soket kiprok megapro

Soket Kiprok Megapro : 5 Kabel Dan Fungsinya

Soket Kiprok Megapro – Kiprok merupakan salah satu komponen yang pasti ada pada sepeda motor termasuk honda megapro. Pada kiprok ini terdapat beberapa soket yang memiliki peranan penting. Lalu apa saja fungsi soket kiprok megapro ini?

Kita ketahui bahwasanya kiprok atau regulator berperan selaku pengendali arus dan tegangan dari spul saat sebelum disalurkan ke Aki (aki) motor. Hal ini dikarenakan arus yang dihasilkan oleh sistem pengisian tergantung dari besar kecilnya putaran mesin. Tentu saja menyebabkan arus pengisian tidak stabil. Maka diperlukan kiprok agar tidak terjadi overcharging.

Selain itu penggunaan kiprok sangat penting pada mekanisme pengapian yang memakai CDI DC. Hal ini dikarenakan mekanisme pengapian CDI – DC membutuhkan arus dari Aki motor. Hal ini sejalan dengan jenis pengapian pada motor honda megapro primus yang memakai CDI – DC.

Walau bila tidak memakai Aki mesin bermotor masih bisa berpijar. Namun apabila keadaan itu didiamkan secara terus menerus karena maka dapat dengan cepat menghancurkan mekanisme kelistrikan yang ada pada motor. Apabila hal ini terjadi terus menerus maka yang cepat mengalami kerusakan adalah unit CDI.

Terdapat beberapa perbedaan terkait pin kiprok motor megapro dengan motor lainnya. Beberapa perbedaan tersebut diantaranya yaitu:

– 1. Ada 5 kabel kiprok.

– 2. Arus dari spul ke arah kiprok cuman untuk pengisian (full ware).

Baca Juga  Cara Melipat Kursi Belakang Ertiga : 2 Cara & Ulasannya

– 3. Kemungkinan warna kabelnya berlainan dengan warna kabel kiprok motor honda lainnya.

Namun dari berbagai perbedaan tersebut terdapat beberapa kesamaan juga. Untuk lebih jelasnya terkait soket kiprok megapro akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

soket kiprok megapro

Soket Kiprok Megapro

1. Warna Kabel Kuning

Pada kiprok megapro terdapat pin yang memiliki warna kabel kuning. Kabel ini berperan untuk pengisian dari spul (stator coil).

2. Warna Kabel Kuning

Selain itu terdapat juga warna kabel kuning yang kedua. Kabel ini sama dengan warna kabel kuning ke-1 yakni dipakai selaku pengisian dari spul.

3. Warna Kabel Merah

Selanjutnya pada pin kiprok megapro terdapat kabel warna merah. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan ke Aki 12 Volt dan ke kunci contact.

4. Warna Kabel Hitam

Pada terminal kiprok megapro terdapat kabel warna hitam. Pin ini dihubungkan ke beban seperti lampu, klakson starter dan lain-lain.

5. Warna Kabel Hijau

Yang terakhir pada kiprok megapro terdapat kabel warna hijau. Terminal ini dipakai sebagai massa ( – ) / bodi motor.

Diatas merupakan ulasan terkait soket kiprok megapro. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion