Fungsi Governor Advancer Adalah: Peran, Bagian, & Cara Kerja

Fungsi Governor Advancer Adalah – Terdapat berbagai bagian pemajuan saat pengapian, salah satunya yaitu governor advancer. Fungsi governor advancer adalah memajukan saat pengapian berdasarkan putaran atau RPM mesin. Lalu apa fungsi governor advancer adalah? Apa saja bagian governor advancer? Dan bagaimana cara kerja governor advancer?

Sama seperti vakum advancer yang ditempatkan di distributor, governor advancer dipasangkan dalam distributor. Namun governor advancer tidak langsung kelihatan dari luar, harus dibuka lebih dulu agar bisa menyaksikan komponen ini.

Maksudnya dari governor advancer adalah untuk lebih memajukan sistem pengapian berdasar rpm atau perputaran mesin. Asumsinya begini, lama waktunya (waktu) untuk membakar kombinasi udara dan bahan bakar relatif masih tetap, sementara perputaran mesin tidak stabil. Saat perputaran mesin makin cepat, sudah pasti transisi mesin akan makin cepat.

Hingga saat pengapian perlu dimajukan supaya power yang dibuat bisa maksimal. Argumennya hampir serupa dengan kenapa saat pengapian ada di beberapa derajat saat sebelum TMA. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi governor advancer adalah apa, komponen, dan cara kerjanya.

fungsi governor advancer adalah

Fungsi Governor Advancer

Fungsi governor advancer atau centrifugal advancer adalah untuk memajukan saat pengapian berdasarkan perputaran mesin. Governor advancer sebagai bagian dari distributor sistem pengapian. Makin cepat perputaran mesin karena itu saat pengapian makin maju. Saat perputaran melamban maka tidak terjadi pemajuan pengapian.

Agar bisa lebih memajukan dan memundurkan pengapian, fungsi governor advancer adalah memanfaatkan gaya sentrifugal yang dibuat oleh ada perputaran kutub as distributor. Makin cepat perputaran mesin karena itu gaya sentrifugal yang dibuat makin besar. Kebalikannya makin rendah perputaran mesin maka gaya sentrifugal akan makin kecil.

Gaya sentrifugal yang dibuat oleh fungsi governor advancer adalah digunakan untuk menggeser dudukan platina. Ini mengakibatkan platina bisa lebih cepat buka dan mengakibatkan munculnya induksi elektromagnet pada koil pengapian yang digunakan untuk proses pembakaran.

Baca Juga  Komponen Gardan Mobil Dan Fungsinya : 18 Bagian & Ulasan

Komponen Governor Advancer

Setelah mengetahui fungsi governor advancer adalah apa maka perlu diketahui pula komponen atau bagiannya. Agar bisa bekerja dengan memanfaatkan gaya sentrifugal karena itu governor advancer memerlukan beberapa komponen. Berikut komponen governor advancer:

1. Governor Weight atau Pemberat Sentrifugal

Bagian governor weight atau pemberat sentrifugal adalah komponen governor advancer yang memiliki fungsi sebagai pemberat yang dipakai untuk pemroduksi tenaga sentrifugal saat kutub distributor berputar-putar.

2. Governor Spring atau Pegas Pengembali

Governor Spring atau pegas pengembali sebagai komponen pada governor advancer yang memiliki fungsi untuk meredam style sentrifugal pemberat supaya tidak terlalu berlebih dan kembalikan pemberat pada pojok 0.

3. Nok Cam atau Kutub Governor

Nok Cam atau kutub governor dengan pelat berkurva sebagai komponen dari governor advancer yang memiliki fungsi untuk menekan contact platina. Cam ini melekat pada driving plate.

4. Driving Plate atau Pelat Pembawa Pemberat Sentrifugal

Driving plate atau pelat pembawa pemberat sentrifugal sebagai komponen dari governor advancer yang terbagi dalam pelat yang terkait dengan 2 buah pemberat hingga tempatnya dapat berbeda sesuai regangan pada governor weight.

Prinsip kerja Centrivugal Advancer

Untuk mempermudah dalam pengetahuan cara kerja governor advancer, kita harus pahami lebih dulu mengenai prinsip kerjanya. Konsep kerjanya memakai gaya sentrifugal, di mana makin cepat perputaran motor maka semakin mengembang bobot-bobot sentrifugalnya.

Mengakibatkan kutub governor (kam) diputar semakin maju dari posisi semua, dan contact pemutus akan buka lebih cepat (saat pengapian maju).

Cara Kerja Governor Advancer

Jika kita saksikan dari kontruksi dan fungsi, cara kerja governor advancer adalah terbagi dalam sepasang pemberat atau bandul yang disebutkan dengan governor weight. Pemberat ini dipasang pada kutub distributor yang berputar-putar bertepatan dengan perputaran mesin, makin cepat mesin berputar-putar makin cepat juga kutub distributor ini berputar-putar.

Baca Juga  Cara Kerja Sensor Speedometer Digital: Proses & Pengertian

Pemberat ini pada satu seginya dipasang pada kutub distributor bagian bawah dan segi yang lain dipasang pada pelat yang tersambung dengan kutub distributor bagian atas yang ada cam untuk menggerakkan contact pemutus agar buka dan tutup.

Bagian ditahan oleh 2 buah pegas hingga pada keadaan tidak bekerja pemberat itu menguncup atau tempatnya tertarik ke dalam. Saat mesin berputar-putar bisa lebih cepat yang dituruti juga oleh kutub distributor yang berputar-putar bisa lebih cepat, pemberat itu akan terlontar keluar karena ada style sentrifugal yang menantang tarikan pegas.

Semakin cepat kutub berputar, semakin jauh pemberat itu tergerak keluar. Saat pemberat terlontar keluar, pin pada pendorong mengganti status kutub atas dan bawah. Kutub bagian atas akan mengambil langkah lebih cepat dibandingkan dengan posos bagian bawah yang mengakibatkan cam bisa buka contact pemutus lebih cepat hingga saat pengapian maju saat perputaran semakin tinggi.

Maka governor advancer akan lebih memajukan saat pengapian saat perputaran mesin bertambah tinggi pada jalan mengganti status cam hingga bisa bergerak bisa lebih cepat (sama arah perputaran rotor atau kutub distributor) dibandingkan kutub distributor yang mengakibatkan contact pemutus terbuka lebih cepat.

1. Saat Perputaran idle ( stasioner )

  • pemberat sentrifugal belum mengembang
  • pelat kurva belum didesak
  • advans belum bekerja
  • salah satu pegas pengembali masih kendur

2. Ketika Perputaran rendah s / d menengah

  • Pemberat sentrifugal mulai megar
  • Pelat kurva mulai didesak
  • Advans sentrifugal mulai bekerja
  • Cuman satu pegas pengembali yang bekerja

3. Saat perputaran tinggi

  • Pemberat sentrifugal megar sampai pemisah maksimal
  • Pelat kurva didesak
  • Advans bekerja maksimal
  • Ke-2 pegas pengembali bekerja Pemisah maksimal

Diatas adalah ulasan terkait fungsi governor advancer, komponen, dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -