cara memperbaiki aki kering

Cara Memperbaiki Aki Kering : 8 Cara Dan Ulasannya

Cara Memperbaiki Aki Kering – Cara memperbaiki pada aki kering yang mengalami kerusakan jarang sekali dijumpai oleh beberapa orang. Hal ini dikarenakan asumsi kebanyakan orang bahwa aki kering tidak bisa diperbiki. Padahal terdapat beberapa cara yang diperlukan untuk memperbaiki aki kering.

Sebenarnya cara memperbaiki aki kering yang gampang dan baik. Tetapi harus diketahui bahwa memperbaiki aki kering bukan bermakna membuat aki itu jadi seperti baru. Proses perbaikan ini hanya akan mengembalikan sedikit dari perfoma aki kering itu sendiri.

Cara perbaikan aki kering dapat dikerjakan cuman pada keadaan spesifik atau sesaat. Apabila mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama, hal ini dikarenakan elemen aki kering yang masih dalam kondisi baik.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki aki kering. Untuk lebih jelasnya mengenai cara memperbaiki aki kering akan dibahas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara memperbaiki aki kering

Cara Memperbaiki Aki Kering

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Hal yang perlu dilakukan pertama kali ketika akan memperbaiki aki kering yaitu mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan supaya saat mulai membedah aki kita tak perlu ke sana-kemari cuman untuk cari alat yang dapat dipakai untuk memperbaiki. Terdapat beberapa alat dan bahan yang diperlukan diantaranya yaitu:

  • Air aki spesial untuk pengisian aki baru (bukan isi ulang)
  • Obeng minus untuk buka penutup aki
  • Kain atau lap untuk memperhitungkan tetes aki yang tumpah
  • Alat suntik untuk masukkan air aki ke box aki kering
  • Sealent atau bisa juga memakai lem plastik/lem tembak untuk kembali lagi menyambung sisi penutup aki

Yakinkan semua bahan atau alat sudah siap sehingga dalam lakukan cara memperbaiki aki kering ini dapat berjalan dengan lancar dan baik.

2. Melepaskan Aki kering dari Mobil/Motor

Cara memperbaiki aki kering yang pertama ialah melepaskan aki dari mobil atau motor. Prosedur melepas aki yaitu dengan melepaskan kutub positif (+) untuk menghindar timbulnya percikan api sebab reaksi sentuhan logam dan kutub negatif (-). Selain itu proses melepas aki ini bertujuan agar tidak merusakan komponen kelistrikan lain yang terdapat pada kendaraan.

Baca Juga  Ciri Ciri CDI Motor Rusak : 6 Ciri & Cara Memperbaiki

3. Membersihkan Aki kering

Setelah aki dilepas maka selanjutnya adalah membersihkan sisi luar aki. Hal ini bertujuan supaya saat dimulai proses pembongkaran aki dan membedahnya, tidak ada kotoran yang masuk dan malah mengganggu proses memperbaiki aki kering. Membersihkan dengan cara menyekanya dengan kain halus. Pastikan setiap sisi bodi aki dibersihkan secara merata dan tidak ada kotoran yang tertinggal.

4. Membedah Penutup Aki kering

Cara perbaikan aki kering selanjutnya yaitu dengan membedah cover atau tutup aki sisi atas sampai terbuka. Pada mumnya cover atau penutup pada aki kering ini sedikit kuat dan sulit dibuka, sehingga perlu bantuan obeng. Selain itu proses ini harus dilakukan secara hati hati supaya keadaan aki tidak tambah rusak. Sebab ada kekeliruan yang tidak diharapkan dapat menyebabkan keadaan aki makin hancur.

5. Isi Air Aki (zuur)

Selanjutnya langkah pokok dalam proses perbaikan aki kering, yakni isi air aki (zuur). Siapkan kain lap dan alat suntik dan yakinkan lubang karet pada aki telah seutuhnya terbuka. Tambahkan air aki ke dalam suntikan dan isi tiap lubang sampai 1 cm. di bawah lubang aki.

Cara ini dilakukan secara berulang sampai seluruh lubang karet terisi air aki. Setelah itu tutup kembali lagi lubang karet dan pastikan tertutup dengan rapat. Hal ini bertujuan agar udara tidak dapat masuk kedalam aki kering.

6. Menempatkan Penutup Aki kering

Apabila seluruh lubang karet telah tertutup dengan rapat maka dapat dilakukan pengeleman memakai lem yang telah disiapkan untuk menutup kembali cover yang telah kalian membuka memakai obeng di atas. Pada waktu pengeleman pastikan tidak ada sisi yang ketinggalan supaya tidak ada udara yang dapat masuk atau keluar.

Baca Juga  Apakah Aki Kering Bisa Di Cas Atau Diisi Ulang?

7. Isi Daya Listrik Aki kering

Setelah pengisian dilakukan maka diteruskan dengan mengisi tegangan daya atau listrik aki. Hal ini diperlukan pada cara memperbaiki aki kering agar aki dapat menyimpan daya kembali. Ada dua cara yang biasa dipakai yakni isi aki dengan charge/listrik listrik dan isi dengan jumper.

Cara ini menggunakan satu alat untuk isi arus listrik pada aki atau yang lebih dikenal dengan batteray charger. Dan sama seperti dengan charge smartphone, pada pengisian daya aki kering ini memakai satu alat yang dibuat dari adaptor. Namun kemampuan ampere yang di pasarkan jauh semakin besar sehingga bisa lebih cepat proses pengisiannya.

Selain itu proses pengisian daya listrik aki dapat dilakukan dengan cara jumper aki. Cuman untuk dapat lakukan cara ini di butuhkan aki lain yang pada kondisi baik dan sehat tentu saja. Cara mengisinya sangat gampang sebab kalian perlu menjumper aki dengan memakai kabel dari kutub (+) aki lain ke kutub (+) aki yang sudah di benahi dan kutub (-) aki lain ke kutub (-) ke aki yang sudah di benahi. Selanjutnya hidupkan mesin dan biarkan sampai 30 menit atau 1 jam.

8. Pengujian Aki kering

Cara terakhir untuk proses perbaikan aki kering adalah pengujian aki kering itu sendiri. Pada proses pengujian membutuhkan satu alat ukur supaya bisa mengenali apa aki yang sudah diperbaiki apakah telah berisi daya atau belum. Jika telah bermakna proses cara memperbaiki aki kering di atas sukses. Tetapi jika tidak ada perubahan maka aki kering itu sudah di haruskan untuk di tukar. Apabila cara di atas sukses dan aki dapat di pakai untuk menghidupkan motor atau mobil maka diamkan sampai 15 sampai 30 menit dalam status stasioner supaya tegangan baru dapat sesuaikan dengan keadaan kendaraannya.

DIatas merupakan ulasan terkait cara memperbaiki aki kering. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion