Indikator V Belt Nmax Berkedip: Penyebab & Cara Memperbaiki

Indikator V Belt Nmax Berkedip – Indikator vbelt telah berkedip di Yamaha Nmax perlukah selekasnya melakukan pergantian. Lantas apa penyebab indikator v belt Nmax berkedip? Bagaimana cara memperbaikinya indikator v belt nmax berkedip?

Salah satunya feature dasbor Yamaha Nmax yaitu ada indikator pernyataan pergantian Vbelt. Nach jika angka telah memperlihatkan 25km umumnya indikator akan berkedip. Nach perlukah selekasnya lakukan pergantian?

V-belt sebagai salah satunya elemen yang harus jadi perhatian. Peranan V-belt sendiri yaitu untuk melanjutkan perputaran pulley sisi depan engine ke arah pulley belakang roda. Untuk memperjelas berkaitan indikator v belt Nmax berkedip baik penyebab dan cara memperbaiki akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

indikator v belt nmax berkedip

Indikator V Belt Nmax Berkedip

Indikator oli atau v belt pada featuree speedometer N-max akan berkedip jika periode waktu penggunaan OLI dan BELT harusnya usai. Ini sebetulnya cuma untuk pengingat untuk lakukan pergantian oli dan v belt. Sebagai pengingat rekomendasi bengkel resmi.

  1. Oli sekitaran 1500 km
  2. V belt sekitaran 20000 km

Tetapi yang bernama tehnologi itu memudahkan tidak perlu kita hitung kilometernya yang perlu klo sudah kedip karena itu perlu pengecekan. Dalam pada itu oli perlu langsung dilaksanakan pergantian, untuk v belt perlu dilaksanakan pengecekan keadaan. Tetapi alangkah seharusnya perlu dilaksanakan pergantian.

Cara Memperbaiki V Belt Nmax Berkedip

Terdapat beberapa cara untuk memperbaiki indikator v belt Nmax berkedip. Hal ini dapat dilakukan dengan cara penggantian dan melakukan reset. Berikut cara memperbaiki indikator v belt Nmax berkedip:

  1. Putar kunci contact ke ON
  2. Click tombol SELEC sampai bertemu tulisaan TRIP OLI /TRIP BLELT
  3. Jika sudah, tinggal pencet RESET sampai mulai indikator itu berkedip selanjutnya bebaskan dan pencet kembali RESET sampai indikator stop berkedip dan angka di indikator itu beranggak 0
  4. Seandainya tidak berhasil ulangi dari cara pertama.
Baca Juga  Remote PCX Tidak Berfungsi: 2 Penyebab & Cara Memperbaiki

Ganti V-Belt Nmax Sesudah Berapakah Km

Nach pemakaian V-belt pasti lebih gampang perawatannya cuma memberi pelumas dibanding dengan manual memakai rantai. Tetapi bagaimana dengan keadaan V-belt motor yang tertutup oleh cover ?? pasti ini pengendara harus cermat merasainya.

Selainnya mengganti oli mesin dengan teratur, keadaan V-Belt harus jadi perhatian dalam kegiatan rutin menjaga kendaraan. Khusus untuk motor Yamaha Nmax keadaan V-Belt dapat dilihat di speedometer. Masalahnya untuk motor matic, peranan V-belt ini sama dengan rantai.

V-belt dalam masalah ini harus ditukar bila jarak tempuhnya telah 20.000 km, lebih dari jarak itu, umumnya keadaan V-belt telah buruk dan tarikan motor akan berasa berat. Jika tidak ditukar , ngerinya akan putus di tengah-tengah jalan. Jika sudah putus, karena itu automatis motor telah tentunya tidak dapat jalan, walau keadaan motor itu hidup.

Bila terlajur terjadi permasalahan pada motor Nmax kalian, tentunya pergantian V-belt harus dilaksanakan. Untuk harga sah V-belt Nmax di bengkel Yamaha, di bandrol range Rp 100-130 ribu.

Cara Perawatan Pada V-Belt

Nach berikut beberapa panduan untuk lakukan perawatan pada V-belt motor salah satunya yakni:

1. Teratur Dengan Lakukan Pengecekan

Rutinlah dengan lakukan pengecekan pada ruangan sisi CVT “Continously Variable Timing” tiap kelipatan 8.000 km, pengecekan secara visual pada keadaan V-belt pendorong pada perpecahan dan getas.

Baca Juga  Ciri MAP Sensor Rusak : 10 Gejala Dan Ulasannya

2. Yakinkan Bebas Debu

Membersihkan ruangan sisi CVT dari kotoran dan debu, karena kotoran dan debu yang melekat bisa memengaruhi performa V-belt.

3. Dengan Memerhatikan Periode Gunakan

Kerjakan penggantian V-belt dengan teratur sama sesuai ketetapan periode gunakan dan jarak menempuh V-belt motor kalian. Selainnya lakukan perawatan pada V-belt motor kalian itu, sopanlah dalam berkendaraan, jauhilah memutar gas secara tiba-tiba agar sepeda motor kalian mempunyai kecepatan yang semakin tinggi. Ini akan memengaruhi periode menempuh V-belt kalian.

Diatas adalah ulasan terkait indikator v belt Nmax berkedip baik penyebab maupun cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.