Penyebab Wiper Mobil Mati : 5 Kerusakan, & Cara Memperbaiki

cara memperbaiki wiper mobil

Penyebab Wiper Mobil Mati – Pada mekanisme wiper mobil sering timbul kerusakan diantaranya yaitu mati atau macet. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor atau penyebab. Lantas apa penyebab wiper mobil mati? Apa kerusakan yang umum terjadi pada wiper mobil? Dan bagaimana cara menangani wiper mobil mati?

Wiper sebagai satu diantaranya komponen yang cukup khusus pada suatu mobil, di mana karena ada wiper pandangan kita masih tetap jelas saat berkendara pada keadaan hujan yang cukup deras. Secara peran, wiper ini menjami pandangan kalian ketika berkendara agar tidak terhalang oleh apa seperti air hujan atau kotoran seperti debu yang menyelimuti kaca mobil baik kaca segi depan atau segi belakang.

Dengan pandangan yang jelas tentu kita semakin nyaman dan aman saat berkendara, pikir jika ketika kondisi hujan lebat kita berkendara dengan pandangan yang kurang maksimal, tentu kemampuan kecelakaan akan cukup besar. Oleh karenanya cek semua komponen mobil, seperti wiper apa berperanan dengan baik.

Misalkan terjadi kerusakan pada wiper mobil kalian karena itu maka harus selekasnya ditangani. Untuk memperjelasnya berkaitan penyebab wiper mobil mati, kerusakan wiper, dan cara menangani akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

penyebab wiper mobil mati

Kerusakan Wiper Mobil

Ada banyak jenis kerusakan yang umum terjadi pada mekanisme wiper kendaraan. Berikut kerusakan pada mekanisme wiper mobil:

1. Karet Wiper yang Aus

Pertama yang perlu Anda saksikan adalah kondisi dari karet wiper. Apabila sudah aus atau mengeras, semestinya diganti dengan karet yang lentur. Karet yang mengeras, terkecuali menyebabkan sapuannya pada air di atas kaca tidak rata, berpotensi menyebabkan kaca mobil baret. Bila itu terjadi, biaya perbaikannya cukup mahal.

penyebab wiper mobil mati

2. Gerakan Wiper Lambat

Kerusakan wiper yang bergerak lambat biasanya karena oleh ada segi dalam proses penggerak wiper yang kotor. Kotoran ini punya pengaruh pada arus listrik dan bisanya membuat engkol wiper terhambat. Cara untuk mengatasinya, bersihkan tahanan koil itu. Selain itu argument wiper lambat yakni karena ada yang berkarat di elemen wiper tesebut. Pada akhirnya membuat perform tidak optimal, sapuannya melambat. Cara untuk mengatasinya, bersihkan engkol dari karat dan semprot segi itu dengan cairan anti karat. Apabila sudah akut harus dilas atau menggantinya.

Baca Juga  Penyebab Mobil Nyendat Nyendat: 11 Faktor & Cara Mengatasi

penyebab wiper mobil mati

3. Wiper tidak bergerak secara benar

Terkadang ada kejadian di mana wiper tidak mau bergerak. Kesempatan pertama yakni motor listrik yang sudah aus. Bila terjadi jadi tidak ada alternative lain kecuali menggantinya sama dengan yang baru. Kedua , sekring mempunyai permasalahan. Masalah pada sekring itu ada juga dua. Bila sekring putus mempunyai makna ada arus listrik yang terlampau berlebihan. Karenanya, lihat rangkaian dan hubungan antarkabel yang terkait dengan sekring.

4. Dinamo Wiper (Motor Wiper) Rusak

Kerusakan yang biasa terjadi pada Dinamo Wiper persoalan kumparan yang terbakar. Hal ini dapat terjadi akibat hubungan singkat arus listrik pada Mobil. Apabila sudah ini Wiper Mobil ditegaskan rusak keseluruhnya dan harus diganti.

penyebab wiper mobil mati

5. Semburan Air dari Washer Kurang

Yang paling akhir kerusakan yang umum terjadi salah satunya yakni semprotan air dari kepala washer yang ada di kap mobil lemah, kecil, atau mungkin tidak tepat. Semua permasalahan itu karena lubang di kepala washer yang tersumbat.

Cara membersihkan cukup mudah. Anda tinggal melepas tabung langsung campur pasir kerikil lalu kocok-kocok sampai kotoran yang menempel dinding tabung hilang. Agar benar-benar bersih, lakukan cara itu sering. Sudah pasti jangan sampai lupa untuk membasuhnya dengan air bersih.

penyebab wiper mobil mati

Penyebab Wiper Mobil Mati

Kerusakan pada wiper mati atau macet bisa disebabkan karena faktor atau penyebab. Penyebab wiper mobil mati salah satunya yakni:

  1. Terjadi kerusakan sakelar yang menyebabkan wiper yang tidak berperanan.
  2. Karet pada wiper mobil sudah keras.
  3. Wiper link dan tangkai wiper patah, ini biasanya karena usia wiper link dan tangkai yang sudah lama.
  4. Keausan pada Bush wiper.
  5. Dinamo wiper yang terbakar.
Baca Juga  Letak Thermostat AC Mobil: Posisi Dan Ulasan

Terdapat beberapa penyebab wiper pada mobil mati atau rusak. Oleh karena itu cara perbaikannya pun berbeda dan diperlukan analisa agar ditemukan penyebab wiper mobil mati yang sesungguhnya.

Cara Memperbaiki Wiper Mobil Macet

Wiper mobil yang mati umumnya terjadi karena ada kerusakan pada beberapa elemen yang telah kami sebutkan di atas. Dan kerusakan wiper umumnya yakni macet, nah untuk cara mengatasinya kalian dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah kami siapkan berikut ini.

cara memperbaiki wiper mobil

  1. Pertama yang perlu kalian lakukan dengan memeriksa kelistrikan atau sekring wiper mobil kalian. Cek terlebih dahulu apa terjadi kerusakan pada sekring.
  2. Jika kondisi kelistrikan pada keadaan baik, karenanya kalian dapat memeriksa motor penggerak pada wiper mobil.
  3. Bila kerusakan terjadi pada wiper karena ada kotoran yang menempel, karenanya kalian dapat membersihkan kotoran itu dengan sesegera.
  4. Kalian bisa gunakan pelumas sampai kutub penggerak dapat berperanan dengan baik.
  5. Dan yang terakhir jika kerusakan terjadi pada komponen wiper kalian bisa selekasnya membawanya ke bengkel mobil terdekat di daerah kalian.

Ada beberapa cara yang dapat kalian patuhi saat mendapatkan permasalahan pada wiper yang macet. Di atas ialah pembahasan berkaitan penyebab wiper mobil mati, kerusakan, dan cara menanganinya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.