Perbedaan Seal Klep Dengan Ring Seher: 2 Ulasan

Perbedaan Seal Klep Dengan Ring Seher – Motor keluar asap putih bisa disebabkan karena beragam factor. Satu diantaranya yaitu dari kerusakan seal klep atau ring seher. Lantas apa perbedaan seal klep dengan ring seher jika terjadi kerusakan?

Bila tidak telaten dalam perawatannya, motor 4-tak dapat mengeluarkan asap knalpot seperti seperti motor 2-tak. Dengan kata lain munculnya asap knalpot itu karena kerusakan dua komponen mesin. Dua sisi mesin ini yaitu seal klep dan ring piston yang alami kerusakan.

Efeknya yaitu akan keduanya sama hasilkan asap putih dari knalpot. Walau imbas yang dibuat sama, tetapi di sini ada banyak perbedaan tanda-tanda yang lain untuk analisis perbaikan. Berikut pembahasan berkaitan perbedaan seal klep dengan ring seher jika alami kerusakan.

perbedaan seal klep dengan ring seher

Perbedaan Seal Klep Dengan Ring Seher Yang Rusak

Perbedaan di antara seal klep bocor dengan ring seher yang lemah ini ternyata ngebulnya berbeda salah satunya yaitu:

1. Ring piston motor yang sudah lemah

Perbedaan pertama di antara seal katup dengan ring piston yang rusak bila disaksikan dari dampak masing-masing pada mesin. Jika mempunyai permasalahan dari ring piston sudah lemah, biasanya ada suara ‘ngerik’ seperti ngelitik. Selain itu bila ring piston yang mempunyai permasalahan, semakin tinggi putaran mesin karenanya ngebulnya akan makin terang alias tebal.

Baca Juga  Cara Mengukur Noken As Dengan Jangka Sorong: 3 Cara & Ulasan

Bila ring piston atau seher sudah lemah, saat motor dipacu sampai rpm tinggi, karenanya knalpot akan mengeluarkan asap warna putih. Ini ada karena ring seher tidak mampu menahan oli ke ruang bakar, sampai volume oli berkurang menonjol. Apabila sudah begitu, jalan keluarnya adalah mengganti ring piston baru.

Sebelum mengganti piston, jangan sampai lupa untuk sekalian melihat kondisi bloknya. Apabila sudah baret, karenanya semestinya diganti juga. Untuk kenali ring piston yang sudah lemah, trick-nya adalah dengan mencolek bibir atau ujung knalpot. Jika basah karena oli, karena itu bisa jadi pertanda ring piston sudah lemah.

2. Seal Klep Rusak

Selain ring piston yang sudah lemah, perbedaan antara seal katup dengan ring piston yang rusak yaitu berasap ketika dingin. Persoalan yang biasanya terjadi pada seal klep adalah getas dan sobek, yang mana kedua hal tersebut ada karena usia pakai. Bila seal klep sudah bocor, motor akan berasap saat dingin, dan akan musnah setelah dibawa jalan.

Kebocoran seal klep juga bisa dirasakan dari perform mesin. Bila seal klep bocor, tentu membuat kompresi mesin bocor, dan hal tersebut secara otomatis langsung mempengaruhi perform mesin sebagai tidak optimal.

Bila sil klep yang mempunyai permasalahan tidak ada suara ngelitik. Lalu ngebulnya justru terlihat banyak saat mesin masih dingin. Apabila sudah panas, ngebulnya berkurang. Selain ngebul, bila ada persoalan pada sil klep ini punya pengaruh kompresi bocor dan kerasa sekali konsumsi BBM motor jadi lebih boros.

Baca Juga  Ciri Tie Rod Rusak : 3 Ciri-Ciri Dan Ulasan

Di atas adalah pembahasan berkaitan perbedaan seal klep dengan ring seher jika alami kerusakan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.