Perbandingan Kompresi Adalah: Pengertian & Ulasan

Perbandingan Kompresi Adalah – Istilah rasio atau perbandingan kompresi adalah hal yang kerap kali kita jumpai saat bermasalah dengan mesin kendaraan. Ada yang ngomong terkait dengan tipe bahan bakar yang perlu dimakan atau emisi gas buang yang dibuat kendaraan.

Tetapi, apa sebetulnya makna dari perbandingan kompresi itu? Tiap silinder mesin hasilkan kompresi yaitu saat gas dan udara dalam silinder dipadatkan volumenya jadi benar-benar kecil.

Ini terjadi pada proses gerakan piston ke atas saat sebelum kombinasi itu dibakar oleh busi bersama bahan bakar di ruangan bakar. Untuk memperjelasnya berkaitan perbandingan kompresi adalah akan dibahas lebih pada dalam artikel berikut

perbandingan kompresi adalah

Perbandingan Kompresi Adalah?

Rasio atau perbandingan kompresi adalah perbandingan di antara volume silinder saat piston ada di titik paling rendah dengan status piston di titik teratas. Makin tinggi perbandingannya memiliki arti udara yang terkompresi semakin banyak, maknanya bahan bakar yang terbakar dapat makin banyak.

Sebagai contoh, pada mobil dengan mesin 4-silinder, 2.0L, dengan tiap silinder berisi 500 cc. Saat piston di status bawah setiap silinder berisi penuh 500 cc gas dan udara, saat piston ada di atas volumenya jadi 50 cc. Hal tersebut mengisyaratkan rasio kompresinya 1:10.

Perbandingan kompresi rendah memiliki arti ruangan bakar automatis luas, tetapi jika tinggi memiliki arti ruangan bakar sempit. Torsi akan jadi membesar saat perbandingan rasio semakin tinggi, efektivitas semakin bertambah dalam jumlah bahan bakar yang serupa.

Baca Juga  Mengenal Fungsi Side Gear Dan Cara Kerjanya

Rasio atau perbandingan kompresi sebagai perbandingan di antara volume silinder saat piston ada di titik yang paling paling rendah dan paling tinggi. Jika perbandingan yang berada di piston ini makin tinggi karena itu bisa disimpulkan jika bahan bakar yang dipakai dengan jumlah besar.

Banyak yang mendefinisikan rasio sebagai proses pembuangan gas yang terjadi saat mesin mobil sedang bekerja. rasio pada kompresi ini dipandang terkait dengan tipe bahan bakar yang digunakan untuk mesin mobil itu.

Rasio yang memperlihatkan jumlah tinggi maka memengaruhi kandungan reset oktan number pada bahan bakar yang dipakai. Nilai oktane number ini akan mempengaruhi terjadinya proses pembakaran.

Perbandingan rasio ini bisa disaksikan dari besar silinder yang ada di mobil. Proses pengukuran rasio kompresi ini adalah harus dilaksanakan dengan cermat. Hal ini dikarenakan setiap mobil memiliki ukuran silinder yang berbeda-beda. Penyeleksian bahan bakar yang pas untuk mobil tentukan perbandingan piston itu.

Cara Menghitung Perbandingan Kompresi

Perbandingan kompresi adalah perbandingan yang ditetapkan oleh besarnya volume cara dan volume ruangan bakar. Cara menghitung perbandingan kompresi yaitu dengan rumus yang sudah ditetapkan.

Rumusnya yaitu: Volume Ruang Bakar + Volume Langkah Piston/ Volume Ruang Bakar

Besaran dari perbandingan kompresi pada mesin bergantung pada besarnya volume ruangan bakar. Bila volume ruangan bakar diperkecil, karena itu perbandingan kompresi akan bertambah

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Transmisi: Pengertian & Prinsip Kerja

Kebalikannya, bila volume ruangan bakar diperbesar karena itu perbandingan kompresi akan turun. Perbandingan kompresi berlainan dengan penekanan kompresi.

Karena seringkali kami temui, beberapa teknisi kebalik ambil data saat kami tes. Dengan bertambahnya perbandingan kompresi maka bertambah penekanan kompresi. Hingga penekanan pembakaran akan bertambah.

Contoh Perhitungan Perbandingan Ratio

Kita akan ambil contoh pada motor mio s. Dan volume ruangan bakar adalah 14,7 cc (kami kalkulasi kebalik dari spesifikasi) dan volume cara telah dihitung di sini sekitaran 125 cc

Karena itu hasil perhitungannya adalah (125 + 14,7) : 14,7

Hasilnya adalah 9,5 : 1

Di atas adalah pembahasan berkaitan perbandingan kompresi. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.