Cara Mengatasi Fuel Pump Lemah: 3 Prosedur Dan Ulasannya

Cara Mengatasi Fuel Pump Lemah – Terkadang terdapat beberapa kerusakan yang terjadi pada fuel pump, salah satunya yaitu lemah. Lalu bagaimana cara mengatasi fuel pump lemah?

Kehadiran pompa bahan bakar (fuel pump) dalam mesin mobil injeksi sangat penting. Peranan fuel pump adalah sebagai penyalur bensin ke injektor sesuai keperluan mesin.

Tidak itu saja, fuel pump juga berperan sebagai penjaga penekanan bensin supaya masih tetap tinggi dan konstan. Jika sisi ini lemah, karena itu penekanan bensin akan lemah dan mempengaruhi performa mesin kendaraan. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengatasi fuel pump lemah akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengatasi fuel pump lemah

Ciri Ciri Fuel Pump Mobil Lemah

Cara ketahui pompa bensin lemah dapat dijumpai secara mudah. Tak perlu perlengkapan otomotif, pertanda kekurangan pompa bahan bakar dapat disaksikan dari beberapa ciri ini.

1. Mobil sulit dihidupkan

Fuel pump adalah sisi dari mesin yang bertanggungjawab dalam menyuplai bahan bakar ke injektor saat mobil dihidupkan. Saat elemen itu lemah, karena itu ciri intinya adalah mobil sulit dihidupkan dan mesinnya bunyi brebet saat dipacu. Beberapa gejala ini biasanya disebabkan oleh fuel pump yang kotor dan mampet.

2. Tanda cek engine hidup

Tanda pada dasbor pada beberapa mobil memang direncanakan untuk berpijar lalu mati kembali. Tetapi, ada pula lampu panduan yang saat dia berpijar maknanya ada permasalahan atau kekurangan dalam mesin. Misalnya adalah cek engine. Saat tanda ini berpijar, maknanya ada permasalahan pada mesin kendaraan.

Baca Juga  Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin Motor: 4 Faktor

3. Suara pompa menurun

Dengar baik suara dengungan mesin mobil yang ada saat Anda memutar kunci contact ke status ON. Bunyi itu datang dari bak kendaraan. Jika suara yang didengar condong lemah, bisa saja fuel pump kendaraan juga menurun.

Cara Mengatasi Fuel Pump Lemah

Pompa bahan bakar yang lemah untungnya dapat diperbarui. Cara mengatasi fuel pump lemah terbagi dalam langkah-langkah, dimulai dari sisi relay, wiring harness, sampai tahanan fuel pump yaitu:

1. Pengecekan relay fuel pump

Relay fuel pump adalah elemen yang berperan sebagai sakelar electronic untuk menyalurkan arus listrik supaya pompa bahan bakar bisa bekerja.

Triknya, terlepas relay dari socketnya. Lantas, check tahanan terminal 3 dan 5. Baiknya, hasil standard ada pada angka 10 kilo Ohm atau lebih. Lanjut check tahanan terminal 3 dan 5 dengan tambahan satu daya pada terminal 1 dan 2. Hasil standard yakni di bawah 1 Ohm.

2. Pengujian wiring harness fuel pump

Fuel pump mempunyai serangkaian kelistrikan dengan wiring grafik tertentu. Sisi ini harus dilihat dalam serangkaian Cara Mengatasi Fuel Pump Lemah sebab bisa saja alami korsleting listrik. Jalur pengujian adalah seperti berikut:

  • Pengecekan jalinan di antara terminal FC1 dengan relay F/P. Hasil standard di bawah 1Ω.
  • Pengujian jalinan di antara terminal FC1 atau relay F/P dengan periode body. Hasil standard 10 kΩ atau lebih.
  • Pengecekan ikatan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar. Hasil standard di bawah 1 Ω.
  • Pengujian rekanan terminal 3 motor pompa dengan periode body. Hasil standard sejumlah 10 Ω atau lebih.
  • Pengecekan jalinan terminal 4 motor pompa dengan periode body. Hasil standard dari pengecekan ini harus di bawah 1 Ohm.
Baca Juga  Cara Memperbaiki Aki Basah : 6 Cara Dan Ulasannya

3. Pengecekan tahanan fuel pump

Cara Mengatasi Fuel Pump Lemah yang paling akhir adalah pengecekan tahanannya. Ini mempunyai tujuan untuk ketahui performa motor pompa. Jika tahanan terlampau besar, karena itu motor pompa akan berputar-putar lamban dan mengakibatkan beragam permasalahan. Misalnya, ketertinggalan supply bahan bakar dan penekanan bensin menyusut.

Pengecekan dilaksanakan dengan melepas terminal fuel pump, lalu menghitung tahanan terminal 3 dan 4. Hasil standard adalah 0,2-0,3 Ohm pada suhu 20 derajat Celcius. Jika ada ketidaksamaan, karena itu dibutuhkan pergantian motor pompa.

Diatas adalah beberapa cara untuk mengatasi fuel pump lemah. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.