Cara Kerja Sensor Speedometer Digital: Proses & Pengertian

Pengertian Dan Cara Kerja Sensor Speedometer Digital – Sensor speedometer digital adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur kecepatan kendaraan. Selain itu juga menampilkan informasi tersebut pada speedometer digital.

Sensor speedometer digital terletak di roda atau transmisi kendaraan. Bagian ini bekerja dengan mengirimkan sinyal ke kontroler atau modul elektronik yang terhubung dengan speedometer digital. Untuk lebih jelasnya terkait apa itu dan cara kerja sensor speedometer digital akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara kerja sensor speedometer digital

Apa Itu Sensor Speedometer Digital?

Sensor speedometer digital adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur kecepatan kendaraan dan menampilkan informasi tersebut pada speedometer digital. Komponen sensor speedometer digital biasanya terletak di roda atau transmisi kendaraan, dan bekerja dengan mengirimkan sinyal ke kontroler atau modul elektronik yang terhubung dengan speedometer digital.

Sensor speedometer digital memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan speedometer mekanikal (analog). Kelebihan tersebut antara lain:

  1. Akurasi yang lebih tinggi. Sensor speedometer digital dapat memberikan informasi kecepatan yang lebih akurat dibandingkan dengan speedometer mekanikal.
  2. Lebih mudah dibaca. Informasi kecepatan yang ditampilkan pada speedometer digital lebih mudah dibaca dibandingkan dengan speedometer mekanikal, karena menggunakan angka-angka digital yang lebih besar.
  3. Dapat memberikan informasi tambahan. Selain menampilkan informasi kecepatan, sensor speedometer digital juga dapat memberikan informasi tambahan seperti jarak tempuh, waktu tempuh, dan lain-lain.
  4. Lebih tahan lama. Sensor speedometer digital umumnya lebih tahan lama dibandingkan dengan speedometer mekanikal, karena tidak menggunakan komponen mekanikal yang mudah aus.
Baca Juga  Tipe Tipe Rem Tromol : 7 Tipe Beserta Ulasannya

Cara Kerja Sensor Speedometer Digital

Sensor speedometer digital adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur kecepatan kendaraan dan menampilkan informasi tersebut pada speedometer digital. Sensor speedometer digital biasanya terletak di roda atau transmisi kendaraan, dan bekerja dengan mengirimkan sinyal ke kontroler atau modul elektronik yang terhubung dengan speedometer digital.

Cara kerja sensor speedometer digital adalah sebagai berikut:

  1. Sensor speedometer digital terletak di roda atau transmisi kendaraan, dan terhubung dengan kontroler atau modul elektronik melalui kabel.
  2. Saat kendaraan bergerak, sensor speedometer digital akan terus mengirimkan sinyal ke kontroler atau modul elektronik yang terhubung dengannya.
  3. Kontroler atau modul elektronik akan menerima sinyal yang dikirim oleh sensor speedometer digital, dan mengolah sinyal tersebut untuk menghitung kecepatan kendaraan.
  4. Setelah kecepatan kendaraan dihitung, kontroler atau modul elektronik akan mengirimkan sinyal ke speedometer digital untuk menampilkan informasi kecepatan kendaraan.

Speedometer digital akan menampilkan informasi kecepatan kendaraan sesuai dengan sinyal yang diterimanya dari kontroler atau modul elektronik.

Dengan cara kerja seperti ini, sensor speedometer digital dapat memberikan informasi kecepatan kendaraan secara