Efek Paking Head Motor Bocor: 5 Tanda Dan Ulasan

Efek Paking Head Motor Bocor – Paking head motor sebagai sisi penting dari mesin. Tetapi kadang ada banyak efek atau tanda-tanda yang diakibatkan jika paking head ini alami kebocoran. Lantas apa efek paking head motor bocor?

Paking atau gasket sendiri mempunyai peranan sebagai perekat di antara head silinder, block mesin dan crankcase. Ini mempunyai tujuan supaya tidak ada kebocoran salah satunya ikata head dan block mesin.

Tetapi bersamaan penggunaan, paking atau gasket dapat alami kerusakan dan bisa memunculkan bermacam efek negatif. Untuk memperjelas berkaitan efek paking head motor bocor akan dibahas pada artikel berikut.

efek paking head motor bocor

Efek Paking Head Motor Bocor

Apabila paking head bocor maka kompresi mesin yang bocor, terjadi overheat atau paling kronis mesin bobol karena kekurangan oli atau kekurangan cairan radiator.

Apabila mesin sudah tidak standar, sudah tentu perlu gunakan paking tembaga atau aluminium bikinan aftermarket yang kekuatannya lebih bagus dari paking kertas bawaan pabrik. Berikut gejala atau efek apabila paking head motor bocor yaitu:

1. Ada Rembesan Oli

Sebenarnya tidak susah untuk ketahui keadaan packing block silinder mesin masih bagus atau telah bocor dapat disaksikan langsung penampilannya. Istilah mesin kering memiliki arti paking block silinder mesin masih aman, dan jika disekitaran mesin terlihat seakan ada serapan basah maknanya telah ada kebocoran

Baca Juga  Ciri Ciri Water Pump Rusak : 7 Gejala Dan Ulasannya

2. Tenaga Turun

Selain itu tanda paking head di mesin motor bocor juga dapat menyebabkan tenaga turun. Hal ini karena bagian ini berperan jaga kompresi mesin dan menahan oli atau cairan radiator rembes keluar mesin atau masuk ke ruangan bakar.

Secara penampilan ada serapan cairan yang terlihat pada bagian luar mesin, perform mesin motor juga umumnya akan terjadi pengurangan bila terjadi kerusakan atau kebocoran pada paking.

3. Volume Oli mesin menyusut

Disamping itu, volume oli mesin dapat semakin cepat menyusut bila terjadi kebocoran pada paking block silinder. Hal ini dikarenakan adanya gejala dari paking head motor yang bocor. Akibatnya oli akan keluar melalui celah di bagian ini dan lama kelamaan akan habis apabila oli tidak diganti.

4. Air radiator bersatu oli

Buat motor dengan pendingin cairan atau radiator, oli mesin dan coolant dapat bersatu jika paking block mesin telah ada kebocoran.

Dampaknya warna oli akan berbeda dan membuat peranan pemulasannya jauh menyusut. Disamping itu, performa mekanisme pendinginan pasti akan terusik yang dapat buat mesin mudah panas atau overheat.

5. Mesin Overheat

Gejala terakhir dari paking head motor yang bocor adalah overheating. Hal ini dikarenakan sistem pendingin radiator yang tidak bekerja maksimal akibat bercampur dengan oli. Selain itu jumlah oli yang berkurang juga akan menurunkan daya serap komponen mesin terhadap panas yang dihasilkan akibat pembakaran.

Baca Juga  Starter Mobil Tidak Nyangkut: 5 Penyebab Dan Cara Mengatasi

Diatas adalah ulasan terkait efek paking head motor yang bocor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -