Macam-Macam Hand Tool Dan Fungsinya: 35 Jenis

Macam-Macam Hand Tool Dan Fungsinya – Hand tool atau alat tangan adalah alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manual, baik di rumah, bengkel, maupun di tempat kerja lainnya. Peralatan hand tool sangat penting dalam melakukan pekerjaan yang membutuhkan presisi dan keahlian tertentu, seperti memperbaiki mesin, memasang furnitur, atau melakukan pekerjaan kayu.

Berbagai jenis hand tool tersedia untuk memenuhi kebutuhan spesifik dalam berbagai pekerjaan. Tiap jenis hand tool memiliki fungsinya sendiri yang tergantung pada kebutuhan penggunaannya. Beberapa hand tool yang umum digunakan di antaranya palu, obeng, tang, gergaji tangan, meteran, gunting, pencabut paku, dan lain-lain.

Dalam menjalankan tugas sehari-hari, alat tangan merupakan pelengkap yang penting. Dengan menggunakan alat tangan yang tepat, pekerjaan dapat selesai dengan cepat, akurat, dan lebih mudah. Oleh karena itu, pemahaman mengenai macam-macam hand tool dan fungsinya sangatlah penting, terutama bagi para pemula dalam dunia perbaikan atau kerajinan.

macam-macam hand tool dan fungsinya

Macam-Macam Hand Tool Dan Fungsinya

Terdapat berbagai jenis atau macam-macam hand tool dan fungsinya yang digunakan pada proses perbaikan dan perawatan kendaraan. Berikut adalah beberapa contoh atau macam-macam hand tool (alat tangan) dan fungsinya:

1. Palu

Macam-macam hand tool dan fungsinya yang pertama yaitu palu. Palu digunakan untuk memukul benda, seperti paku atau kayu, dan juga untuk mengencangkan paku agar rapat. Ada beberapa jenis palu yang berbeda, termasuk palu tukang kayu, palu pemukul, dan palu penjepit.

2. Obeng

Selain itu macam-macam hand tool dan fungsinya yaitu obeng.  Obeng digunakan untuk memutar atau mengencangkan baut dan sekrup. Ada berbagai jenis obeng dengan ukuran kepala yang berbeda untuk menyesuaikan jenis baut atau sekrup yang digunakan.

3. Tang

Alat tang digunakan untuk memotong kawat atau memegang benda kecil, atau untuk menggenggam dan menarik benda. Ada berbagai jenis tang, termasuk tang potong, tang hidung panjang, dan tang kombinasi.

4. Gergaji tangan

Selain itu macam-macam hand tool dan fungsinya yang lain adalah gergaji tangan. Gergaji tangan digunakan untuk memotong kayu atau bahan lainnya dengan gerakan bolak-balik. Ada berbagai jenis gergaji tangan, termasuk gergaji belah, gergaji balok, dan gergaji jigsaw.

5. Meteran

Contoh handtool yang berupa meteran digunakan untuk mengukur panjang atau jarak dengan presisi. Ada berbagai jenis meteran, termasuk meteran rol, meteran lipat, dan meteran laser.

6. Gunting

Alat gunting digunakan untuk memotong kain atau bahan yang lembut. Ada berbagai jenis gunting, termasuk gunting kain, gunting cukur, dan gunting kuku.

7. Pencabut paku

Jenis hand tool berupa pencabut paku digunakan untuk mencabut paku dari kayu atau benda lainnya dengan menggunakan kepala palu atau tang. Ada beberapa jenis pencabut paku, termasuk model dengan kepala runcing dan model dengan pengait.

8. Lemari besi

Contoh hand tool berupa lemari besi digunakan untuk membuka dan menutup baut dan sekrup dengan cepat dan mudah. Ada berbagai jenis lemari besi, termasuk model dengan kepala lebar dan model dengan kepala kembang.

9. Linggis

Alat linggis digunakan untuk memecahkan benda atau membuka pintu yang terkunci. Ada berbagai jenis linggis, termasuk model dengan kepala lancip dan model dengan kepala lebar.

Baca Juga  Proyeksi Isometri Adalah : Pengertian, Ciri, Dan Contohnya

10. Pisau belah

Pisau belah digunakan untuk memotong daging atau bahan makanan lainnya dengan teknik membelah. Ada berbagai jenis pisau belah, termasuk pisau belah daging, pisau belah roti, dan pisau belah sayur.

11. Obeng paku

Selain itu terdapat obeng paku digunakan untuk memasang dan melepas paku dari kayu atau benda lainnya. Obeng paku memiliki kepala khusus yang menempel pada kepala paku untuk memudahkan penggunaan.

12. Obeng kembang

Obeng kembang digunakan untuk membuka dan menutup baut dan sekrup dengan kepala kembang. Ada berbagai jenis obeng kembang dengan ukuran kepala yang berbeda untuk menyesuaikan jenis baut atau sekrup yang digunakan.

13. Pemotong kawat

Pemotong kawat digunakan untuk memotong kawat atau kabel dengan presisi. Ada beberapa jenis pemotong kawat, termasuk pemotong kawat diagonal dan pemotong kawat melingkar.

14. Gergaji belah

Peralatan berupa gergaji belah digunakan untuk memotong kayu atau bahan lainnya secara melintang. Ada berbagai jenis gergaji belah, termasuk gergaji belah tangan dan gergaji belah mesin.

15. Pahat

Contoh lain dari hand tool adalah pahat. Pahat digunakan untuk memahat kayu atau bahan lainnya dengan teknik mengukir. Ada berbagai jenis pahat, termasuk pahat lurus, pahat miring, dan pahat keriting. Pahat memiliki mata yang tajam dan digunakan dengan tangan atau palu kecil untuk memahat kayu dan menciptakan desain atau bentuk yang diinginkan.

16. Kunci pas

Alat handtools berupa kunci pas adalah alat yang digunakan untuk memutar mur atau baut. Kunci pas memiliki rahang yang dapat diatur, sehingga dapat digunakan untuk berbagai ukuran baut atau mur.

17. Kunci sok

Selain itu contoh hand tools yang lain yaitu kunci sok juga digunakan untuk memutar mur atau baut, namun memiliki bentuk yang berbeda dengan kunci pas. Kunci sok memiliki ujung yang lebih panjang, sehingga dapat digunakan untuk mengakses baut atau mur yang sulit dijangkau.

18. Kunci inggris

Adjustable wrench atau kunci inggris digunakan untuk memutar baut atau mur yang ukurannya tidak diketahui dengan pasti. Kunci ini memiliki rahang yang dapat diatur, sehingga dapat digunakan untuk berbagai ukuran baut atau mur.

19. Obeng plus dan minus

Macam-macam hand tool dan fungsinya yang lain adalah obeng. Obeng plus dan minus adalah alat yang digunakan untuk memasang atau melepas sekrup plus atau minus. Obeng plus memiliki kepala segitiga dengan tiga gigi, sedangkan obeng minus memiliki kepala rata dengan dua gigi.

20. Gergaji besi

Terdapat juga gergaji besi digunakan untuk memotong bahan logam seperti besi atau baja. Gergaji besi memiliki gigi yang tajam dan kasar, sehingga dapat memotong bahan logam dengan mudah.

21. Alat ukur

Alat ukur digunakan untuk mengukur ukuran benda, seperti meteran atau penggaris. Alat ukur juga dapat digunakan untuk mengukur sudut, seperti dengan menggunakan busur derajat atau inklinometer.

22. Gunting

Gunting digunakan untuk memotong bahan kain atau bahan lainnya yang tipis. Ada berbagai jenis gunting, seperti gunting kain, gunting rambut, dan gunting kuku.

23. Tang potong

Peralatan tang potong digunakan untuk memotong kawat atau kabel. Tang potong memiliki rahang yang tajam dan kuat, sehingga dapat memotong bahan dengan mudah.

Baca Juga  Fungsi Kondensor Pada Sistem Pengapian, & Cara Kerja

24. Palu penggaris

Selain itu terdapat palu penggaris digunakan untuk menempatkan paku pada bahan kayu dengan presisi yang tinggi. Palu penggaris memiliki ujung yang runcing dan pipih, sehingga dapat digunakan sebagai penggaris dan alat paku.

25. Palu pemecah

Selain itu terdapat Palu pemecah digunakan untuk memecahkan benda, seperti pecahan kaca atau kayu. Palu pemecah memiliki ujung yang lebih berat dan lebih lebar dari palu biasa.

26. Kikir

Peralatan hand tool berupa kikir digunakan untuk memoles atau menghaluskan benda dengan permukaan kasar, seperti kayu atau besi. Ada beberapa jenis kikir, termasuk kikir kasar dan kikir halus.

27. Bor

Contoh hand tools berupa Bor digunakan untuk membuat lubang pada bahan, seperti kayu, logam, atau beton. Ada berbagai jenis bor, termasuk bor tangan dan bor mesin, dan ada juga berbagai ukuran dan bentuk mata bor untuk berbagai jenis lubang.

28. Pemotong pipa

Macam-macam hand tool dan fungsinya yang lain adalah pemotong pipa. Pemotong pipa digunakan untuk memotong pipa, baik yang terbuat dari bahan logam atau plastik. Pemotong pipa biasanya memiliki bentuk seperti gunting, dengan mata potong yang tajam.

29. Tang

Tang digunakan untuk memegang benda yang sulit dijangkau atau benda yang berukuran kecil. Ada beberapa jenis tang, seperti tang lurus, tang pipih, dan tang bulat, yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

30. Sepatu roda

Selain itu terdapat sepatu roda yang digunakan untuk melepas atau memasang baut pada roda kendaraan. Sepatu roda biasanya terdiri dari soket, adaptor, dan handle, yang digunakan untuk memutar baut.

31. Pencabut paku

Selain itu terdapat pencabut paku digunakan untuk mencabut paku atau sekrup yang tertanam dalam bahan. Pencabut paku biasanya terbuat dari besi atau baja dan memiliki bentuk yang ramping dan ujung yang runcing.

32. Palu kayu

Jenis handtool palu kayu digunakan untuk memasang atau melepas paku pada bahan kayu. Palu kayu biasanya memiliki ujung yang pipih dan tajam, sehingga dapat digunakan untuk memasukkan paku pada kayu.

33. Pahat kayu

Alat hand tool pahat kayu digunakan untuk memotong atau membentuk bahan kayu. Pahat kayu biasanya terdiri dari bilah tajam dan pegangan yang kokoh, yang digunakan untuk memotong atau mengukir kayu.

34. Kunci pipa

Macam-macam hand tool dan fungsinya yang lain yaitu kunci pipa. Kunci pipa digunakan untuk memutar pipa atau fitting yang berbentuk bulat. Kunci pipa biasanya memiliki rahang yang dapat diatur, sehingga dapat digunakan untuk berbagai ukuran pipa.

35. Kunci inggris pipa

Macam-macam hand tool dan fungsinya yang terakhir adalah kunci inggris. Kunci inggris pipa digunakan untuk memutar pipa atau fitting yang berbentuk bulat. Kunci inggris pipa memiliki rahang yang dapat diatur, sehingga dapat digunakan untuk berbagai ukuran pipa.

Itulah beberapa contoh atau macam-macam hand tool dan fungsinya. Pastikan untuk selalu menggunakan alat dengan benar dan hati-hati untuk menghindari kecelakaan dan cedera.

Ayo Cilacap - - - -