perbedaan klep in dan ex

Perbedaan Klep In Dan Ex : 4 Perbedaan & Ulasannya

Perbedaan Klep In Dan Ex – Katup terdiri dari 2 tipe yakni katup in dan ex. Ke-2 nya mempunyai beberapa perbedaan yang fundamental. Oleh karenanya tidak boleh cemas jika katup in dan ex terganti. Lantas apa perbedaan katup in dan ex?

Katup pada kendaraan mempunyai peranan sebagai aliran untuk memasukkan udara dan bahan bakar dan keluarkan gas tersisa pembuangan. Baik katup in dan ex mempunyai peranan yang paling utama pada kendaraan.

Tanpa katup in dan ex karena itu mesin tidak bisa bekerja seperti mestinya. Untuk memperjelasnya berkenaan perbedaan klep in dan ex akan diulas lebih dalam lewat artikel di bawah ini.

perbedaan klep in dan ex

Perbedaan Klep In Dan Ex

Terdapat beberapa perbedaan terkait katup in dan ex yang ada pada kendaraan, diantaranya yaitu:

1. Peranan Katup

Perbedaan pertama dari klep in dan ex ialah perannya. Katup ini mempunyai peranan untuk mengendalikan masuknya kombinasi udara dan bahan bakar di dalam ruangan bakar. Artiya katup in bermanfaat untuk mengendalikan air fuel ratio bergantung keperluan mesin kendaraan.

Saat itu katup ex mempunyai peranan untuk mengendalikan keluarnya gas tersisa pembakaran. Gas tersisa pembakaran yang terbagi dalam karbon monoksida, dan partikel gas yang lain harus dibuang. Ini mempunyai tujuan supaya proses pembakaran selanjutnya jalan optimal.

2. Diameter Katup

Selainnya peranan, perbedaan ke-2 dari katup in dan ex ialah diameternya. Secara visual katup in berdiameter yang semakin besar dibandingkan katup ex. Ini mempunyai tujuan supaya kombinasi bahan bakar dan udara yang masuk di dalam ruangan bakar bisa optimal bergantung keperluan mesin.

Baca Juga  Pemeriksaan Tutup Radiator : 4 Cara Dan Ulasannya

Saat itu katup ex dibikin lebih kecil dibanding katup in. Ini karena gas tersisa pembakaran mempunyai penekanan yang tinggi hingga bisa keluar sendiri lewat sela katup ex saat buka. Disamping itu gas tersisa pembakaran di dorong oleh piston. Tentu saja berlainan dengan katup in yang cuman manfaatkan kevakuman silinder mesin.

3. Tanda  Katup

Langkah termudah untuk menyaksikan perbedaan katup in dan ex ialah menyaksikan tanda-pertanda-tandanya yang ada pada permukaan katup. Di bagian bawah ada tulisan in atau ex. Tulisan in mengisyaratkan katup itu ialah katup in atau katup masuk. Saat itu tulisan ex mengisyaratkan katup ex atau katup buang.

4. Bahan Katup

Katup in umumnya dibikin berbahan baja kombinasi yang membuat katup in lebih gampang diambil oleh magnet. Berlainan dengan katup ex yang dibuat dari baja kombinasi nikel yang mengandung yang semakin banyak. Ini mempunyai tujuan supaya katup buang lebih tahan pada panas dan pemuaian kecil.

Di atas sebagai ulasan berkenaan perbedaan klep in dan ex pada mesin kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion