Ciri Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah : 3 Gejala Dan Penyebab

Ciri Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah – Kabel busi merupakan salah satu bagian penting pada sistem pengapian. Apabila kabel busi bermasalah bisa memunculkan berbagai pertanda atau gejala kerusakan pada mesin. Lalu apa saja ciri ciri kabel busi bermasalah?

Kabel busi memang diperkirakan supaya menahan arus listrik bertegangan tinggi yang berpotensi merusak komponen mesin mobil. Tapi, karena beberapa faktor, bisa saja kabel alami kebocoran.

Salah satunya adalah karena kegiatan berkendaraan yang buruk. Walaupun sebetulnya, ada beberapa imbas buruk yang bisa terjadi karena kabel busi bocor. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri kabel busi pada mobil bermasalah akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri kabel busi bermasalah

Ciri Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah

Akan ada banyak risiko yang bisa di rasakan akibat pemakaian kabel busi yang tidak sesuai SNI. Permasalahan pada kabel busi mobil baik gejala maupun penyebab yang sering terjadi. Berikut sejumlah ciri atau gejala yang biasanya terjadi karena kabel busi mobil bermasalah.

1. Timbulnya Percikan Api Pada Mesin Mobil

Ciri ciri pertama kabel busi mobil bermasalah adalah timbulnya percikan api pada bagian mesin. Hal ini salah satu penyebab pemakaian kabel busi mobil yang tidak berkualitas. Timbulnya percikan api ini disebabkan oleh kebocoran kabel busi.

Bocornya saluran listrik dari koil busi ke mesin mobil ini disebabkan karena ada sobekan atau putusnya kabel serabut. Untuk menahan hal itu, selekasnya mengganti kabel busi mobil buruk dengan kabel busi mobil berkualitas.

2. Tidak Dapat Menghidupkan Mobil

Kabel busi ini berperan sebagai penghantar listrik yang dibuat oleh koil busi ke mesin mobil. Jika kabel busi ini bermasalah, maka gejala lain yang dapat muncul adalah kesulitan untuk menghidupkan mobil. Hal ini karena tidak ada saluran listrik dari koil busi ke sisi mesin sebagai akibat dari penggunaan kabel busi mobil buruk.

Baca Juga  Efek Stut Kopling Aus: 5 Resiko Dan Ulasan

Maka mobil tidak dapat dihidupkan ini menjadi satu diantara akibat kabel busi buruk namun tetap saja Anda pakai dan tidak menukarnya dengan kabel busi yang berkualitas.

3. Masalah pada elemen lain

Kebocoran pada kabel busi rupanya bisa juga mengakibatkan masalah pada elemen lain. Ini dapat terjadi bila kabel busi menetes. Kabel busi yang tidak sanggup meredam beban listrik akan alami kenaikan temperatur mencolok.

Hasilnya, serat konduktor pada bagian dalam akan putus dan isolator pada bagian luar juga menetes. Lelehan kabel ini tentu saja bersuhu tinggi. Bila berkenaan elemen lain, khususnya yang peka pada panas, karena itu dapat memunculkan percikan api. Selain itu beberapa komponen lain yang menempel pada kabel busi dapat ikut meleleh atau terjadi kerusakan.

4. Kabel Busi Meleleh

Ciri ciri terakhir kabel busi mobil bermasalah adalah kabel busi meleleh. Kabel busi yang tidak berkualitas ini gampang melelh. Hal ini terjadi karena pembungkus serabut kabel ini dibuat berbahan yang tidak sesuai standar.

Akhirnya, kabel busi ini gampang meleleh saat mesin mobil pada kondisi panas. Jika Anda biarkan kabel busi meleleh maka akan mengakibatkan timbulnya percikan api pada bagian mesin sampai mengakibatkan mobil macet atau mungkin tidak ingin dihidupkan.

Penyebab Kabel Busi Mobil Bermasalah

Setelah mengetahui gejala atau tanda kabel busi mobil bermasalah, maka perlu diketahui pula penyebabnya. Penyebab kabel busi mobil bermasalah diantaranya yaitu:

Baca Juga  Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk : 4 Cara Dan Ulasan

1. Bahan Material Kabel Busi

Penyebab pertama kabel busi bermasalah ini tidak menggunakan bahan material berkualitas. Sesuai harga, kabel busi mobil buruk ini cuma memakai bahan material di bawah standar. Hingga tidaklah aneh bila usia pemakaiannya juga termasuk singkat. Paling lama periode pemakaiannya adalah sekitaran 1 sampai dua bulan saja.

Kabel busi mobil buruk ini gampang sobek dan tidak sanggup menghantarkan listrik dari koil busi mobil. Karena itu, Anda dianjurkan untuk memakai kabel busi mobil berkualitas. Walau dari sisi harga sedikit mahal. Tetapi, periode pemakaiannya juga semakin lama, yaitu sekitar di antara 6 sampai 12 bulan waktu penggunaan.

2. Ukuran Atau Diameter Kabel

Dan penyebab kabel busi mobil bermasalah seterusnya ini dapat dilihat dari ukuran atau diameter kabel itu. Kabel busi mobil buruk ini mempunyai ukuran dan diameter kabel yang lebih kecil dibanding dengan kabel busi mobil berkualitas.

Karena, kabel sama ukuran dan diameter semakin besar ini sanggup mengantarkan listrik dari koil busi ke mesin dengan jumlah besar. Dan, kabel busi mobil buruk ini tidak sanggup mengantarkan listrik dalam jumlah besar. Akhirnya, mobil sering alami permasalahan seperti berhenti karena kabel busi mobil buruk.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri kabel busi mobil bermsalah dan penyebabnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -