Cara Pasang Subwoofer Ke Amplifier: 2 Teknik Dan Ulasan

Cara Pasang Subwoofer Ke Amplifier Mobil – Memasang atau menambah subwoofer atau woofer pada sistem audio mobil adalah suatu hal yang seolah wajib buat dilaksanakan. Oleh karena itu perlu diketahui cara pasang subwoofer atau woofer ke sistem audio mobil terutama amplifier.

Subwoofer umumnya gampang disambungkan. Hal ini karena umumnya cuma ada dua kabel yaitu daya dan input audio. Namun untuk mengatur subwoofer agar mendapat performa terbaik dapat menghabiskan waktu.

Ada banyak cara yang bisa diharap untuk menyambungkan subwoofer ke amplifier, yang menerima, atau processor (dikenal juga sebagai yang menerima home theater). Sistem yang umum dilaksanakan dengan menyambungkan subwoofer ke output SUB OUT atau LFE dari yang menerima / amplifier.

Tapi Anda mungkin saja mendapati subwoofer yang memakai jaringan kabel RCA atau speaker stereo. Bila receiver atau amplifier terbaru dapat menangkap semua jenis subwoofer yang ada dipasaran.

Namun dalam proses pemasangan tidak boleh sembarangan. Untuk lebih jelasnya terkait cara pasang subwoofer atau woofer ke amplifier pada sistem audio mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara pasang subwoofer ke amplifier

Apa Itu Subwoofer?

Sebelum mengerti bagaimana cara pasang subwoofer ke amplifier perlu dipahami terlebih dahulu terkait apa itu subwoofer. Banyak orang pemula akan mengenali subwoofer dan woofer itu adalah sama sebuah speaker.

Namun berlainan nama tentu berlainan peran antara ke-2 nya. Hal itu tidak salah 100%, tetapi pun tidak tepat. Sebetulnya, baik speaker, woofer dan subwoofer adalah sebuah alat yang berbeda. Speaker sebagai media untuk keluarkan suara proses dari audio atau suara langsung supaya kedengar lebih keras dan optimal, misalnya speaker ganda coil.

Woofer adalah jenis speaker yang hasilkan suara suara rendah yang kerap disebutkan bass. Dan subwoofer sama dengan woofer namun suara suara yang dibuat akan lebih rendah kembali.

Khusus untuk subwoofer, di pasar ada 2 macam jenis, yaitu subwoofer aktif dan subwoofer pasif. Ketidaksamaan yang dipunyai di antara ke-2 subwoofer ini yaitu dari sisi peranan atau dari sisi elemen pembuat rangkaiannya. Untuk subwoofer aktif memiliki bentuk menjadi satu kesatuan dengan subwoofer pasif dan amplifier, hingga pemakai tinggal memasok daya 12-14volt dan input suara. Jenis ini umumnya dipakai pada instalasi audio mobil. Viral:

Dan untuk subwoofer pasif, pemakai harus menambah amplifier dan box supaya subwoofer bisa berperan secara baik. Jenis ini umum dipakai untuk kelompok yang disebut pencinta kualitas suara.

Cara Pasang Subwoofer Ke Amplifier

Dalam pemasangan subwoofer termasuk ke bagian amplifier sistem audio tentu perlu diketahui prosedur yang benar agar suara yang dikeluarkan dapat maksimal. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk pasang subwoofer ke amplifier sistem audio yaitu:

Baca Juga  Soket Kiprok Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki : Warna Kabel & Ulasan

1. Sambungkan Memakai Output LFE Subwoofer

Sistem yang banyak digunakan sebagai cara untuk pasang subwoofer ke amplifier adalah lewat Output Subwoofer (‘SUB OUT’ atau ‘SUBWOOFER’) dari yang menerima memakai kabel LFE (akronim untuk Low-Frequency Efeks).

Sebagian besar yang menerima home theater (atau processor) dan beberapa yang menerima stereo mempunyai jenis output subwoofer ini. Port LFE adalah output khusus yang digunakan cuma untuk subwoofer.

Audio saluran 5.1 (misalkan media yang diketemukan pada disk DVD atau dari tv kabel) mempunyai keluaran aliran khusus (sisi ‘.1’) dengan content hanya-bas yang terbaik direproduksi oleh subwoofer.

Penataan ini perlu menyambungkan jack LFE (atau output subwoofer) pada receiver / amplifier ke jack ‘Line In’ atau ‘LFE In’ pada subwoofer. Umumnya cuman satu kabel dengan connector RCA tunggal pada ke-2 ujungnya.

2. Hubungkan Memakai RCA Stereo atau Output Speaker

Terkadang Anda akan mendapati jika receiver atau amplifier tidak mempunyai output subwoofer LFE. Atau subwoofer tidak mempunyai input LFE. Kebalikannya, subwoofer kemungkinan mempunyai connector RCA stereo kanan dan kiri (R dan L). Lalu bagaimana cara pasang subwoofer ke amplifier sistem audio?

