Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk : 4 Cara Dan Ulasan

cara membuat shock depan motor empuk

Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk – Shock termasuk elemen penting pada sepeda motor, termasuk shock depan. Oleh karena itu perlu perawatan agar shock depan motor tetak empuk sehingga kenyamanan kendaraan tetap terjaga. Lalu bagaimana cara membuat shock depan motor empuk?

Shockbreaker depan menggenggam peranan penting untuk handling dan kenyamanan mengemudi pada sepeda motor. Jika bantingannya begitu keras, pengendara tentunya tidak nyaman serta dapat mengakibatkan kerusakan elemen yang lain seperti komstir.

Masalah yang kerap berlangsung umumnya kualitas oli telah buruk atau volume yang tidak imbang di antara sisi kanan dan kiri. Kualitas oli yang telah turun punya pengaruh pada daya tangkal shockbreaker.

Seting suspensi depan jangan asal, walau ada 4 cara yang umum dikerjakan. Pertama kondisi oli sokbreker, mengecilkan liang suling, mengganti per keras, atau mengganjal per gunakan ring (washer). Untuk lebih jelasnya terkait cara membuat shock depan motor empuk akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara membuat shock depan motor empuk

Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat shock depan motor tetap nyaman saat berkendara yaitu:

1. Mengatur Jumlah Oli

Menambah oli pada shock depan ada batasannya. Optimalnya 5 cc dari standard. Apabila lebih dari itu membuat ruangan kosong di tabung berlagak menyempit. Akibatnya saat terjadi desakan maka cairan yang harusnya berpindah ke ruangan lain menjadi tidak dapat. Hal ini menyebabkan seperti suspensi mati.

Baca Juga  Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil: 3 Prosedur & Reset

Namun kebanyakan pabrikasi melarang penggantian oli dengan karakteristik SAE-10 dengan oli lain karena kekentalannya beda. Apabila terlalu kental maka akan susah melalui lubang suling dan berpengaruh pada kinerja suspensi seperti sempoyongan.

2. Mengatur Lubang Suling

Selanjutnya yaitu dapat dengan mengecilkan lubang suling yang digunakan untuk menahan aliran oli shock agar tidak terlalu cepat. Hal ini biasa dikerjakan di motor balap yang dampaknya dapat membuat refleksi atau rebound lebih lamban. Akan tetapi pekerjaan ini perlu kecermatan dan kontribusi tukang las. Apabila lubang begitu kecil maka oli malahan tidak ngalir.

3. Mengganti Per

Selain itu cara yang dapat dilakukan dengan mengganti per. Panjang per alternatif harus sama agar tidak menekuk atau cocok terpasang. Semakin banyak ulir atau rapat maka per lebih keras oleh karena itu dapat mencari per yang lebih renggang. Sebagai contoh, Vario dapat gunakan per berlagak depan Pamor atau Supra X. Panjang sama tetapi per lebih keras.

4. Mengganjal Dengan Ring

Paling akhir yaitu dengan mengganjal ring. Walau tidak begitu dianjurkan, tetapi beberapa teknisi membolehkan dengan persyaratan. Yakni, gunakan ring (washer) original yang tidak gampang tergerus. Karena gram-gramannya dapat menutup lubang suling bahkan juga dapat menghancurkan sil dan as.

Diatas adalah ulasan terkait cara membuat shock depan motor empuk. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Baca Juga  Shock Depan Keras Setelah Ganti Oli: Penyebab & Cara Memperbaiki

Ayo Cilacap - - - -