rem cakram seret

Rem Cakram Seret : 3 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Rem Cakram Seret – Ada permasalahan lain pada mekanisme rem yang cukup rawan. Permasalahan itu ialah saat rem seret atau macet. Keadaan ini membuat kampas rem selalu melekat dan menekan piringan rem ketika tuas rem tidak kita pencet.

Kerap dirasakan beberapa pemakai sepeda motor, rem cakram berasa seret. Ditambah saat keadaan seperti belakang ini yang mengaplikasikan Limitasi Sosial Rasio Besar.

Rutinitas kamu keluar dari rumah jadi menyusut. Akhirnya sepeda motor umumnya diam di dalam rumah yang mengakibatkan rem cakram juga pada akhirnya berasa seret saat dipakai.

Bila alami keadaan semacam ini, kamu perlu tahu cara pengatasan yang tepat. Supaya rem cakram tidak seret. Biasanya pemicu rem cakram seret ditenggarai oleh faktor-faktor, diantaranya ialah as floating caliper yang kotor. Hal seperti ini berlaku untuk kaliper sejenis floating.

Di lain sisi, pemicunya karena mungkin kampas rem yang lain, dari elemen standard pabrikasi. Masalah yang lain dapat disebabkan karena pin caliper yang alami macet dan piston caliper seret yang membuat jadi macet. Lantas bagaimanakah tangani rem cakram seret? Untuk lebih jelasnya terkait cara mengatasi rem cakram seret akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

rem cakram seret

Penyebab Rem Cakram Seret

Elemen cakram yang kotor bisa menyebabkan rem cakram seret Umumnya pemicu rem cakram seret di sepeda motor seperti skuter matik (skutik), sport bike, dan beberapa motor yang lain.

1. Bahan Kampas Rem Yang Berlainan

Kampas rem, dibuat berbahan keramik organic. Benar ada beberapa kampas rem yang dibuat berbahan lebih keras, tetapi ini dibikin berdasar watak rem kendaraan dan daya pengereman yang lain.

Sementara untuk motor, biasanya memakai kampas rem yang lebih keras supaya lebih tahan lama dan minim debu. Bila anda menukarnya dengan kampas rem dengan watak lebih lunak dapat menambahkan daya pengereman, tetapi ini dapat mengakibatkan gesekan yang menghalangi perputaran roda saat rem terlepas.

2. Pin caliper macet

Pada caliper rem type floating yang sering dipakai pada rem cakram motor, anda akan menjumpai elemen namanya pin caliper. Pin ini berperan sebagai kutub untuk gerakan caliper rem ke kana dan kekiri (float).

Gerakan kaliper ini akan memengaruhi daya pengereman kampas. Jika keadaan pin ini licin, karena itu caliper dapat bergerak dengan gampang. Tetapi jika pin kekurangan pelumas, automatis caliper dapat macet.

3. Piston Caliper Macet

Dari ke-2 penyebab di atas, penyebab yang ini yang seringkali jadi kambing hitam. Piston rem berperan mengganti penekanan hidrolik jadi energi gerak yang bakal mendesak kampas rem.

Baca Juga  Penyebab CDI Terbakar : 2 Penyebab Dan Cara Memperbaiki

Piston ini bekerja cuman bekerja maju mundur pada suatu silinder. pada segi piston akan dipenuhi oleh minyak rem dan volumenya bertambah saat tuas rem didesak, hal tersebut memaksakan piston bergerak mengarah bersimpangan. Disamping yang lain telah ditahan oleh kampas rem hingga pergerakan piston akan mendesak kampas rem.

Tetapi, ada saatnya di mana piston macet pada silinder. bila status piston macet itu ada saat status rem lepas karena itu mekanisme rem dapat blong. Tetapi bila piston kaliper macet saat status mendesak karena itu rem akan berasa seret seperti belum terlepas seutuhnya.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Seret

Dengan bersihkan kaliper dari kotoran yang menimbun, bisa menahan rem cakram seret Apa yang perlu dilaksanakan bila rem cakram motor seret dapat terselesaikan? Kamu harus lihat as floating kaliper. Di mana elemen ini bekerja sebagai lajur kaliper untuk bergerak.

1. Pengecekan Kaliper Rem

Agar kaliper bisa bekerja optimal ada banyak hal yang seharusnya dilaksanakan. Cara pertama kali yang kamu dapat kerjakan, saat hadapi rem cakram macet dengan melepaskan bracket atau dudukan kaliper, saat proses pergantian kampas rem. Ini bisa juga menahan piringan cakram tidak bengkok saat renggangkan piston kaliper.

Ke-2 , kamu dapat melepaskan kampas rem lama lebih dulu. Saat sebelum penempatan kampas rem baru, supaya bracket dapat dilepaskan. Tidak lupa, kamu bisa juga membersihkan baut as penahan kanvas rem. Karena tidak tutup peluang dapat alami karat atau tertimbun kotoran. Selanjutnya lumasi as floating dengan gendut atau grease. Agar rem cakram motor seret dapat ditangani.

Ke-4, kamu dapat membersihkan sisi dalam kaliper tempat kampas rem dengan benis atau cairan pencuci yang lain. Bila cara ini telah kamu kerjakan, dapat ditegaskan rem cakram motor macet tidak terjadi.

Cara paling akhir, kamu dapat pasang lagi kampas yang baru dan kaliper seperti sebelumnya. Sesudah semua proses telah kamu kerjakan, kamu dapat kerjakan pengujian, Sob!

Jadi jika kampas rem baru seret, tidak boleh tergesa-gesa membawa ke bengkel. Coba berkendaralah perlahan-lahan sampai geretnya raib. Hal yang penting dijauhi ialah memaksakan test jalan dengan kecepatan tinggi. Bisa-bisa berpengaruh fatal!

2. Bersihkan dan Menempatkan Kampas Rem yang Betul

Menukar kampas rem sepeda motor dapat kamu kerjakan sendiri Untuk kamu yang kemungkinan ingin menukar kampas rem yang habis, yang berpengaruh rem cakram seret. Ada langkah-langkah bongkar-pasang kampas rem yang penting kamu kenali.

Untuk mengatasi rem cakram seret, kamu harus melepaskan kaliper rem, tetapi tidaklah sampai melepaskan aliran hidrolik. Kendorkan baut braket kaliper rem yang sejumlah dua buah. Umumnya baut ini yang memakai kepala bintang.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Kipas Radiator : 4 Cara & Penyebabnya

Kemudian, kamu dapat melepaskan baut pengikat kampas rem. Baut ini cuman sejumlah satu dan umumnya berada di bagian bawah kaliper. Seterusnya, terlepas baut pengikat supaya kamu dapat melepaskan baut braket kaliper. Proses ini dilaksanakan supaya kamu dapat melepaskan kaliper rem motor dengan gampang.

Lebih jauh, pada proses pergantian kampas rem. Karena baut pengikat kampas rem telah dilepaskan, kamu tinggal melepas kampas rem dari dudukannya. Cukup mengambil memakai tangan, karena itu kampas dengan gampang terlepas. Janganlah lupa buat kamu memperhatikan ketebalan kampas rem. Jika kamu mendapati keadaan kampas rem nyaris habis. Kamu langsung bisa lakukan pergantian sama yang baru.

3. Penemuan yang Mengakibatkan Rem Cakram Seret

Pemicu kampas rem cakram seret yaitu melepas sisi braket kaliper. Braket ini tersambung dengan kaliper lewat dua buah pin yang mempunyai potensi membuat, dan seringkali menyebabkan rem cakram macet.

Akhirnya demikian dilepaskan, kamu terlepas, seharusnya kamu harus memberikan sedikit grease atau gendut di bagian pin ini. Disamping itu, kamu bisa juga memakai oli. Tetapi oli beresiko jadi memperburuk pengereman, karena benar-benar rawan tumpah ke piringan rem.

jika ada kerusakan berbentuk robekan atau lubang. Dapat menyebabkan debu atau kotoran masuk. Efeknya pergerakan piston terusik yang menyebabkan rem cakram motor seret. Jika keadaan seal masih bagus, karena itu kamu tinggal memberikan sedikit grease atau gendut pada permukaan piston yang bakal masuk di dalam sililnder.

Seterusnya, pergerakan piston kaliper, agar masuk di dalam silinder di kaliper rem. Jika yang baru pertama kalinya kerjakan, kemungkinan berasa sanagt keras untuk menggerakan piston. Kemudian, kamu dapat mengeluarkan kembali kaliper dengan mendesak tuas rem. Tetapi awalnya yakinkan dahulu, bila keadaan minyak rem penuh, supaya tidak ada masuk angin.

Saat piston keluar, saran kembali dengan kontribusi kunci sebagai pengungkit. Kerjakan ini berkali-kali, sampai piston berasa lebih mudah dari mulanya. Proses paling akhir, kamu dapat pasang lagi kampas rem dan braket kaliper, dan janganlah lupa untuk kencangkan baut breket kaliper seperlunya supaya tidak lepas.

Saat ini telah tahukan cara mengatasi rem cakram seret yang mempunyai potensi terjadi di motor kamu. Mudah-mudahan info ini bisa menolong kamu saat alami keadaan semacam ini.

Begitu artikel komplet mengenai penyebab dan cara mengatasi rem seret pada motor, mudah-mudahan berguna dan dapat menambahkan wacana kita mengenai otomotif.

Join the discussion