Posisi Klip Jarum Skep Standar: Standar, Irit, Dan Boros

Posisi Klip Jarum Skep Standar Dan Cara Menyetel – Menyetel atau seting Karburator itu gampang-gampang susah kurang cukup cuma menyetel ukuran pilot Jet dan Main Jet nya saja tapi juga menyeting jarum skep atau jet needle nya juga. Lalu bagaimana posisi klip jarum skep standar dan cara menyetelnya?

Semua penyetelan karburator ini akan berpengaruh pada perfoma dari mesin kendaraan. Oleh karena itu penyetelan tidak boleh asal asalan dan disesuaikan dengan penggunaan.

Tidak hanya pilot dan main jet melainkan juga posisi jarum skep harus sesuai dengan standar. Untuk lebih jelasnya terkait posisi klip jarum skep standar karburator dan cara menyetel akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

posisi klip jarum skep standar

Posisi Klip Jarum Skep Standar

Posisi klip jarum skep baik standar atau tidak akan berpengaruh pada kinerja dari mesin. Selain itu dapat digunakan untuk menentukan penggunaan bahan bakar. Untuk seting air-screw/angin2, perannya adalah untuk mengatur perbedaan bahan bakar dengan udara yang masuk. Makin kering campuran karena itu dapat semakin hemat. Tetapi, resiko nya mesin cepat panas. Jika terlampau kering motor justru tidak dapat jalan.

Seting yang optimum diperlihatkan dengan warna busi merah bata. Itu memiliki arti seting telah cocok dah hasilnya tentu hemat dan memiliki tenaga. Jika ingin akselerasi cepat, seting dibikin kaya. Dampaknya boros dan triknya dengan geser posisi klip ke bawah.

Baca Juga  Gigi Motor Tidak Bisa Netral: 7 Penyebab Dan Perbaikan

Jadi tentukan dahulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip jarum skep standar adalah ditengah-tengah. Jika ingin hemat atau letak klip jarum skep yang irit, klip dapat naik ke-2 di atas. Jika tertinggi, cemas terlampau hemat. Apabila terlampau kering, block mudah overheat dan piston-ring dapat macet saat digunakan mengebut.

Sementara itu jika letak klip jarum skep yang boros maka dapat diturunkan ke bagian 4. Namun tentu akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar.

Cara Menyetel Klip Jarum Skep

Setelah mengetahui posisi jarum skep standar, irit, dan boros maka perlu juga diketahui cara menyetelnya. Skep itu memiliki bentuk serupa piston dan bergerak turun naik bersamaan perputaran hendel gas.

Saat grip gas diputar maka skep dan jarumnya langsung terangkut ini buka peluang bensin menggempur lubang venturi dari sela di antara tubuh jarum dengan dinding lubang. Lantas Jarum yang melekat di skep berikut yang disebutkan Jarum skep atau Jet needle

Semakin gemuk tubuh jarum semakin sempit sela di antara jarum berdiameter dinding lubang, mengakibatkan bensin yang masuk sedikit atau mungkin kurang, sabaiknya jarum kurus, bensin masuk lebih banyak sebetulnya jarum skep itu ada banyak jenis diikuti code berlainan seperti spuyer yang diikuti angka, angka itu sebagai wakil diameter lubang dan pada jarum skep sebagai wakil kontur.

Baca Juga  Motor Yang Tidak Bisa Di Oversize & Ulasan

Dengan mengamplas tubuh jarum skep, sela di antara jarum dengan dinding lubang lebih lebar. Aliaran bahan bakar juga automatis semakin bertambah hasilnya campuran bensin – udara diperputaran menengah semakin bertambah, jadi bensin semakin kaya.

Cara menyetel klip jarum skep yaitu:

  1. Jika bar klip terpasang pada lubang 3 (tengah) memiliki arti campuran gas jadi normal.
  2. Jika bar klip terpasang pada lubang 1 dan 2 (atas) memiliki arti campuran gas jadi kurus / miskin
  3. Apabila bar klip terpasang pada lubang ke 4 dan 5 karena itu campuran gas bisa menjadi gemuk / kaya.

Diatas adalah ulasan terkait posisi klip jarum skep standar karburator dan cara menyetel. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.