penyebab aki mobil tekor

Penyebab Aki Mobil Tekor : 9 Penyebab Dan Ulasan

Penyebab Aki Mobil Tekor – Mobil memerlukan aki supaya bisa menyala dan berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu penerangan dan sistem kelistrikan lain juga memerlukan aki selaku supply aliran listrik. Apabila aki mobil tekor atau rusak berpengaruh pada kenyamanan mengemudi. Oleh karena itu aki yang kurang kuat atau aki mobil kerap tekor dapat menyebabkan mobil tidak dapat distarter dan mengganggu fungsi dari kendaraan.

Pemilik mobil tentu pernah merasakan masalah mendadak mobil tidak dapat distarter. Hal itu bisa muncul karena keadaan aki mobil tidak pernah dilakukan pemeriksaan sehingga aki menjadi tekor atau rusak. Apa lagi saat keadaan jarang digunakan atau terparkir dalam jangka waktu yang lama.

Aki mobil berperan selaku sumber listrik untuk semua sistem pada mobil, seperti menghidupkan mesin, AC, piranti audio, atau lampu. Oleh karena itu, pemilik mobil harus menjaga keadaan aki supaya tidak tekor atau memiliki masalah. Tetapi harus dipahami juga jika aki bisa juga habis sebab usia penggunaan.

Selain itu masih terdapat beberapa penyebab lain yang menjadikan aki mobil tekor atau rusak. Untuk itu perlu dipahami berbagai penyebab aki mobil soak ini agar pemilik dapat dengan mudah memperbaiki aki mobil yang tekor tersebut. Untuk lebih jelasnya terkait ulasan mengenai penyebab aki mobil akan dibahas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab aki mobil tekor

Penyebab Aki Mobil Tekor

1. Mobil Jarang-jarang Dipakai

Salah satunya penyebab aki mobil kerap tekor ialah sebab mobil jarang-jarang dipakai. Hal ini dapat terjadi dikarenakan aki tidak mendapatkan supply kelistrikan yang cukup sehingga membuat kemampuan aki kurang maksimal. Oleh karena itu mobil harus dipanasi dan dibawa perjalan kurangnya 1x satu minggu supaya konsumsi listrik ke aki terus maksimal yang secara otomatis membuat periode memakainya semakin lama.

2. Pemakaian mobil yang sering

Penyebab aki mobil tekor yang lain ialah karena intensif pemakaian mobil yang tinggi. Mobil yang dipakai secara terus-terusan memerlukan daya listrik yang besar, hingga aki bekerja begitu tambahan yang automatis akan kurangi usia memakainya. Seluruh elemen mobil benar-benar mempunyai periode gunakan, dan akan cepat rusak jika digunakan secara terus-terusan.

Baca Juga  Cara Mengecas Aki : 8 Cara Dan Ulasannya

3. Air Aki Habis

Menyusutnya air aki adalah hal yang wajar. Pada type aki basah, memeriksa keadaan aki dapat jadi perhatian pada batasan atas dan bawah cairan elektrolit. Jika batasan cairan dekati batasan bawah bermakna harus ditambahkan. Sebab setiap saat mobil dipakai berlangsung proses pengisian arus listrik dari alternator ke aki. Di saat itu air menguap, hingga makin lama akan menyusut banyaknya.

Peranan air aki ialah jadi pengantar arus listrik yang disuplai oleh alternator ke beberapa sel aki. Oleh karenanya, jika sel tidak tergenang air, proses pengisian arus listrik tidak optimal. Disamping itu, sel yang tidak tergenang air, akan cepat rusak. Masalahnya sel itu akan cepat alami oksidasi sebab kandung asam di sekitarnya yang bersatu udara. Mengakibatkan, sel cepat rusak. Apabila sel atau elemen aki rusak maka dapat menjadi penyebab aki tekor atau rusak.

4. Kemampuan Aki Yang Kecil

Ketika memilih aki untuk mobil, kemampuannya harus sesuai keperluan kelistrikan mobil yang dibutuhkan. Jika aki yang dipakai kemampuannya begitu kecil karena itu dapat menyebabkan over suplai yang dapat berpengaruh umur gunakan aki mobil menyusut. Dengan begitu aki menjadi lebih cepat tekor.

5. Aksesories Mobil Yang Terlalu berlebih

Melakukan modifikasi mobil terkadang membahagiakan untuk beberapa orang. Akan tetapi jangan salah sebab saat memodifikasi, khususnya dibagian audio mobil karena itu beban pada aki secara otomatis bertambah berat. Mekanisme audio tentu memerlukan daya listrik lumayan besar, sehingga daya kelistrikan aki menjadi lebih cepat tekor atau habis.

6. Pemakaian Lampu Pencahayaan Yang Tidak Standar

Tidak cuman mekanisme audio, pemakaian lampu yang tidak sama standar dapat menjadi salah satu penyebab aki mobil kerap tekor. Saat sebelum melakukan modifikasi mobil dengan menambah mekanisme audio, lampu HID dan lampu proyektor, sebaiknya kita menyaksikan lebih dulu berapakah daya yang diperlukan. Setelah menghitung daya yang dibutuhkan maka tinggal memilih kapasitas aki yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga  Perbedaan Aki Kering dan Basah : 6 Perbedaan

7. Umur atau Usia Gunakan Aki Yang Lama

Umur atau usia aki yang semakin tua atau lama digunakan menyebabkan kekuatan simpan dayanya makin sedikit. Hal ini menyebabkan aki menjadi lebih cepat tekor. Minimal pergantian aki mobil dapat dilakuakn tiap 2-3 tahun sekali, hingga mobil dapat terlepas dari macet karena tidak dapat distarter.

8. Air Aki Kotor

Aki yang memiliki masalah bisa juga dilihat dari kondisi air aki yang kotor. Hal itu sebab kotoran-kotoran yang menimbun dalam jangka waktu yang lama dan dapat disaksikan waktu buka penutup air aki. Bukan hanya warna air aki yang kotor, dan juga beberapa sel yang ada didalamnya bengkok dan ada warna putihnya. Hal ini tentu mengganggu proses penyimpanan daya listrik pada aki dan menyebabkan aki mobil lebih cepat tekor.

9. Alternator rusak

Alternator atau umum disebutkan dengan dynamo ampere ialah perangkat yang berperan selaku generator yang hasilkan arus listrik Alternating Current (AC) dan sekalian menggantinya jadi arus Direct Current (DC). Elemen ini jadi pembangkit energi listrik yang kemudian dialirkan ke aki untuk proses pengisian. Jika alternator atau dynamo ampere ini sudah aus, arus listrik yang dibuat jadi tidak konstan. Aliran listrik yang tidak konstan menyebabkan daya listrik dalam proses pengisian aki tidak maksimal. Hal ini menyebabkan supali listrik dari aki sedikit dan aki mobillebih mudah tekor.

Na itu beberapa penyebab aki mobil tekor atau rusak. Oleh karena itu aki mobil harus juga dirawat supaya masih tahan lama dan terlepas dari tekor atau rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion