Starter Motor Nyala Tapi Mesin Tidak Hidup: 5 Penyebab

Starter Motor Nyala Tapi Mesin Tidak Hidup – Apa penyebab starter motor nyala tapi mesin tidak hidup? Kejadian seperti ini sangat sering terjadi terutama pada motor keluaran lama.

Permasalahan ini bisa disebabkan karena banyak hal. Misalnya seperti dinamo starter yang alami permasalahan, busi yang telah tidak bagus, atau beragam permasalahan yang lain yang membuat mobil tidak dapat berpijar.

Alami permasalahan ini sudah tentu membuat Anda kebingungan. Mobil tidak dapat dihidupkan sampai perlu selekasnya memperoleh service yang terbaik. Tetapi sebelumnya, kenali lebih dulu beragam penyebab dari permasalahan ini.

Jadi apa penyebab dari permasalahan ini? Untuk lebih jelasnya terkait starter motor nyala tapi mesin tidak hidup akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

starter motor nyala tapi mesin tidak hidup

Starter Motor Nyala Tapi Mesin Tidak Hidup

Beberapa ciri dari permasalahan ini adalah mesin tidak bereaksi saat kunci contact diputar ke status `ON`. Sesudah di-cek, accu (battery) baik saja. Jalinan dan keadaan terminal-terminal accu bagus. Motor starter juga tidak memiliki masalah.

Jika semua elemen ini normal-normal saja, janganlah lupa untuk mengecek kabel-kabel pada sistem starter. Bisa saja, alat yang berperan mengantarkan listrik ini mulai ringkih. Kabel yang ringkih akan memiliki nilai tahanan berlainan. Karena seterusnya, saluran listrik ke motor starter terhalang. Automatis, motor starter tidak bereaksi saat kunci contact dibalik-balik berulang-kali.​​​​​

Baca Juga  Efek Thermostat Radiator Dilepas: 4 Akibat Dan Ulasan

Berikut penyebab starter motor nyala tapi mesin tidak hidup:

1. Busi Kotor atau Telah Mati

Faktor pertama penyebab starter motor nyala tapi mesin tidak hidup adalah busi. Busi adalah salah satunya elemen di kendaraan motor yang ada periode memakainya yaitu sekitaran 8.000 Km – 10.000 Km. Apabila sudah melalui periode gunakan di atas atau kita menuka busi dengan detail yang tidak sama sesuai, karena itu dampaknya adalah api di busi jadi tidak baik dan membuat motor cuman dapat distarter tapi mesin tidak segera hidup.

Busi ini yang menjadi satu diantara penyebab paling banyak dari permasalahan starter hidup tapi mesin tidak berpijar. Bila kerusakannya adalah pada busi, karena itu kita tinggal terlepas busi dan menukarnya dengan detail yang tepat.

2. Bensin Habis

Bensin menjadi satu diantara penyebab tersering di mana motor mati sesudah bensinnya habis. Tanda-tanda dari bensin habis ini lebih kurang hampir serupa dengan busi yang mati, yaitu starter motor hidup akan tetapi mesin tidak mau nyala.

3. Bensin Tercampur Air atau Tidak Sama sesuai

Bensin tercampur air, berisi pasir, atau jangan-jangan kita justru isi solar? Ini betul-betul dapat menerpa kalian bila kita isi bensin motor di lokasi yang tidak paling dipercaya. Yakinkan kita isi bensin di lokasi yang paling dipercaya supaya terbebas dari permasalahan di bidang mesin.

Baca Juga  Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk: 11 Faktor & Perbaikan

4. Karburator atau Injektor Kotor

Yang menjadi satu diantara penyebab dari starter hidup tapi mesin tidak hidup adalah karburator maupun injektor yang kotor. Ini sempat juga kami alami, umumnya penyebab dari injektor atau karburator kotor adalah karena bensin tidak berkualitas (kotor, berisi air, dll) atau kita open penyaring udara.

5. Kerusakan Di Dalam Mesin

Penyebab terakhir starter motor hidup tapi mesin tidak menyala adalah adanya kerusakan pada mesin. Ini benar-benar menakutkan dan menjadi yang terberat antara kerusakan di atas. Walau jarang ada, tapi bisa saja pengalaman kami yang ini menerpa kalian.

Salah satunya kerusakan dalam mesin yang mengakibatkan starter hidup tapi mesin malas berpijar adalah klep bengkok, rantai keteng, dan lain lain.

Diatas adalah ulasan terkait starter motor nyala tapi mesin tidak hidup. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.