Perbedaan Alternator Dan Generator: 5 Perbedaan & Ulasan

perbedaan alternator dan generator

Perbedaan Alternator Dan Generator – Dalam proses perubahan energi gerak menjadi listrik ada dua komponen yang dikenal yaitu alternator dan generator. Meskipun prinsip kerja hampir sama, ada beberapa perbedaan mendasar diantara keduanya. Lalu apa saja perbedaan alternator dan generator?

Kemungkinan jarang-jarang orang yang dengar alternator. Akan tapi rupanya alternator ialah sebuah piranti elektromagnetis. Komponen ini bisa mengganti energi teknisi jadi energi listrik yang kerap disebutkan generator listrik arus bolak balik.

Ada perbedaan alternator dengan generator yang yang akan diulas pada artikel berikut ini. Sebelumnya kami akan memberi sedikit info untuk menambahkan pengetahuan kita di antara pemahaman alternator dan pemahaman generator tersebut. Berikut ulasannya.

perbedaan alternator dan generator

Apa Itu Alternator?

Alternator umumnya berperan di saat mesin dihidupkan, pada umumnya alternator itu ialah sebuah generator listrik atau sumber daya listrik yang dipakai pada beberapa mesin otomotif (mobil), mesin pembakaran internal.

Komponen ini dapat untuk isi battery supaya bisa kapan pun digunakan. Untuk alternator yang dipakai pada pembangkit listrik umumnya dilakukan oleh turbin uap dan turbo alternator. Alternator pertama kalinya dikenalkan di tahun 1967.

Apa Itu Generator?

Dan untuk generator mempunyai pemahaman di mana mesin bisa mengganti energi teknisi (gerak) jadi energi elektrik (listrik). Komponen ini mempunyai pemahaman yang hampir serupa dengan alternator tapi masih tetap ada banyak perbedaan alternator dengan generator yang hendak kami ulas. Generator bisa bergerak tentu saja karena ada sebuah energi, sumber yang hasilkan energi itu berbagai macam.

Baca Juga  Penyebab Radiator Panas : 10 Faktor & Cara Memperbaiki

Generator listrik yang bergerak dalam pembangkit listrik tenaga angin datang dari kincir yang berputar-putar dari sebuah angin, untuk generator listrik pada pembangkit listrik tenaga air berasal karena ada energi dari air. Dan untuk pembangkit listrik gerak datang dari proses pembakaran bahan bakar yang dipakai dalam generator listrik, umumnya bahan bakar yang dipakai ialah diesel.

Perbedaan Alternator Dan Generator

Terdapat beberapa perbedaan antara alternator dan generator yang banyak ditemukan yaitu:

  1. Kumparan pembangkit yang ada pada alternator diam dan untuk generator berputar-putar.
  2. Kumparan medan pada alternator dan generator kebalik dengan kumparan pembangkit. Untuk alternator berputar-putar dan generator diam.
  3. Produksi arus pada alternator tidak membutuhkan peraturan dan untuk generator perlu untuk diregulasi.
  4. Keuntungan yang didapatkan dari alternator ialah pada perputaran rendah telah dalam tegangan yang cukup dan pada generator pada perputaran rendah tegangan yang dipunyai kecil
  5. Rugi atau yang lebih bagus disebutkan dalam kekurangan ialah generator membutuhkan tempat yang bertambah luas dibanding alternator.

Diatas adalah ulasan terkait perbedaan alternator dan generator yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari hari. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.