Pipa AC Berembun: Penyebab Dan Cara Mengatasi

Pipa AC Berembun – Pipa AC yang memiliki embun kemungkinan kerap kita temui di atas lapangan, dapat disebut itu adalah sebuah hal yang wajar pada unit sistem ac mobil. Lalu apa penyebab pipa ac berembun? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Tetapi bila embun itu berbentuk air yang tidak selayaknya, hingga menetes ke lantai dengan volume yang lumayan banyak pasti jadi permasalahan.

Pasalnya lantai jadi berair dan pasti ini akan menambahkan pekerjaan anda karena harus bolak-balik mengepelnya, benar-benar menyebalkan bukan? Sebagai pemakai kita harus pintar dan tahu mengapa pipa AC dapat mengembun.

Peranan khusus freon adalah mendinginkan kabin mobil supaya masih tetap sejuk sejauh perjalanan. Tetapi bagaimana bila mendadak pipa AC yang bermanfaat untuk menyalurkan freon ini mendadak kelihatan berembun sampai membeku karena ada es yang menyelimuti? Untuk lebih jelasnya terkait pipa ac mobil berembun akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

pipa ac berembun

Pipa AC Berembun

Freon yang berada di dalam mekanisme kerja AC mobil akan mengucur dari kondensor sampai ke evaporator yang ada dalam kabin mobil. Seterusnya akan dihembuskan oleh blower AC jadi udara yang mendinginkan kabin. Nach, pada proses ini, pipa khusus untuk menyalurkan freon jadi elemen yang penting. Pipa ini sendiri dibuat dari aluminium.

Lalu apa pipa AC yang berembun adalah keadaan yang mencelakakan dan bisa menghancurkan? Tidak, karena proses pendinginan dari AC tersebut. Mesin compressor berperan mengganti satu penekanan dari penekanan rendah ke penekanan tinggi dengan kontribusi bahan pendingin yakni gas refrigerant. Hingga temperatur suhu yang demikian rendah, yakni temperatur dingin. Bila satu benda terserang temperatur yang rendah, pasti keluar bercak-bercak air seperti embun. Maka lumrah bila pipa AC keluarkan air atau berembun jika sedang bekerja.

Baca Juga  Soket CDI Smash : 5 Kabel Dan Ulasannya

Seiring berjalannya waktu, pipa khusus untuk menyalurkan freon ini bisa jadi berembun, bahkan juga membeku. Sudah pasti keadaan ini tidak benar-benar menggambarkan jika kerja AC mobil pada keadaan baik. Kebalikannya, ada permasalahan yang terjadi dari peristiwa ini.

Bila Anda buka kap mesin pada kondisi AC hidup lalu menyaksikan pipa itu mempunyai es membeku, karena itu ada permasalahan pada elemen thermistor cooler yang ada di ruangan evaporator. Elemen thermistor cooler ini lebih banyak digunakan pada mekanisme AC mobil untuk membaca ruangan evaporator. Disamping itu bisa juga memberi signal cut off ke sisi compressor AC supaya mematikan saluran freon itu.

Pipa AC berembun sampai membeku ini diawali saat thermistor cooler yang semestinya bekerja maksimal saat membaca temperatur di ruangan evaporator alami kerusakan. Sensor yang hancur ini tidak sanggup kembali membaca temperatur secara tepat hingga bisa mengakibatkan tidak ada cut off ke sisi compressor AC.

Keadaan ini membuat compressor AC akan secara terus-terusan memberi penekanan freon ke sisi dalam evaporator. Ini yang membuat pipa freon membeku dan ada es di atasnya.

Cara Memperbaiki Pipa AC Berembun

Apa yang harus dilaksanakan bila pemilik mobil menyaksikan pipa AC mobilnya mengembun? Tidak boleh cemas didiamkan saja, embun akan lenyap sendiri atau terserang panasnya temperatur tempat mesin. Tetapi bila menjadi es karena itu perlu dicemaskan.

Baca Juga  Indikator Bensin Motor Tidak Akurat: 6 Faktor Dan Perbaikan

Saat telah ada es pada bagian pipa itu, karena itu tidak berarti temperatur kabin mobil jadi tetap dingin, atau bahkan juga lebih dingin. Keadaan ini juga membuat evaporator ikut juga membeku. Hasilnya, saluran udara blower yang dihembuskan ke kabin mobil akan terhalangi hingga pendinginan jadi tidak optimal.

Peristiwa ini janganlah sampai Anda lupakan. Terutamanya saat kabin mobil tidak berasa dingin. Banyak yang berpikiran jika permasalahan AC mobil tidak dingin seperti umumnya karena permasalahan kondensor kotoran atau freon yang penting diisi. Walau sebenarnya pipa AC yang membeku menjadi satu diantara permasalahan yang bisa muncul.

Diatas adalah ulasan terkait pipa ac berembun pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -