rapido adalah

Rapido Adalah : Pengertian, Fungsi, Bagian, Dan Cara Menggunakan

Rapido Adalah – Rapido adalah salah satunya perlengkapan dalam gambar tehnik. Rapido ini dipakai oleh beberapa mekanik gambar tehnik professional karena menggunakan tinta tetap. Oleh karenanya jangan terjadi kekeliruan pada proses menggambar saat menggunakan rapido.

Sesungguhnya fungsi rapido hampir serupa dengan pensil. Tetapi pada pemakaiannya seringkali dkarenakan sanggup hasilkan gambar yang lebih terang dan detil. Untuk memperjelasnya berkenaan fungsi rapido, komponen rapido, ukuran rapido, cara menggunakan rapido, dan perawatan rapido akan diulas lebih komplet pada artikel di bawah ini.

rapido adalah

Pengertian Rapido

Rapido adalah alat pada gambar teknik dengan fungsi menggambar garis seperti pensil. Tapi rapido tidak menggunakan grafit, tapi menggunakan tinta masih tetap yang khusus. Rapido memiliki beberapa ukuran dan telah disetarakan dengan ketetapan standar ISO.

Pada Gambar di atas, dipertunjukkan beberapa ukuran mata rapido. Besarnya ukuran-ukuran itu salah satunya:0.10, 0,13,0.18,0.20, 0.25, 0.30,0.35, 0.40, 0.50, 0.60, 0.70, 0.80, 1.0. Satuan ukuran dari rapido yaitu mm (milimeter).

Alat ini digunakan untuk menggambar teknis dengan gambar tinta. Contoh penggunaan Rapido adalah bikin gambar asli ke kertas kalkir. Secara umum, Rapido kerap digunakan dalam desain gambar teknik di bidang permesinan, teknik kelistrikan, teknik konstruksi, bangunan dan konstruksi sipil. Oleh karena itu, rapido betul-betul cocok untuk pembuatan gambar teknik.

Untuk calon juru gambar atau drafter, pengetahuan berkenaan alat gambar seperti rapido penting, karena gambar yang dibuat oleh juru gambar menggunakan banyak garis dengan ketebalan lainnya, dan gambar teknik yang dibuat dengan rapido digunakan sebagai master.

Fungsi Rapido

Rapido atau rapidograph adalah salah satunya perlengkapan pada gambar tehnik yang mempunyai fungsi menggambar garis seperti pensil. Tetapi pada alat rapido tidak menggunakan grafit, tapi menggunakan tinta masih tetap yang khusus. Oleh karenanya hasil gambar tehnik makin lebih tahan lama dibandingkan dengan menggunakan pensil saja.

Rapido memiliki berbagai ukuran dan telah disetarakan dengan ketetapan standar ISO. Ukuran rapido ini diperbedakan lewat mata rapido. Besarnya ukuran dari mata rapido yakni terbagi dalam 0.10 sampai 2.0. Unit unit dari ukuran mata dari rapido adalah mm (milimeter).

Baca Juga  Komponen Distributor : 9 Bagian Dan Ulasannya

Contoh pemakaian rapido adalah mengalihkan atau bikin gambar asli ke kertas kalkir. Rapido kerap digunakan pada gambar tehnik dalam beberapa sektor pekerjaan. Pengetahuan berkenaan alat gambar seperti rapido penting, karena gambar yang dibuat oleh juru gambar menggunakan banyak garis dengan ketebalan lainnya, dan gambar tehnik yang dibuat dengan rapido.

Bagian-Bagian Rapido

Rapido adalah satu peralatan khusus yang penting untuk pembuatan desain/ gambar teknik di bagian desain teknik. Rapido ini terbagi dalam beberapa bagian yang mempunyai fungsi yang berbeda. Untuk memperjelasnya berikut sebagai bagian sisi rapido:

  1. Tutup berperanan membuat pelindungan mata rapido setelah selesai digunakan. Selain itu berperanan untuk menjaga tinta yang ada pada mata rapido masih pada keadaan basah.
  2. Mata rapido adalah segi yang berperanan untuk mengeluarkan tinta. Mata rapido berupa pipa dengan diameter detil, sampai ukuran rapido ditegaskan oleh ukuran diameter pipa yang digunakan.
  3. Tabung tinta adalah tempat tampungan tinta rapido yang digunakan untuk menggambar.
  4. Ikatan digunakan untuk menghubungkan antara mata rapido dengan tabung tinta. Pada sisi luar ikatan ada ulir yang berguna untuk menyambungkan dengan badan rapido dan tutup rapido.
  5. Rumah pena dipakai membuat perlindungan beberapa komponen dari rapido.
  6. Batang rapido dipakai sebagai pegangan saat rapido dipakai

Ukuran Rapido

Ukuran rapido ini bisa disaksikan lewat ukuran mata rapido yang telah dipersamakan lewat ISO. Pada ukuran rapido berbagai macam dimulai dari ukuran paling kecil adalah sebesar 0.1 mm dan ukuran terbesar adalah 2 mm. Dari beberapa ukuran itu mempunyai wujud yang hampir serupa hingga perlu cara untuk membandingkannya yakni lewat warna. Untuk memperjelasnya berkenaan ukuran rapido bisa lewat gambar berikut ini:

ukuran rapido

Cara Menggunakan Rapido

Cara menggunakan rapido sesungguhnya hampir serupa dengan pensil. Bedanya cuman berada pada rapido yang cuman sekali gores. Maknanya jika menggambar menggunakan rapido jadi tidak dapat dihapus jika terjadi kekeliruan.

Baca Juga  Ciri Ciri Switch Temperatur Mobil Rusak : 5 Ciri & Ulasan

Pemakaian rapido dalam membuat gambar teknik yakni setelah membuat sketsa dengan menggunakan pensil. Maknanya pemakaian rapido cuman dipakai untuk memperjelas/menebalkan sketsa gambar yang telah dibuat awalannya. Pada penggunaannya rapido memerlukan ketelitian, kehati-hatian, dan kesabaran, dan menghindari kesalahan dalam menggambar. Ada banyak cara menggunakan rapido salah satunya yakni:

cara menggunakan rapido

  1. Mata rapido ditempelkan pada tempat/segi yang bakal digambar dan tidak boleh kelamaan tempatkan mata rapido pada satu titik (diam). Karena saat ujung (mata rapido) menempel pada kertas, karenanya tinta mulai mengalir dan keluar. Pada status ini diusahakan status rapido membuat sudut 60° -80° dari bidang datar.
  2. Ambil rapido yang perlahan dengan kecepatan konstan (lebih perlahan-lahan dibandingkan saat menggambar dengan pensil). Ini diperuntukkan untuk mendapat ketebalan garis yang rata/sama. Dengan tehnik ini karena itu tinta rapido akan mengalir secara konstan. Disamping itu harus dibarengi dengan kecepatan menarik rapido yang konstan. Bila demikian cepat menarik rapido, karenanya garis gambar berbeda (jadi kecil/menyempit). Sebaliknya, yang bila demikian lambat menariknya, karenanya garis dibikin menjadi demikian tebal (memblok).
  3. Dalam menarik rapido diusahakan dengan sekali tarikan, dan seharusnya menghindari tarikan yang berkali-kali (maju-mundur). Ini diperuntukkan untuk menghindari ada garis yang bersusun dan garis double.
  4. Bila tinta yang keluar kurang lancar (tidak normal), karenanya angkatlah rapido lalu goyang goyangkan secara horizontal, seterusnya coba dipakai balik lagi. Jika belum lancar dapat diulang balik lagi gerakan awalnya.
  5. Saat menggambar, biasanya ada beberapa sisa tinta yang menempel pada mata rapido. Sampai harus dibersihkan dengan cara mengusap mata rapido menggunakan tisu.

Di atas sebagai ulasan berkenaan rapido dimulai dari fungsi rapido, bagian rapido, dan cara menggunakan rapido. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion