Gigi Mundur Bunyi Krek: 4 Penyebab & Ulasannya

Gigi Mundur Bunyi Krek – Terdapat berbagai faktor mengenai mengapa mobil di saat masuk gigi mundur bunyi krek. Lalu apa saja penyebab mobil saat gigi mundur bunyi krek?

Mobil sulit masuk gigi mundur kadang merepotkan untuk sebagian orang. Karena saat kita parkir memang nyaris selalu memerlukan gigi mundur . Maka bila Anda kesusahan untuk memasukkan gigi mundur tentunya akan membuat Anda kebingungan.

Kemungkinan Anda pun berpikir jika mobil Anda hancur karena kesusahan yang Anda rasakan ini, tetapi sebetulnya itu adalah permasalahan umum yang kadang dirasakan oleh semua mobil manual jadi Anda tak perlu cemas. Berikut pembahasan berkaitan gigi mundur bunyi krek akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini

gigi mundur bunyi krek

Gigi Mundur Bunyi Krek

Ada faktor-faktor yang bisa jadi penyebab gigi mundur bunyi krek pada kendaraan salah satunya yakni:

1. Oli Transmisi Kurang

Salah satunya penyebab gigi mundur bunyi dapat disebabkan karena minimnya oli pada transmisi. Pada mobil dengan transmisi matic, biasanya ada kebocoran yang menyebabkan oli menyusut.

Check ke sisi kolong mobil apa kelihatan tetes oli atau mungkin tidak. Bila kelihatan ada kebocoran, seharusnya harus dibawa langsung ke bengkel dan tidak boleh diundur-tunda.

Umumnya, salah satunya titik yang riskan terjadi kebocoran pada transmisi ini berada di sisi tengah. Seal transmisi biasanya alami getas karena umur penggunaan dan harus ditukar secara periodik.

Baca Juga  Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak : 6 Gejala

2. Kopel Memiliki masalah

Untuk mobil dengan transmisi manual atau automatis mempunyai elemen kopel. Dalam kopel itu terbagi dalam beberapa elemen pendukung, satu diantaranya karet.

Karet pada kopel dapat menjadi salah satunya penyebab yang dapat membuat mobil memunculkan bunyi saat mundur. Karet ini akan aus, rengat, dan sobek karena umur penggunaan.

Kotoran yang melekat di bagian kopel dan elemen simpatisannya dapat menjadi penyebab. Benar-benar dianjurkan untuk memeriksa keadaan sisi kolong mobil minimal enam bulan sekali untuk mengecek keadaan yang berada di bawah mobil.

3. Sisi Kopling

Kopling pada mobil dapat menjadi salah satunya factor yang membuat mobil bunyi saat mundur. Biasanya sisi kampas kopling, laher kopling dan elemen pendukung kopling yang lain telah aus.

Umumnya ciri-ciri sisi kopling yang mulai aus dapat dirasa saat sedang mengalihkan gigi. Bila saat mengalihkan gigi berasa sedikit keras dan kasar termasuk saat gigi mundur bunyi.

4. Tuas Transmisi Hancur

Penyebab bunyi saat mobil mundur paling akhir dapat datang dari sisi transmisi yang alami kerusakan. Baik transmisi manual atau automatis apabila sudah terjadi kerusakan pada bagian dalam tentu memunculkan bunyi.

Untuk transmisi matic, umumnya tanda-tandanya akan kedengar saat sopir mengalihkan tuas D ke R saat mobil baru dihidupkan. Dan untuk transmisi manual, umumnya saat dikemudikan akan kedengar cukup berdesing.

Baca Juga  Lampu Indikator Dashboard Mati: 3 Penyebab & Cara Mengatasi

5. Sisi Transmisi Alami Kerusakan

Oleh karenanya rasanya tidak ada alternatif lain terkecuali lakukan overhaul transmisi atau transmisi dibedah. Pertanda ada permasalahan dalam transmisi adalah oli transmisi nya banyak bersatu garam-garam metal atau serpihan-serpihan metal lembut.

Silahkan dicheck ulangi saat sebelum membedahnya. Saat kopling dilepaskan berasa bergetar sulit masuk gigi 1 atau R mobil berasa lamban dan mobil benar-benar berat di tanjakan atau berbau hangus seharusnya kopling set ditukar.

Di atas adalah pembahasan berkaitan gigi mundur bunyi krek pada kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.