Cara Memperbaiki Nozzle Diesel: 7 Cara Dan Ulasannya

cara memperbaiki nozzle diesel

Cara Memperbaiki Nozzle Diesel – Nozzle pada mesin diesel terkadang mengalami beberapa permasalahan. Oleh karena itu diperlukan berbagai cara untuk memperbaiki nozzle diesel. Lalu bagaimana cara memperbaiki nozzle diesel?

Pada mesin diesel, nozzle sangat penting karena berperan sebagai pengkabut bahan bakar. Bila tekanannya mulai turun akibatnya karena pemakaian yang lumayan lama, karena itu bisa mengakibatkan mesin sulit dihidupkan dan berpengaruh perform mesin tidak maksimal. Perlu penyetelan di bagian nozzle supaya tekanannya bisa kembali normal.

Penyetelan penekanan nozzle-nya sudah paten dari pabriknya. Namun terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki nozzle pada mesin diesel.

Pada artikel berikut ini akan diulas terkait cara memperbaiki nozzle mesin diesel yang banyak ditemukan terutama untuk model nozzle tanpa baut penyetel. Berikut ulasannya.

cara memperbaiki nozzle diesel

Apa Itu Nozzle Diesel ?

Nozzle sebagai salah satunya elemen yang penting untuk mesin diesel. Hal ini dikarenakan Nozzle berperan atur penekanan dan menyembur bahan bakar solar dari bospom ke ruangan bakar mesin. jika solar yang di semburkan ke ruangan bakar tidak baik atau mungkin tidak mengembun karena itu mesin diesel akan sulit untuk di nyalakan karena solar yang tidak mengembun akan sulit terbakar oleh udara panas dari kompresi mesin diesel itu.

Oleh karenanya pada nozzle mesin diesel ini dapat di mengatur penekanan solarnya sama sesuai standard dari tiap-tiap mesin diesel itu. jika penekanan nozzle kurang tinggi karena itu mengencangkan baud setel nozzle itu sampai mendapati penekanan solar yang di harap.

Untuk kebalikannya saat penekanan nozzle di rasa terlampau tinggi karena itu baud setel nozzle yang berada di belakang di kendorin. Sementara nozzle diesel kubota dan yanmar untuk mengendalikannya menggunakan ring nozzle yang dapat di mengatur tebal minimnya supaya penekanan solarnya sama sesuai standard mesin diesel itu.

Baca Juga  Pipa AC Berembun: Penyebab Dan Cara Mengatasi

Untuk ukuran nozzle mesin diesel berbeda sama sesuai tipe dan tipe mesin diesel itu. Untuk ukuran mesin diesel 7-8.5 HP, cuman mempunyai dua lubang nozzle yang keluarkan kabut solar. Sementara untuk 10 HP keatas mempunyai empat lubang pada nozzlenya untuk menyembur bahan bakar itu ke ruangan bakar hingga mesin diesel dapat di nyalakan.

Agar Nozzle Diesel Tidak Gampang Hancur, Triknya ?

Supaya nozzle pada mesin diesel tidak cepat hancur karena itu satu diantaranya membersihkan/ tukar filter solar yang ada di tankki bahan bakar, karena jika solar yang masuk ke nozzle itu kotor, karena itu kotoran itu yang hendak tutup lubang nozzle dan akan mengakibatkan nozzle gampang panas hingga menyebabkan nozzle mesin diesel itu macet dan aus, karena itu untuk perawatanya selainnya solar harus bersih, secara periodik nozzle dibuka dan di membersihkan memakai solar supaya kotoran yang melekat di nozzle itu lenyap.

Jika nozzle diesel itu macet karena itu saat mesin diesel hidup akan keluarkan asap pembakaran yang tidak normal, biasnya asap yang keluar knalpot warna putih, terkadang dibarengi warna hitam pekat lalu suara mesin diesel itu tidak konstan dan tenaga yang di menghasilkan turun. supaya mesin diesel dapat terbangun performnya karena itu kita harus tahu cara perawatan dari tiap-tiap elemen dan cara menganalisis kerusakanya, oleh karenanya kita harus belajar dan berani coba menangani masalah- permasalahan yang muncul pada mesin diesel kita supaya tugas dapat tersudahi tanpa kendala yang memiliki arti.

Baca Juga  Segitiga Motor Bengkok: 6 Penyebab, Gejala, Dan Cara Memperbaiki

Cara Memperbaiki Nozzle Diesel

Sebelum membahas berkenaan cara Memperbaiki nozzle pada mesin diesel kubota, semestinya ketahui dulu pertanda dari penekanan nozzle yang turun.

Selain dituruti dari suara penekanan bahan bakar, nozzle yang alami pengurangan bisa dilihat dari mesin susah dihidupkan. Jika sukses dihidupkan, karenanya mesin akan brebet tidak mempunyai tenaga dan semakin lama mati sendiri. Oleh karena itu perlu pengecekan tekanan injeksi pada nozzle diesel. Berikut cara memperbaiki nozzle diesel:

  1. Pertama lepaskan terlebih dahulu pipa saluran bahan bakar (selang HPP) yang menghubungkan antara rumah nozzle dan bosch pump (pompa bahan bakar).
  2. Melepaskan rumah nozzle dari silinder head dengan membuka flange terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, bongkarlah rumah nozzle sampai semua komponen yang ada di dalamnya terlepas.
  4. Siapkan sim (pelat tipis), seterusnya bentuklah lingkaran yang tengahnya berlubang (sama sebuah ring) dengan diameter sesuai sama tempat spring pada rumah nozzle.
  5. Sim yang telah dibuat diposisikan pada pangkal tempat spring nozzle. Selanjutnya, buat kembali semua segi yang telah dilepaskan awalannya.
  6. Sebelum memasang kembali rumah nozzle maka perlu dilakukan pengetesan tekanan injeksi yang dihasilkan. Bila lemah, lebih kembali sim-nya sampai tekanannya maksimal.
  7. Setelah penekanan nozzle seperti yang diharapkan, pasang kembali rumah nozzle pada tempatnya dan selang HPP. Selanjutnya, coba untuk nyalakan mesin diesel

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki nozzle diesel yang banyak ditemukan sebagai penggerak mesin tertentu. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.