kuning

Selain itu pada terminal CDI megapro juga terdapat kabel dengan warna biru kuning. Terminal ini digunakan untuk menghubungkan unit cdi dengan kabel yang berasal pullser dari spull.

3. Kabel Warna Hitam Kuning

Kabel warna hitam kuning juga dapat ditemukan pada unit CDI megapro. Soket ini memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik ke unit CDI sesuai dengan kebutuhan mesin.

4. Kosong

5. Kabel Warna Hitam Putih

Yang terakhir terdapat kabel dengan warna hitam putih. Kabel ini berfungsi sebagai penyalur atau penghubung unit CDI dengan arus input sebesar 12 volt yang berasal dari positif baterai.

6. Kosong

Diatas adalah ulasan terkait soket cdi megapro yang banyak digunakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion