Ciri Jarum Skep Terlalu Irit: 4 Gejala Dan Cara Mengatasi

Ciri Ciri Jarum Skep Terlalu Irit – Penyetelan karburator sebenarnya sangat komplek tidak hanya pada main dan pilot jet saja melainkan pada jarum skep. Apabila jarum skep terlalu irit maka akan memunculkan gejala atau ciri ciri tertentu.

Seting karbu umumnya beberapa pemakai motor hanya berfokus pada bagian pilot jet dan main jet saja. Walau sebenarnya itu belumlah cukup. Masalahnya ke-2 spuyer itu hanya berpengaruh diperputaran rendah dan perputaran meninggi saja.

Bagaimana untuk perputaran menengah, jika tidak disetting maka motor justru jadi ngelitik atau mbrebet saat dipacu mendadak. Kadang tiap selesai menikung dan membuka gas, mesin kadang mengilitik pertanda kehausan alias minimnya bensin.

Selain itu terdapat berbagai gejala lainnya. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri jarum skep terlalu irit dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri jarum skep terlalu irit

Ciri Jarum Skep Terlalu Irit

Penyetelan jarum skep harus disesuaikan dengan kebutuhan dari kendaraan. Hal ini bertujuan agar mesin dapat bekerja sebagaimana mestinya. Berikut beberapa gejala atau ciri yang muncul apabila jarum skep terlalu irit yaitu:

1. Bunyi Ngelitik

Ciri pertama jarum skep terlalu irit adalah bunyi ngelitik atau brebet. Bunyi ngelitik saat membuka gas tiba-tiba diperputaran tengah dan lari motor terasa tertahan. Tidak hanya karena kompresi ketinggian atau timing pengapian terlalu maju. Hal ini juga bisa karena supply bensin terlalu kering diperputaran tengah.

Masalah ini sering dijumpai di motor yang telah diperbarui mesinnya. Walau diperputaran bawah dan atas tidak ada permasalahan, karena ukuran spuyer (motor karburator) yang dipakai telah cocok.

Baca Juga  Ciri MAP Sensor Rusak : 10 Gejala Dan Ulasannya

2. Busi Hitam

Selain itu ciri jarum skep terlalu irit yang lain adalah busi berwarna hitam. Campuran bahan bakar yang cocok dengan keperluan mesin dan karburator adalah di mana warna elektroda busi adalah coklat ke bata-bataan saat dibuka sesudah mesin diajak lari full atau grip gas di putar full. Bila hitam dan basah mengisyaratkan bahan bakar terlalu banyak apabila putih mengisyaratkan bahan bakar.

3. Mesin Panas

Selain itu mesin terlalu panas juga dapat menjadi salah satu ciri jarum skep terlalu irit. Hal ini dikarenakan bahan bakar akan ikut membantu proses pendinginan pada mesin. Apabila suplai berkurang karena setelan yang terlalu irit tentu proses pendinginan tidak dapat maksimal.

4. Tenaga kurang

Ciri terakhir dari jarum skep yang terlalu irit adalah tenaga yang kurang. Campuran bahan bakar yang terlalu miskin akan menyebabkan proses pembakaran kurang sempurna. Akibatnya tenaga yang dihasilkan juga akan menurun.

Cara Mengatasi Jarum Skep Terlalu Irit

Cara untuk mengatasi penyakit itu dengan mempertajam jarum karburator motor itu, untuk menambahkan debet bahan bakar diperputaran menengah atau jarum skep yang terlalu irit yaitu:

1. Perbesar Sela Pada Jarum Skep

Untuk lebih jelasnya perlu di ketahui dulu proses kerja pada jarum skep. Caranya tinggal bedah karburator motor anda, selanjutnya jarum yang melekat pada skep, skep itu memiliki bentuk seperti piston dan bergerak turun naik bersamaan dengan perputaran hendel gas.

Saat grip gas diputar skep dan jarumnya langsung terangkut ini buka peluang bahan bakar menggempur lubang venturi dari sela antara tubuh jarum dengan dinding lubang karburator.

Baca Juga  Transmisi Mobil Matic Slip: 6 Penyebab & Cara Memperbaiki

2. Setelan Jarum Skep Irit

Kucuran bahan bakar selanjutnya bersatu dengan udara yang mengabut sehingga makin gampang aliran bahan bakar dipecah pada bagian ujung tajam jarum. Semakin dalam perputaran gas karena itu makin lebar celahnya.

Automatis semprotan bensin jadi lebih deras. Bila status grip gas di antara ¼ samapai ¾ perputaran. Begitupun ketinggian jarumnya karena itu wujud jarum langsung akan memengaruhi perputaran menengah.

3. Cara Seting Karbu Dari Jarum Skep

Semakin besar tubuh jarum karena itu semakin sempit sela di antara jarum berdiameter dinding lubang. Karena itu dapat mengakibatkan bahan bakar yang masuk sedikit atau justru kurang, sabaiknya jarum kurus, bahan bakar masuk lebih banyak

Ada banyak jenis diikuti code berlainan serupa dengan spuyer yang diikuti angka, angka itu sebagai wakil diameter lubang dan pada jarum skep sebagai wakil konturbya. Kontur jarum memiliki jenjang disebutkan taper, jarum copotan karburator mikuni memiliki dua taper atau ujung yang lancip.

Dapat terlihat jika di lihat dari ujung tajam jarum sampai ke pangkal jarum atau diameter paling besar.dan sulitnya di sini elemen karburatornya benar-benar terbatas, sedikit susah cari jarum skep yang kemungkinan kita butuhkan, karena jarum susah dijumpai dipasaran dan beberapa teknisi mengkali jarum itu.

Diatas adalah ulasan terkait ciri jarum skep terlalu irit dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -