Cara Menetralkan Motor Kopling: Prosedur Dan Ciri

Cara Menetralkan Motor Kopling Dengan Benar – Terkadang beberapa orang kesulitan untuk menetralkan motor yang menggunakan kopling manual. Padahal kalau sudah terbiasa sebenarnya ini hal yang mudah dilakukan. Lalu bagaimana cara menetralkan motor kopling?

Kerap kita kenali, belajar memakai motor kopling itu rupanya lebih sulit dibanding yang non kopling. Hal itu, mempunyai argumen yang bermacam. Namun, argumen yang paling menguasai dan khusus adalah umumnya kita tinggal mencapai pedal transmisi agar dapat pindah gigi.

Tetapi, untuk kopling sendiri Anda harus memakai pedal kopling yang ada pada tangan kiri, untuk sukses mengoper gigi motor. Untuk lebih jelasnya terkait cara menetralkan motor kopling akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara menetralkan motor kopling

Apakah itu Transmisi?

Sebelum mengetahui cara menetralkan motor kopling, maka perlu dipahami terkait transmisi. Tidak seluruhnya motor mempunyai transmisi yang sama. Minimal pada dasarnya, ada tiga transmisi motor: automatis, manual, dan kopling. Masing-masing tranmsisi punyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk Anda yang ingin tahu detilnya, baca tulisan berikut ini:

1. Transmisi Automatis

Di jaman saat ini, motor dengan transmisi automatis sangat maju. Hampir semua sepeda motor yang berseliweran di jalan, umumnya bertransmisi automatis. Sebutlah saja Honda Beat, Yamaha Mio, Nmax, Aerox, Suzuki Nex, dan sebagainya.

Penyebutan transmisi automatis, karena tidak memerlukan peralihan gigi oleh pengendara. Maka ada proses khusus hingga motor tetap meluncur, cukup dengan dengan modal tuas gas dan rem.

Motor bertransmisi automatis punyai banyak jenis. Ada yang memercayakan mekanisme continuously variable transmission (CVT) dan dual clutch transmission (DCT). Umumnya motor di Indonesia gunakan CVT. Sementara dual clutch cuma sedikit saja, terutamanya produk premium.

Untuk CVT, tidak ada peralihan gigi. Prosesnya memakai v-belt dan pulley yang sesuaikan dengan perputaran mesin.

Ciri ciri khas motor dengan transmisi automatis, umumnya tidak mempunyai pedal rem di kaki. Perannya diganti semuanya oleh tuas rem yang berada di setang. Tuas samping kanan untuk rem depan, sementara tuas kiri khusus rem belakang.

2. Transmisi Manual

Motor bebek di Indonesia banyak memakai transmisi manual. Elemen yang menjadi ciri ciri khas transmisi manual adalah ada pedal transmisi di samping kiri mesin. Sementara pedal di kanan mesin untuk rem.

Ciri seterusnya, tidak ada tuas di setang samping kiri. Di setang kanan masih tetap ada tuas untuk rem depan. Transmisi manual motor, bekerja cukuplah sederhana. Anda hanya perlu pijak pedal transmisi sisi depan untuk meningkatkan gigi. Putar selongsong gas, karena itu motor langsung meluncur.

Baca Juga  Cara Mengendarai Motor Kopling: Saat Macet, Di Tanjakan & Turunan

Jika ingin meningkatkan gigi, tutup gas, selanjutnya pijak kembali pedal transmisinya. Demikian selanjutnya. Skema simpel transmisi motor manual adalah N-1-2-3-4.

Jika ingin turunkan gigi transmisi, triknya lebih kurang serupa. Tutup gas, selanjutnya pencet tuas atau pedal rem supaya motor melamban. Kemudian tinggal pencet pedal transmisi sisi belakang. Paling akhir putar selongsong gas kembali agar motor meluncur.

3. Transmisi dengan Kopling Manual

Sebetulnya cara kerja transmisi dengan kopling manual, tidak jauh berbeda dari transmisi manual. Paling menonjol bisa kelihatan secara nyata, di setang samping kiri ada tuas kopling.

Skema gigi di motor kopling manual berbeda. Simpelnya 1-N-2-3-4-5 . Maka status netral berada di tengahnya gigi satu dan dua.

Apa sich buat tuas kopling? Elemen ini bekerja memutuskan dan menyambungkan perputaran mesin dari kutub engkol ke transmisi. Saat kopling didesak, perputaran mesin diputus dan tidak dapat tersalurkan sama sekalipun. Akhirnya motor tidak meluncur, walau mesin telah meronta-ronta.

Kelebihan transmisi jenis ini, Anda punyai kendalian penuh dalam peralihan gigi transmisi. Lebih istimewanya kembali, proses peralihan gigi bisa dilaksanakan secara lembut dan cepat. Karena tersebut, kopling manual sering digunakan di motor sport atau balap.

Beberapa motor yang gunakan kopling manual adalah Yamaha MT-15, Honda CBR150R, Kawasaki W175. Umumnya pada mereka disebutkan sebagai motor laki.

Jenis Gigi Pada Motor Kopling

Nach, untuk Anda yang baru coba belajar berkendaraan motor kopling, tidak boleh takut, karena hanya ada banyak yang belum demikian pintar untuk menetralkan remnya. Jika Anda masih sangsi untuk meneruskannya, alangkah sebaiknya dapat memerhatikan keterangan di bawah ini.

Saat sebelum kita berlanjut ke ulasan berkenaan bagaimana triknya atau cara untuk menetralkan motor kopling, perlu Anda kenali lebih dulu, beberapa jenis pedal atau personil gigi.

Ada banyak jenis pemakaian untuk pedal gigi kiri. Dan untuk cara mengoperkannya, kadang ada mekanisme rotary, N-1-2-3-4-5. Tetapi, ada pula 1-N-2-3-4-5.

Untuk rotary sendiri, cara menetralkan motor kopling benar-benar gampang. Masalahnya Anda cuma perlu mencapai tuas kopling ke sisi depan, agar dapat naik gigi

Dan untuk turunkan, karena itu pijak saja di bagian belakangnya. Umumnya, cara itu akan kita jumpai pada old Jupiter MX.

Baca Juga  Mesin Mobil Brebet di RPM Tinggi: 11 Penyebab & Perbaikan

Selanjutnya untuk 1-N-2-3-4-5, kemungkinan dapat disebutkan lebih sulit dibanding type yang awalnya. Supaya Anda dapat naik ke gigi satu, karena itu pekerjaan Anda mencapai tuas di bagian depan. Berlainan dengan cara dari 1 sampai dengan 5. Anda harus, mencapai tuas di bagian belakangnya. Hal itu akan Anda jumpai, pada New Vixion.

Cara Menetralkan Motor Kopling

Berlanjut ke ulasan cara menetralkan rem kopling. Tidak boleh cemas, karena triknya sangat gampang. Tetapi, seharusnya yakinkan motor Anda, betul-betul pada kondisi netral. Agar motor tidak lompat sendiri, walau sebenarnya Anda tidak siap sama sekalipun.

Cara untuk menetralkan atau mencari status gigi agar netral sangat gampang. Pokoknya, ada di tengah di antara gigi satu dan dua. Atau 1-N-2-3-4-5. Dengan begitu, agar Anda dapat menetralkan, Anda harus tekan tuas kopling.

Disamping itu, Anda harus juga mencapai pedal transmisi yang ada di bagian depan. Kerjakan hal itu, sampai tidak bisa ganti gigi.

Seterusnya, Anda harus juga mencongkel pedal ke arah atas. Tapi, Anda bisa juga mencapai pedal ke belakang sambil masih tetap dengan tekan tuas koplingnya. Tetapi, tidak boleh kelamaan. Masalahnya hal itu bila Anda kerjakan, maka membuat masuk ke gigi dua.

Supaya lebih gampang kembali, Anda bisa juga memberi sedikit dorongan motor di depan. Karena itu, sudah tentu cara menetralkan motor kopling Anda itu, sukses.

Ciri Ciri Motor Kopling Telah Netral

Nach, untuk menambahkan keyakinan Anda, jika cara menetralkan motor kopling betul-betul sukses. kenalilah ciri-cirinya, sebagai berikut ini.

Paling penting ciri-cirinya adalah, huruf N pada panel instrumennya berpijar. Untuk menambah pengetahuan Anda, saat motor masih baru, namun giginya tidak netral atau masuk. Tidak dapat kita starter karena argumennya adalah, agar tidak meloncat.

Nach, untuk Anda beberapa pemula, sangat penting hukumnya untuk memerhatikan keterangan berkenaan cara menetralkan motor kopling itu. Agar Anda dapat cepat dapat saat belajar motor kopling dan selamat.

Walau demikian, namun bukan itu factor yang hendak memberikan dukungan Anda, agar dapat belajar berkendaraan secara cepat. Tetapi usaha yang optimal sebagai cara menetralkan motor kopling.

Diatas adalah ulasan terkait cara menetralkan motor kopling, ciri ciri motor kopling netral. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.