ciri ciri per daun lemah

Ciri Ciri Per Daun Lemah : 4 Tanda & Cara Mengatasinya

Ciri Ciri Per Daun Lemah – Per pegas daun menjadi lemah jika sudah alami penggunaan yang dalam periode waktu lama. Lalu apa saja ciri ciri per daun lemah? Bagaimana cara memperbaiki per daun lemah?

Ada bermacam tipe pegas yang dipakai pada mekanisme suspensi. Diantaranya yakni per pegas daun. Tipe per ini sering dipakai pada kendaraan niaga atau kendaraan yang mengankut beban besar. Ini karena pegas daun berkekuatan yang semakin besar dibandingkan tipe pegas yang lain.

Tetapi jika dipakai dalam periode waktu lama akan mengakibatkan munculnya bermacam kerusakan. Diantaranya yakni per pegas daun lempeng. Degan lempengnya per pegas daun karena itu suspensi tidak bisa meresap oksilasi secara baik. Ini tentu saja mengakibatkan kenyamanan dan keamanan kendaraan terusik.

Keadaan itu tentu saja lumrah jika kendaraan telah berusaha keras dalam periode waktu lama. Tentu saja jika sudah alami kerusakan itu karena itu perlu dilaksanakan pembaruan supaya per pegas daun bisa bekerja secara baik kembali. Jika tidak diperbarui karena itu efeknya yakni gesrot atau body bersinggungan dengan roda. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri per daun lemah dan cara mengatasinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri per daun lemah

Ciri Ciri Per Daun Lemah

Terdapat beberapa ciri per daun yang mengalami kerusakan atau lemah diantaranya yaitu:

1. Suspensi belakang berasa keras

Ciri ciri pertama per daun lemah yaitu suspensi mobil merasa keras. Hal ini sesungguhnya disebabkan karena ada kerusakan di bagian shock absorber, hingga getaran dari roda belakang mobil tidak lagi dapat diredam hingga bisa berasa ke sisi bodi mobil. Untuk tangani ini cukup kerjakan pergantian shock absorber belakang mobil. Tetapi jika rupanya sesudah ditukar telah bocor kembali, ada banyak point yang penting kalian lihat.

Point pertama ialah permasalahan berkendara mobil dan jalaan yang dilewatinya, makin kerap mobil melalui jalanan yang bergelombang, berlubang lubang, tentu saja akan membuat umur gunakan shock absorber jadi pendek. Sedapat mungkin bila melalui jalanan semacam ini, pelankan pergerakan mobil anda sampai anda.

Point ke-2 bila anda jarang-jarang melalui jalanan yang hancur dan bergelombang, bisa saja keadaan per daun mobil anda telah lempeng atau mungkin tidak parabolik kembali. Per daun yang tidak parabolik ini membuat jarak main shockabsorber jadi lebih pendek yang pada akhirannya akan mengakibatkan shock absorber cepat alami kebocoran. Karena itu coba kerjakan pengecekan pada keadaan per nya, kalau sudah lempeng seharusnya tukar dengan per daun yang baru.

Baca Juga  Proyeksi Miring Adalah : Pengertian, Ciri Ciri, Dan Contohnya

2. Per daun patah

Selain itu ciri ciri per daun lemah yaitu patah. Jarang sekali per daun mobil ini alami patah selainnya disebabkan oleh factor umur gunakan. Terkecuali anda kerap mengusung beban terlampau berat, ditambahkan lagi mobil kerap melalui jalanan yang hancur. Untuk mengatasi ini gampang saja, muat barang atau penumpang sesuai batasan optimal yang disarankan hingga per jadi tahan lama dan tidak gampang patah.

ciri ciri per daun lemah

3. Per daun bunyi berdecit saat melalui jalan buruk

Yang ketiga ciri ciri per daun lemah yaitu bunyi berdecit. Secara umum pemicu per daun mobil bunyi mencicit saat melalui jalanan yang buruk ialah karena ada gesekan antara lembar per daun. Untuk mengatasi permasalahan ini anda dapat menyemprotkan / memoleskan grease antara ujung ujung lembar per daun. Atau juga bisa menyisipkan seperti lembar plastik keras antara ujung ujung lembar per daun hingga adu fisik antar lembar per daun barusan tidak ada.

ciri ciri per daun lemah

4. Kendaraan Berayun tidak beraturan

Terjadinya efek bouncing, yawing, dan lain sebagainya menjadi salah satu ciri per daun lemah. Hal ini tentu akan mempengaruhi pengemudian yang menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan.

Cara Mengatasi Pegas Daun Lemah

Ada banyak cara yang dilaksanakan untuk mengatasi per atau pegas daun yang lempeng. Berikut ulasan berkenaan cara mengatasi pegas daun lempeng atau lemah.

1. Roll Per Daun

Cara mengatasi pegas daun lemah yakni dengan roll per daun. Cara ini dilakukan dengan cara mengepress pegas daun supaya kembali kebentuk sebelumnya. Tiap lembar per daun dibalikkan ke kondisi yang meliuk yakni dengan dipress. Ini akan mengakibatkan per daun jadi lebih tinggi.

Dengan cara roll per daun ini tentu saja cuman memerlukan biaya yang lumayan murah untuk kembalikan per daun seperti sebelumnya. Tetapi umumnya, roll per daun tidak bertahan di dalam periode waktu lama. Oleh karenanya, ini direferensikan jika kalian ingin jual atau mungkin tidak mempunyai biaya untuk pergantian pegas daun.

2. Menjejal Per Daun

Menjejal per daun sebagai salah satunya cara untuk mengatasi per atau pegas daun lemah. Cara ini yakni dengan lakukan tambahan pegas daun. Jumlah lurusan per daun atau pegas daun yang bisa ditambah yakni sekitar 1-2 buah lurusan saja. Tetapi sesudah lakukan tambahan per daun memerlukan geprektingan per daun atau roll per daun.

Baca Juga  Jenis Jenis Suspensi : 10 Jenis Dan Ulasannya

Dengan menambahkan lurusan per daun, karena itu proses roll per daun akan bertahan atau mempunyai periode saat yang semakin lama diperbandingkan cuman proses roll per daun saja. Ini karena ada tenaga tambahan dari per daun yang baru ditambah. Tetapi cara ini tentu saja mempunyai kekurangan yakni harga yang tambah mahal dibandingkan roll per daun. Ini karena perlu biaya tambahan untuk menambahkan lurusan per daun.

3. Menukar Per Daun

Menukar per daun sebagai salah satunya cara terbaik untuk mengatasi per atau pegas daun yang lemah. Dengan menukar per daun karena itu performa per daun akan optimal kembali seperti baru. Tetapi cara ini tentu saja mempunyai kekurangan yakni harga yang mahal. Harga per daun perlembar sekitaran 250-400 ribu.

Tetapi untuk mempermurah biaya yakni dengan menukar per daun dengan per daun sisa atau per daun mobil merek lain. Tetapi penting diingat panjang, tebal, dan lebar per daun harus sama dengan per daun mobil yang bakal ditukar.

Biaya Roll Per Daun

Biaya roll per daun sesungguhnya bergantung dari bengkel semasing. Tetapi umumnya biaya roll per daun sekitar dari 150-200 ribu rupiah. Hal itu terhitung perombakan dan penempatan. Lumayan murah kan? Tetapi proses roll perdaun cuman akan bertahan 5-6 bulan saja. Oleh karenanya proses roll per daun dilaksanakan saat kedesak saja. Seumpama tidak ada biaya pergantian dan lain-lain.

Untuk pergantian per daun dipandang perlembar sejumlah 250-400 ribu rupiah. Oleh karenanya jika kendaraan mempunyai 4 helai per daun karena itu 4 x 250 ribu = 1 juta rupiah cuman untuk pergantian saja belum ditambahkan biaya bongkar-pasang pegas daun.

Tiap cara untuk mengatasi per atau pegas daun yang lemah atau lempeng tentu saja mempunyai kekurangan dan kelebihan. Tetapi untuk kenyamanan dan keselamatan tentu saja pergantian dengan unit per daun baru ialah referensi yang terbaik. Per daun telah di desain berdasarkan penghitungan atau perancangan yang telah disamakan dengan keperluan kendaraan. Tetapi ini tentu saja bergantung beberapa pemakai apa ingin di roll atau ditukar.

Di atas sebagai ulasan berkenaan cara mengatasi per daun lemah dan ciri ciri per daun lemah. Ada bermacam cara untuk mengatasi per daun lemah atau lempeng. Semoga menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion