Gigi Motor Tidak Bisa Netral: 7 Penyebab Dan Perbaikan

Penyebab Dan Perbaikan Gigi Motor Tidak Bisa Netral – Salah satunya masalah sepeda motor dengan kopling manual seperti motor sport adalah kadang sulit netral. Lalu apa penyebab gigi motor tidak bisa netral? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Perseneling atau gear sulit dinetralkan pasti membuat emosi. Perseneling berasa keras dan saat usaha dinetralkan dari gear 1 eh terlalu ke gear 2 atau kebalikannya, saat motor sulit netral kemungkinan langsung akan berasumsi jika oli mesinnya kurang pas.

Penyakit sulit netral memang banyak sekali dirasakan dan dipandang lumrah wajar saja khususnya untuk pemakai motor sport atau bebek sport yang umumnya memakai kopling manual. Tidak hanya terjadi pada motor motor yang cukup berusia saja, gigi sulit netral bisa terjadi pada motor baru.

Penyebab gigi perseneling motor sulit netral. Di atas telah disebutkan penyakit yang ini telah dipandang biasa-biasa saja untuk beberapa biker karena mereka memandang ini tidak terlampau mengusik. Untuk lebih jelasnya terkait gigi motor tidak bisa netral baik penyebab dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

gigi motor tidak bisa netral

Gigi Motor Tidak Bisa Netral

Keadaan saat persneling atau gigi motor jadi keras sehingga sulit netral pasti membuat pengalaman berkendaraan jadi tidak nyaman. Apa lagi bila ini terjadi saat masih juga dalam perjalanan. Berikut beberapa faktor penyebab gigi motor tidak bisa netral yaitu:

1. Setelan baut kurang pas

Penyebab pertama gigi motor tidak bisa netral yaitu setelan yang tidak pas. Baut dan mur pada persneling perlu ditata secara benar. Karena penataan baut dan mur ini tidak boleh terlampau rapat atau renggang. Penataan kerenggangan memerlukan ketentuan khusus yang bisa berpengaruh pada akselerasi motor.

Saat baut dan mur ditata dalam jarak yang cukup sempit, karena itu peralihan gigi bisa berasa lebih empuk tetapi akselerasinya sedikit menyusut. Hal ini berlaku kebalikannya. Saat kerenggangan dibikin cukup kendur, karena itu peralihan gigi bisa cukup susah. Ini dikarenakan oleh batang kampas belum juga ada di status optimal.

Baca Juga  Reset ECU Transmisi Matic: 9 Prosedur Dan Ulasan

2. Arm kopling hancur

Kerusakan yang terjadi pada arm kopling bisa menjadi satu diantara penyebab gigi motor sulit netral. Ada dua peluang yang bisa terjadi saat arm kopling ini hancur. Peluang pertama yaitu perseneling lebih keras, dan peluang yang ke-2 peralihan perseneling bisa lebih los atau loncat-loncat.

3. Clutch cover tidak berperan

Sisi cluth cover yang tidak berperan bisa membuat performa perseneling motor kurang optimal. Pertanda yang termudah dikenal yaitu karena ada bunyi saat peralihan gigi. Seharusnya Anda selekasnya periksakan keadaan motor yang semacam ini ke arah tempat servis paling dekat

4. Per Kopling Patah

Peer atau pegas perseneling yang patah yang mengakibatkan membuat gigi motor sulit netral. Bahasa gampangnya bila perseneling didesak ke depan karena tetap dimuka dan tidak kembali keposisi sebelumnya.

Untuk mengembalikannya pada status awalnya harus menggerakannya lewat cara manual. Untuk melakukan perbaikan juga cukup menukar peer / pegas perseneling, tetapi masalahnya part itu cukup sulit untuk diketemukan.

5. Check Plat Kopling

Bila onderdil arm penggerak tidak diketemukan ada permasalahan, karena itu check dan check plat kopling. Bila sisi elemen ini telah kelihatan meliuk, karena itu status kerenggangan kampas kopling bisa jadi kurang optimal. Maka dari itu gear boks yang bekerja dan berputar-putar akan menyulitkan batang berpindah drum pemindah gigi.

6. Setel kopling

Penyebab gigi perseneling motor sulit netral yang selanjutnya adalah setingan dari jarak main kopling. Umumnya kita akan menseting kopling motornya dalam jarak yang pendek, maksudnya supaya tuas kopling berasa enteng saat ditarik dan tangan tidak cepat pegal bila di hadapkan pada jalan yang macet.

Tetapi bila dengan mengubah jarak main kopling motor justru mengakibatkan perseneling sulit di statuskan netral pasti dampaknya sama juga. Keduanya sama membuat pegal tangan kiri dan kaki karena harus berkali kali mengoperkan gigi agar masuk ke status netral. Saat jarak tuas koplingnya dibuat sedikit jauh sekitaran 2 sampai 2,5an cm bisa dengan gampangnya menetralisir gear pada keadaan stop sekalinya

Baca Juga  Gejala Yang Timbul Apabila Booster Rem Bocor : 5 Tanda

7. Oli Pelumas

Penyebab paling akhir dan sederhana dari gigi motor tidak bisa netral adalah oli mesin telah turun kekuatan nya. Umumnya sesudah tukar oli perseneling normal kembali atau bisa dengan menukar oli yang sedikit encer hal ini bisa memengaruhinya.

Bila oli telah di tukar tetapi perseneling teman – teman masih tetap sulit untuk dikembalikan pada status netral, coba cek dan setel tuas kopling, jarak main pada tuas kopling memang memengaruhi dari performa perseneling sebagai pemindah gigi

Cara Memperbaiki Gigi Motor Tidak Bisa Netral

Setelah mengetahui berbagai faktor penyebab gigi motor sulit netral maka perlu diketahui pula cara memperbaiki. Berikut ini adalah cara memperbaiki gigi persneling motor yang keras dan tidak bisa netral yang bisa kamu kerjakan salah satunya yaitu:

1. Panasi Mesin Motor

Cara pertama untuk mengatasi gigi motor tidak bisa netral yaitu rajin memanaskan motor. Kerjakan ini saat waktu pagi hari upayakan memanasi mesin sekitaran 3 menit. Check bila mesin panas bisa dengan menarik gas dikit demi sedikit dan setahap, bila mesin responsif karena itu mesin cukup panas.

2. Penggunaan Oli Yang Bagus dan Berkualitas

Yakinkan oli yang dipakai untuk mesin oli asli yang berkualitas agar pemulasan mesin bagus. Baca manual mesin motor untuk tipe oli yang pas untuk motor kamu.

3. Check Kabel Kopling

Kabel kopling motor harus pada keadaan sempurna dan di setel secara baik. Tidak boleh terlampau lembek dan tidak boleh teralu keras.

Diatas adalah ulasan terkait gigi motor tidak bisa netral baik penyebab dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.