Komponen Kepala Silinder : 13 Bagian Dan Ulasan

komponen kepala silinder

Komponen Kepala Silinder – Salah satu komponen mesin yang tempatnya ada pada bagian depan di motor adalah kepala silinder. Pada kepala silinder terdapat beberapa komponen yang berperan penting penting untuk dapat membuat mesin pada motor dapat hidup dan bekerja. Lalu apa saja komponen kepala silinder?

Proses pembakaran pada suatu mesin akan terjadi pada sebuah ruang bakar yang ada di dalam kepala silinder. Jadi betul jika kepala silinder benar-benar mempunyai fungsi yang demikian penting dalam kelangsungan kerja satu motor. Pada bagian ini ada banyak aktivitas yang akan berjalan sepanjang mesin berpijar, salah satunya ialah pembakaran.

Kepala silinder ini mempunyai sirip – sirip yang bermanfaat untuk proses pendinginan mesin. Tapi, sirip itu cuman diketemukan pada mesin yang memakai mekanisme pendingin udara. Berarti, sirip – sirip itu tidak diketemukan pada mesin motor degan mekanisme pendingin oli atau mekanisme pendingin air (radiator). Kepala silinder adalah tempat masuk keluarnya bahan bakar dan jadi sisi proses dari pembakaran dan kompresi pada mesin.

Peranan kepala lain dari kepala silinder (silinder head) ini untuk tutup lubang silinder yang ada ada dalam blok mesin. Disamping itu, dalam kepala silinder ada beberapa bagian penting pada mesin motor. Apabila ada kerusakan pada salah satunya komponen yang ada dalam kepala silinder maka bisa mempengaruhi kerja mesin motor sehingga menjadi tidak maksimal. Untuk lebih jelasnya terkait komponen kepala slinder akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komponen kepala silinder

Pengertian Kepala Silinder

Kepala silinder adalah salah satu komponen pada suatu mesin baik itu mesin motor atau mobil. Posisi kepala silinder ada di bagian depan dari mesin tersebut. Pada umumnya kepala silinder ini memiliki bentuk seperti siripp yang memiliki fungsi untuk proses pendinginan yang lebih prima.

Wujud dari kepala silinder tersebut berlaku untuk tipe motor yang memakai mekanisme pendingin udara. Namun mesin yang memakai mekanisme pendingin radiator yang memakai air radiator motor maka memiliki bentuk yang berlainan serta tidak mempunyai satu sirip.

Fungsi Kepala Silinder

Dengan adanya banyak komponen kepala silinder motor 4 tak inilah yang membuat fungsi dari kepala silinder bukan hanya selaku penutup mesin. Namun masih mempunyai fungsi-fungsi penting yang lain yaitu

  1. Selaku tempat pembakaran (Ruang Bakar).
  2. Untuk tempat bekerjanya satu katup.
  3. Selaku tempat penataan intake dan exhaust udara.
  4. Untuk tempat menempatkan atau menempatkan satu busi motor.
  5. Selaku penutup block silinder.
  6. Dan selaku tempat water jacket atau metal pendingin
Baca Juga  Jenis Sumber Energi Kendaraan Ringan: 6 Macam & Ulasan

Komponen Kepala Silinder

Untuk dapat melaksanakan fungsi dari kepala silinder diatas maka terdapat beberapa komponen diantaranya yaitu:

1. Sil Katup (Valve Seal)

Komponen kepala silinder yang pertama adalah valve seal. Sil katup atau sil klep berperan untuk jaga supaya oli tidak masuk di dalam ruangan bakar

2. Bos Klep (Valve Guide)

Selain itu terdapat juga valve guide atau bos klep memiliki fungsi selaku jalur bergeraknya batang klep. Apabila bos klep telah aus atau kendur dibagian knalpot maka muncul asap putih tipis dan harus diganti di tukang bubut.

3. Poros Bubungan atau Noken AS (Camshaft)

Komponen yang lain pada kepala silinder ialah kutub nok. Komponen ini memiliki peranan untuk memberi desakan valve lifter yang ada di bagian bawah rocker arm. Desakan ini diberikan supaya katup dapat terbuka.

Poros nok dibuat dari poros besi yang memiliki cam pada semua sisi poros yang memiliki ketinggian dan jarak yang sudah diperhitungkan sebelumnya agar mesin dapat bekerja maksimal. Kemiringan pada poros cam digunakan mendesak katup secara pas saat camshaft mulai berputar.

4. Gigi Sentrik (Sprocket Cam)

Cam Sprocket atau yang kerap disebut sebagai gigi tameng. Komponen ini mempunyai fungsi sebagai sisi pemutar atau pendorong cam shaft.
Dengan kata lain sprocket cam digunakan untuk memutar camshaft atau noken as yang ada di kepala silinder.

5. Klep / Katup (Valve)

Yang selanjutnya adalah komponen yang digunakan untuk tempat keluar masukknya campuran bahan bakar dan udara serta gas buang sisa pembakaran yaitu katup. Kehadiran katup sangat diperlukan pada motor 4 tak yang mana terdapat sepasang yaitu katup buang dan yang satunya selaku katup hisap. Komponen ini ada dua jenis, yakni :

  • Katup Masuk (Intake Valve), katup yang berperan untuk tutup dan buka aliran masuk atau umum disebutkan Intake Manifold.
  • Katup Buang (Exhaust Valve), katup yang berperan untuk buka dan tutup aliran buang atau yang umum disebutkan Exhaust Manifold.

6. Pin Pengunci (Cotter)

Cotter atau pin pengunci klep memiliki fungsi untuk mengamankan klep / katup dan pegas katup. Selain itu pasangan komponen ini ialah penahan yang berperan meredam cotter tersebut.

Baca Juga  Komponen Setir Mobil: 8 Bagian Dan Ulasan

7. Rocker Arm

Selain itu terdapat rocker arm memiliki peranan yang serupa seperti valve lifter, yakni seabgai penekan batang katup. Namun yang membedakan keduanya adalah di bagian memiliki bentuk. Untuk rocker arm ini dibikin mirip pengungkit. Di mana komponen ini bertopang pada kepala silinder dan tangkai katup. Rocker arm biasa disebutkan templar yang memiliki fungsi selaku penyambung di antara noken as dengan klep selaku pengontrol turun-naiknya (buka-tutup) klep.

8. Pegas Katup (Spring Valve)

Komponen kepala silinder yang selanjutnya ialah pegas katup. Komponen ini memiliki fungsi sebagai bantalan untuk menahan posisi katup supaya bisa tertutup dengan rapat atau tidak menimbulkan celah. Selain itu pegas katup dipakai untuk mengembalikan posisi katup seteah mendapatkan desakan dari camshaft.

9. Intake Manifold

Intak manifold sebuah komponen yang mempunyai wujud seperti tabung yang digunakan sebagai tempat masuknya satu udara yang dari mekanisme induksi udara. Wujud dari komponen ini kemungkinan berbeda pada setiap motornya. Intake manifold atau aliran masuk adalah komponen yang berperan untuk salurkan kombinasi udara dan bahan bakar.

10. Exhaust Manifold

Selanjutnya pada kepala silinder terdapat komponen yang bernama exhaust Mmnifold. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penyalur gas buang sisa dari pembakaran di dalam ruang bakar untuk di lanjutkan ke komponen exhaust.

11. Valve Lifter

Valve Lifter sebuah komponen kepala silinder yang memiliki wujud seperti mangkok yang terletak di bagian atas katup. Peranan dari Valve Lifter ini sebaga perlindungan batang katup dari gesekan camshaft.

12. Busi

Komponen kepala silinder yang selanjutnya ialah Busi. Komponen digunakan sebagai pematik api pada ruangan bakar yang akan membuat kombinasi udara dan bahan bakar dari karburator motor terbakar di ruangan bakar.

13. Ruangan Bakar

Komponen terakhir yang ada di di dalam kepala silinder ialah ruang bakar. Didalam ruang bakar akan berlangsung pross pembakaran yang akan membuat mesin dapat bekerja.

Diatas merupakan ulasan terkait komponen kepala silinder pada motor 4 tak. Yang di mana tiap komponen memiliki peranan dan manfaatnya masing masing tetapi dengan arah untuk bikin mesin dapat bekerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -