Cara Cek Spul Motor: 3 Cara Dan Ulasannya

cara cek spul motor

Cara Cek Spul Motor – Spul motor kerap alami kerusakan. Oleh karenanya perlu dilaksanakan pengujian untuk ketahui keadaan kerjanya. Lantas bagaimana cara cek spul motor? Dan Apa saja ciri ciri spul motor rusak?

Spul motor berupa lilitan kawat yang terang bersisihan dengan magnet sepeda motor. Sisi ini berperanan untuk menghasilkan arus untuk mekanisme penerangan, pengisian, pengapian atau sebagai sensor untuk membaca status cranksaft.

Jika alami kerusakan akan menjalar kekomponen lain terutamanya perform motor yang biasanya starter langsung geng pada akhirannya perlu kick starter/engkol sampai keluar. Oleh karenanya perlu cara untuk mengecek spul motor.

Ada banyak cara yang bisa dilaksanakan untuk mengecek spul motor yang dipakai pada sepeda motor. Tetapi penting diingat tiap kendaraan sedikit berlainan. Berikut pembahasan berkaitan cara cek spul motor dan ciri ciri spul motor rusak akan dibahas lebih pada dalam artikel berikut ini.

cara cek spul motor

Ciri-ciri Spul Motor Rusak

Untuk beberapa ciri atau pertanda yang terjadi jika spul motor rusak yakni:

  1. Secara umum lampu akan mati, pengisian accu berkurang dan menyebabkan accu cepat tekor.
  2. Ciri lainnya jika komponen spul ini terbakar ialah ketakmampuannya alternator diberi beban listrik. Jika soket kiprok ke spul di lepas dan diukur dengan Voltmeter AC, dapat dibaca voltasenya cukup. Tapi saat diberi beban ke kiprok dan diukur ulang, biasanya voltasenya turun, yang sampai tidak ada arus yang masuk di kiprok.
  3. Ciri seterusnya bila spul hancur bisa dilihat langsung fisik tapi ini harus membedah block mesin atau membuka tempat spul ada jika sudah terbuka akan terlihat warna kabel spul jadi memerah dan ada warna hitam tersisa terbakar. Biasanya terlihat plastik dari menakutkan/rumah spul ikut menetes. Apabila sudah ini harus ganti baru atau gulung ulang spulnya.
Baca Juga  Penyebab Transmisi Macet Pada Salah Satu Gigi: 7 Faktor

Cara Cek Spul Motor

Ada banyak cara untuk mengecek atau cek spul pada motor, salah satunya yakni:

1. Spul Pengisian

Cara mengecek atau cek spul motor yang pertama yakni pada spul pengisian. Pada umumnya kabel warna putih, bila spul ini remuk atau terbakar karenanya efeknya aki akan ngedrop sampai habis 2-3 kali, bahkan bila ganti kiprok akan sama karena problemnya berada di lilitan spul.

Cara mengeceknya bisa dilihat kondisi fisik biasanya terbakar atau lilitan kawat putus, untuk pengetesan dengan tepat tanpa bongkar-bongkar pakai avometer.

Seting di ohm/masalah kondisi dingin suhu mesin sekitat 20 derajat, hubungan soket merah avo dengan kabel putih spul dan soket hitam avo dengan kabel hitam karena itu dapat dibaca 0,2-1,0 ohm, jika lebih dari 1,0 ohm karenanya dianjurkan ganti/bila ingin dililit ulang tapi tidak dianjurkan karena resiko tanggung pemakai.

2. Spul Penerangan

Disamping itu, cara cek spul motor yang ke-2 yakni spul penerangan. Kerusakan ekstrimnya lampu depan/lampu khusus tidak berpijar atau lampu mulai redup, faktornya sama dengan spul pengisian dari lilitan putus atau terbakar, cara pengetesannya dengan visual atau diukur dengan avometer suhu mesin 20 derajat kondisi dingin agar tepat.

Karena sebagai contoh Jupiter Mx karenanya warna kabelnya spul kuning dihubungkan dengan soket avometer warna merah seterusnya kabel hitam spul di hubungkan dengan soket avometer warna hitam, awalannya seting avometer di ohm/masalah, tahan persisnya 0,2-1,0 ohm lebih dari detil dianjurkan penggantian. Contoh sepul yang terbakar:

Baca Juga  RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik: 3 Penyebab & Perbaikan

3. Pulser

Secara umum motor susah hidupnya bila mesin masih dingin tapi apabila sudah panas gampang hidupnya, cara pengetesannya tidak bisa di plototin doang/dilihat, perlu diukur pakai avometer. Dengan suhu biasa 20 derajat/keadaan mesin dingin seting avo di ohm tahanan yang didapatkan 250-380 ohm. Ini bisa dilaksanakan sebagai cara mengecek spul pada motor.

Di atas ialah pembahasan berkaitan cara mengecek atau cek spul motor dan ciri ciri spul motor rusak. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -