Cara Mengecek Kiprok: 2 Cara Dan Ciri Kiprok Rusak

cara mengecek kiprok

Cara Mengecek Kiprok – Kiprok terkadang mengalami kerusakan sehingga mesin tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan pada kiprok motor. Lalu bagaimana cara mengecek kiprok?

Kiprok sebagai salah satunya elemen yang ada di sepeda motor yang mempunyai peranan sebagai terminal atau tempat memantapkan dan penyaring arus pengapian dari elemen spool saat sebelum ditebarkan ke semua kabel. Dan peranan kiprok yang tidak kalah keutamaan untuk isi daya accu supaya masih tetap kuat saat motor dikemudikan atau digerakkan.

Dengan mengetahui ulasan diatas maka ketika terjadi kerusakan pada kiprok langsung perlu dilakukan perbaikan. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri kiprok motor rusak dan cara mengecek kiprok akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengecek kiprok

Ciri Ciri Kiprok Motor Rusak

Sebetulnya untuk Cara mengecek kiprok motor yakni lumayan gampang, cuman untuk dapat mengetahui rusak atau tidak kiprok, kita harus mengetahui lebih dulu akibatnya karena kiprok yang rusak. Berikut Ciri ciri Kiprok Motor Yang Rusak.

1. Bola Lampu Kerap Putus

Ciri kiprok motor rusak yang umum terjadi yakni bola lampu yang kerap putus, apa lagi pada status sedang di gas tetapi tidak dapat meredam sinar dapat ditegaskan kiprok rusak.

2. Pada Saat Dipacu Lampu Demikian Jelas

Ciri kiprok motor rusak yang seterusnya di saat motor dipacu karena itu lampu demikian jelas yang kelak dalam kurun waktu umumnya bola lampu akan mati karena saluran dalam bola lampu terputus.

Baca Juga  Mobil Bunyi Berdecit Saat Digas: 5 Penyebab & Cara

3. Sinar Lampu Motor Redup

Selainnya bola lampu yang kerap mati, ciri kiprok rusak yang lain yakni sinar lampu motor yang redup. Ini sering terjadi bila kiprok motor alami kerusakan.

4. Accu Tidak Mengecas

Bila accu motor sahabat rusak dan telah ditukar sama yang baru tetapi baru beberapa waktu saja telah rusak, karena itu telah ditegaskan bila pemicunya kiprok yang rusak.

Menyaksikan beberapa karena kiprok motor yang rusak, dapat kita simpulkan jika dampak kiprok pada mekanisme pengapian motor besar sekali. Karena itu penting hukumnya selalu untuk jaga performa dari kiprok motor ini.

Cara Mengecek Kiprok

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengecek kiprok pada motor, diantaranya yaitu:

1. Tanpa Alat

Apabila tidak memiliki alat ukur maka cara mengecek kiprok motor rusak atau tidak dapat melakukan berbagai cara berikut ini:

Cara mengecek kiprok motor yang pertama yakni dengan mengetahui lebih dulu tempat kiprok ada, karena tiap motor penempatannya berlainan.

Sesudah mengetahui letak kiprok, cara seterusnya yakni dengan mengambil colkan kabel kiprok.

Kemudian lakukan pengujian recikan api pada kabel kiprok, secara umum kabel kiprok berawarna putih dan kuning. Dan yakinkan ujung kabel keluarkan recikan api saat mesin di sendi.

Bila pada tahapan ke-3 telah dilaksanakan dan kabel kiprok yang berawarna putih dan kuning keluarkan api, cara seterusnya yakni dengan mencolokan atau menghubungkan socket pada kiprok.

Cara mengecek kiprok motor yang seterusnya yakni dengan mengecek recikan api pada kabel yang warna eksklusif. Jika keluar api karena itu kiprok masih berperan untuk nge-charge baterai motor. Tetapi bila kabel merah tidak keluarkan recikan api, karena itu telah ditegaskan kiprok motor telah rusak.

Baca Juga  Ciri-Ciri Busi Mati : 10 Gejala & Cara Memperbaiki

2. Menggunakan Avometer, Multimeter, Atau Multitester

Cara mengecek kiprok yang kedua yaitu menggunakan avometer, multitester, atau multimeter. Untuk cara mengetahui kiprok rusak atau mungkin tidak, jalannya sangat mudah. Pertama hidupkan mesin bermotor dan biarkan masih tetap berpijar tanpa di gas sepanjang sesaat. Selanjutnya sentuh kiprok dengan tangan, jika berasa hangat dan pelan-pelan menghangat maknanya kiprok pada kondisi normal.

Begitu sebaliknya, jika mesin sudah berpijar sepanjang berapakah menit dan kiprok tetap saja dingin maknanya kiprok motor sudah tidak berperan kembali. Tapi, saat sebelum tukar kiprok, cek dulu kondisi kabel dan socket yang menyambungkan sepul, kiprok dan accu. Yakinkan semuanya pada kondisi dipasang secara benar.

Check tegangan gunakan multitester, letakan kabel merah multitester di kabel merah positif dan kabel yang hitam pada kabel negatif, hidupkan mesin bermotor sekalian gas perlahan-lahan capai 3.000 rpm, saksikan angka di multitester, bila melewati 14 volt pertanda rusak.

Jika tegangan ada di bawah angka 12 volt, pertanda rusak, karena tidak dapat isi accu secara baik, baiknya ada di angka 13,5 volt.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri kiprok rusak dan cara mengecek kiprok pada motor baik tanpa alat maupun menggunakan avometer atau multimeter. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -