Fungsi Bendik Starter: Peran, Cara Kerja, Dan Perbaikan

Fungsi Bendik Starter Dan Cara Kerja – Bendik starter atau switch starter merupakan bagian penting pada sistem starter sepeda motor. Lalu apa fungsi bendik starter? Bagaimana cara kerjanya?

Bendik stater atau bendik starter lebih dikenal sebagai relay starter. Komponen yang ini kerap ada di kendaraan sepeda motor yang mengimplementasikan tipe starter automatis atau starter elektrik.

Tanpa adanya bagian ini maka motor starter akan cepat rusak. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi bendik starter, cara kerja, ciri ciri kerusakan, dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi bendik starter

Fungsi Bendik Starter

Saat sebelum mengulas selanjutnya tentang cara kerja, maka perlu dipahami terlebih dahulu terkait fungsi dari bendik starter. Sama seperti yang sudah diterangkan diawal, jika bendik disebut juga dengan switch starter. Pada intinya, di antara bendik stater pada kendaraan beroda 4 dengan beroda 2 mempunyai fungsi yang serupa.

Di mana fungsi dari bendik starter adalah sebagai pengontrol arus listrik pada kendaraan, baik itu dalam soal menghubungkan atau memutuskan arus yang mengalir ke bagian motor starter.

Dapat disebut, bendik starter nanti akan digunakan sebagai saklar untuk kendaraan motor, yang menyambungkan atau putuskan tegangan listrik dari accu buat diteruskan ke dinamo.

Fungsi dari bendik stater adalah untuk memantik dinamo stater supaya ingin bekerja. Bendik stater sendiri akan mengairi listrik pada dinamo stater sesudah tombol stater pada motor atau kunci stater pada mobil didesak atau diputar.

Baca Juga  Komponen Gearbox: 8 Bagian Dan Ulasan

Bendik atau relay yang ini memang termasuk penting, karena bila bendiknya rusak, karena itu bisa ditegaskan jika mekanisme stater elektrik tidak bekerja dengan normal. Bagian ini mengubungkan kutub positif dari accu dan kutub negatif pada dinamo stater.

Cara Kerja Bendik Starter

Setelah mengetahui fungsi dari bendik starter maka perlu dipahami terkait cara kerjanya. Cara kerja bendik starter seperti saklar manual yang hendak menyambungkan rangkaian listrik. Karena itu bendik ini harus mempunyai pin atau connector yang selalu baik saat dilewati tegangan listrik. Hal ini berguna gara pengapian awal atau dapat memacu mesin supaya hidup dengan elektrik starter bisa berjalan baik.

Pada umumnya memang jika disaksikan cara kerja bendik motor starter ini simpel, seperti switch secara umum berfungsi untuk hidupkan motor pertama kalinya. Tetapi jika ditelaah lebih jauh pasti ada sesuatu hal menarik mengenai switch ini, yang memungkinkannya kita ketahui lebih jauh berkenaan instalasi kelistrikan.

Cara Mengecek Bendik Starter Yang Rusak

  1. Langkah-langkah pastikan jika bendik yang rusak:
  2. Pastikan accu pada kondisi baik, bisa diukur memakai avometer
  3. Pastikan dinamo masih tetap baik, ini bisa dijumpai dengan dengarkan perputaran dinamo itu, jika kasar bisa saja rusak.
  4. Atau disaksikan secara fisik jika spul terbakar memiliki arti rusak, atau justru putus
  5. Memeriksa keadaan bendik, memakai multimeter masihkah mempunyai susunan ikatan yang baik atau telah rusak. Jika memang ditegaskan bendik rusak, karena itu kita bisa melepaskannya lebih dulu dengan melepaskan connector atau socket.
  6. Dan buka bagian dari bendik itu, memeriksa setiap connector dan pin berfungsi secara baik, jika perlu karena itu kita bisa menggosoknya dengan amplas supaya ikatan antar connector bisa terhubung secara baik hingga bisa mengantarkan tegangan listrik tanpa masalah.
Baca Juga  Fungsi Backing Plate Pada Rem Tromol & Ulasan

Cara Memperbaiki Bendik Starter

Selesai Anda memeriksa kondisi bendik starter dan menentukannya sudah rusak, karena itu seterusnya yaitu dengan mengaplikasikan cara untuk memperbaikinya. Cara memperbaiki bendik starter yang rusak diantaranya yaitu:

  1. Pertama tama, bebaskan penyambung kabel elektrik bendik yang berbentuk mur di ke-2 bagian terminalnya dengan memakai solder.
  2. Selanjutnya, membuka bagian bodi switch starter dan bebaskan secara perlahan-lahan.
  3. Jika sudah lepas, seterusnya kerjakan pengamplasan pada tiap ujung kutub atau terminal yang ada dalam bendik stater mobil. Ini mempunyai tujuan untuk membersihkan bagian bendik yang sudah berkarat atau kotor. Dengan cara ini, saluran tegangan listrik yang ada pada switch starter akan lebih baik.
  4. Saat membuka, pegas akan kelihatan didalamnya. Pengujian keadaan bendik stater, Anda dapat berusaha untuk meregangkan pegas itu. Cara memperbaiki bendik starter yang satu ini harus dilaksanakan secara berhati-hati. Karena jika tegangan terlampau kuat, karena itu pegas akan patah dan menambahkan kerusakan pada bendik stater.
  5. Tahapan paling akhir yaitu lakukan penempatan penutup switch starter yang awalnya dilepas.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi bendik starter, cara kerja, ciri ciri kerusakan, dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.