Bila ‘Line In’ subwoofer memakai kabel RCA (apabila subwoofer keluar pada receiver / amplifier memakai RCA), cukup tusukkan memakai kabel RCA dan tentukan port R atau L di subwoofer.

Namun apabila kabel terdiri pada satu ujung (kabel y untuk ke-2 aliran kanan dan kiri), karena itu pasang ke-2 nya. Bila receiver / amplifier mempunyai busi RCA kiri dan kanan untuk output subwoofer, karena itu yakinkan untuk memasang ke-2 nya.

Bila subwoofer diperlengkapi clip pegas untuk memakai kabel speaker, Anda bisa memakai output speaker yang menerima untuk menyambungkannya. Proses ini sama dengan menyambungkan speaker stereo dasar. Yakinkan untuk memerhatikan aliran.

Bila subwoofer memiliki dua set clip pegas (untuk speaker dan speaker keluar), karenanya memiliki arti jika speaker lain tersambung ke subwoofer, yang selanjutnya menyambungkan ke yang menerima untuk melanjutkan signal audio. Bila subwoofer memiliki cuman satu mengatur clip musim semi, karena itu subwoofer harus share jaringan yang menerima yang serupa dengan speaker.

Cara terbaik untuk pasang subwoofer ini ke amplifier adalah dengan memakai clip pisang (dibanding dengan kawat telanjang yang bertumpang-tindih) yang bisa terpasang ke sisi belakang keduanya. Bedanya berada di bagian amplifier. Bila subwoofer aktif telah diperlengkapi dengan amplifier didalamnya, dan subwoofer pasif belum mempunyai amplifier.

Cara Pasang Subwoofer Di Sistem Audio Mobil

Setelah mengetahui teknik atau prosedur cara pasang subwoofer ke amplifier di sistem audio mobil maka perlu diketahui pula cara merangkainya. Nach, bila kamu mempunyai subwoofer aktif pada mobilmu, berikut cara memasang subwoofer aktif di sistem audio mobil yaitu:

  1. Mencari lokasi yang sesuai ukuran subwoofer aktifmu. Misalnya kamu mempunyai subwoofer mode box tipis, karena itu kamu bisa tahuh di kolong jok depan. Dan untuk subwoofer mode tabung yang memiliki ukuran besar, kamu bisa meletakkannya pada bagian bagasi.
  2. Simpan di lokasi yang rata.
  3. Pakai ganda tape untuk memasang subwoofer aktif di lantai mobil. Selainnya memakai ganda tape, umumnya ada juga subwoofer yang sudah memakai baut atau bracket khusus bawaan yang dapat ditancapkan.
  4. Sambungkan subwoofer dengan kabel RCA. Tetapi bila kamu mempunyai head unit yang sudah diperlengkapi dengan saluran pre-out, kamu dapat segera memasangkannya. Tapi bila head unit belum diperlengkapi dengan saluran pre-out, kamu harus memasang high to low converter lalu dihubung dengan kabel RCA.
  5. Yakinkan kutub positif dan negatif tidak kebalik di saat menyambungkan kabel. Karena bila sampai terganti, maka menyebabkan korsleting.
  6. Bila subwoofer aktifmu belum diperlengkapi dengan pengatur bass, kamu dapat segera menyambungkannya dengan mencolokkan kabel pengatur ke subwoofer aktif.
  7. Terakhir, kamu perlu sembunyikan kabel-kabel RCA dan pengatur bass di bawah karpet mobil.
Baca Juga  Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan: 8 Faktor & Ulasan

Cara Merakit Filter Subwoofer

Subwoofer untuk Mobil Pada cara pasang filter subwoofer mobil, ada 3 jenis yang umum dipakai, yaitu:

  1. Kit filter 1 potensio – bermanfaat sebagai pengatur tingkat suara audio.
  2. Filter Kit 2 potensio – beguna sebagai pengatur frekwensi.
  3. Kit filter 3 potensio – terbagi dalam 3 kit potensio didalamnya yang masing-masing berperan mengatur volume bass, mengatur frekwensi suara rendah dan potensio 3 mengatur volume keseluruhan.

1. Cara Pasang Kit Filter 1 atau 2

Cara pasang filter subwoofer Kit 1 atau 2 adalah cukup hanya menyuntikkan suara rendah pada speaker aktif, hingga bisa hasilkan suara bass yang dalam saat berada di tingkat 2.0.

2. Cara Pasang filter Kit Filter 3

Cara memasang filter subwoofer Kit 3 lebih sulit karena input dan output mempunyai lajur yang lain dan harus menggunakan resistor dan mixer. Maksudnya supaya suara yang keluar masih tetap berkualitas baik.

3. Cara Pasang Tanpa Tone Kontrol

Cara pasang subwoofer jenis ini benar-benar mudah, karena cukup hanya menyuntikkan filter subwoofer pada speaker aktif karena itu kualitas bass akan optimal. Keringanan ini didapatkan karena semua file audio terkini sudah dipasangkan equalizer.

Diatas adalah ulasan terkait cara pasang subwoofer atau woofer ke amplifier pada sistem audio mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -