Penyebab Shock Depan Keras Dan Cara Mengatasi

penyebab shock depan keras

Penyebab Shock Depan Keras – Pada sepeda motor ada dua shockbreaker yang di taruh di bagian depan dan belakang. Namun apabila salah satu mengalami kerusakan sebagai contoh shock depan dapat menyebabkan shock menjadi keras. Lalu apa saja penyebab shock depan keras?

Pada umumnya peranan Shockbreaker pada motor untuk menahan hentakan dari kasar atau kerasnya permukaan jalanan. Dapat kita banyangkan jika sepeda motor tidak ada Shockbreaker pasti tidak nyaman. Oleh karena itu kehadiran Shockbreaker ini benar-benar utama pada satu motor.

Komponen ini terhitung dalam kelompok fast moving spare part yang harus ditukar periodik bila keadaannya mulai apkir. Disamping itu, tidak salah jika Anda mengecek keadaannya kadang-kadang, apa lagi bila redamannya mulai berasa keras. Beberapa hal yang mengakibatkan keadaan itu, walau sokbreker belum betul-betul rusak. Nah, inilah penyebab dan jalan keluar sokbreker motor keras:

Shockbreaker sebuah alat peredam kejut yang ada pada suatu kendaraan. Elemen ini bekerja dengan menahan hentakan permukaan jalan hingga tidak membuat pengalaman mengemudi Anda jadi jelek dan tidak nyaman. Tidaklah aneh bila elemen yang ini harus dikerjakan pengujian secara teratur. Hingga waktu redamannya mulai berasa keras, sebaiknya untuk selekasnya mengubahnya.

Dalam prakteknya, ada faktor-faktor yang bisa mengakibatkan satu shockbreaker rusak atau berasa keras waktu dipakai mengemudi melalui jalan berlubang atau polisi tidur. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab shock depan keras akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Baca Juga  Penyebab Piringan Cakram Panas: 4 Faktor & Cara Mengatasi

penyebab shock depan keras

Penyebab Shock Depan Keras

1. Pelumas Begitu Banyak

Salah satu penyebab shock depan sepeda motor adalah kelebihan pelumas. Shockbreaker akan berperan secara baik bila kemampuan minyak dalam tabung (inner tube) sama volumenya. Tidak terlalu banyak atau tidak begitu sedikit. Bila pelumas kebanyakan karena itu dampaknya bantingan akan keras, sebab gerakan per dalam tabung terbatas sebab cairan. Kebalikannya bila kemampuan pelumas kurang karena itu sokbeker akan benyek dan mengayun.

2. Pelumas Terlalu Kental

Penggunaaan pelumas yang terlalu kental bisa juga jadi penyebab shock depan menjadi keras. Sebab pelumas yang begitu kental membuat gerakan per jadi berat hingga bantingan sokbeker berasa kaku. Oleh karena itu diperlukan pelumas spesial shockbreaker yang tingkat kekentalannya telah diukur dan pas untuk isi inner tube.

3. Garpu Suspensi Bengkok

Garpu suspensi yang bengkok akan memunculkan bantingan keras. Hal ini menyebabkan gerakan naik/turun shockbreaker ketahan, hingga tidak meresap getaran secara maksimal. Jalan keluarnya Anda dapat lakukan pengepresan garpu suspensi di bengkel specialist dengan alat spesial, atau tukar yang baru.

4. Pelumas shockbreaker meminta ditukar

Pelumas apa saja bisa menjadi kental bersamaan dengan berjalannya waktu dan periode pemakaian. Karena itu harus pastikan jika oli yang melapisi shockbreaker teratur ditukar. Ini untuk menghindar performanya yang kurang maksimal dalam menahan surprise waktu mengemudi di jalan.

Baca Juga  Cara Meninggikan Rem Mobil : 6 Cara & Ulasan

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi shock depan keras. Hal ini disesuaikan dengan penyebab kerusakan. Berikut cara memperbaiki shock depan keras:

  1. Melakukan pengepresan pada garpu suspensi supaya lempeng kembali lagi, bila sahabat mempunyai anggaran yang berlebihan juga bisa ditukar yang baru agar performanya lebih prima.
  2. Untuk mengatasi minyak pelumas yang terlalu kental yakni dengan menukar dengan minyak shockbreaker standar yang direferensikan dari pabrikasi.
  3. Kemampuan minyak pelumas suspensi kebanyakan yakni dengan menukar minyak pelumas yang baru, tetapi yang penting di ingat ukuran atau kemampuan minyak harus seperti yang disarankan dari pabrikasi.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab shock depan keras dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -