cara memperbaiki kipas radiator

Cara Memperbaiki Kipas Radiator : 4 Cara & Penyebabnya

Cara Memperbaiki Kipas Radiator Tidak Berputar – Apabila mendapati masalah pada kerusakaan kipas radiator Avanza. Lalu apa saja penyebab kipas radiator tidak berputar? Dan bagaimana cara memperbaiki kipas radiator?

Keadaan semacam ini kerap kali mempunyai dampak pada temperatur mesin, ingat peranan radiator untuk jaga mesin supaya masih tetap mempunyai temperatur yang tidak terlampau panas dan condong konstan. Over heating mesin menjadi hal yang jelas terjadi bila elemen kipas radiator tidak berputar.

Sama seperti yang kita mengetahui, elemen kipas radiator pada mobil, memang menjadi satu diantara yang elemen yang berperanan utama pada mekanisme kerja radiator. Peresapan panas dari mesin bisa menjadi tidak optimal.

Persoal itu akan menyebabkan dampak yang jelek pada mesin, jadi harus selekasnya di benahi. Lantas apa factor penyebab kipas radiator Avanza tidak berputar dan seperti mana cara memperbaiki kipas radiator mobil akan diulas pada artikel berikut ini.

cara memperbaiki kipas radiator

Penyebab Kipas Radiator Tidak Berputar

Saat sebelum anda memperbaiki kipas radiator mobil yang tidak dapat berputar, karena itu anda harus ketahui salah satunya elemen yang memiliki masalah. Berikut beberapa penyebab yang mengakibatkan Kipas Radiator Avanza tidak berputar atau mati.

1. Sekring Putus

Elemen sekring menjadi satu diantara elemen dalam mekanisme kerja Radiator, kehadirannya benar-benar mempunyai peranan penting dalam jaga serangkaian elektrikal di bagian radiator. Bila elemen sekring memiliki masalah atau terputus, karena itu serangkaian elektrikal kipas radiator tidak akan berperan sebagai mana harusnya.

2. Kabel Terputus

Factor ke-2 cukup umum terjadi, yaitu putusnya serangkaian kabel kelistrikan pada kipas radiator. Elemen rangakaian elektrikal kabel, kerap kali penyebab khusus sekring mati, sebagai contoh kebocoran arus listrik, atau penempatan ikatan kabel yang tidak tepat.

3. Drive Belt Terputus

Putusnya elemen Drive Belt, persoalan ini kerap kali terjadi pada kipas radiator type konservatif. Pendorong kipas pada tipe ini memakai drive belt, keadaan itu memang kerap kali terjadi, pasalnya drive belt dengan bahan dasar karet, yang bisa jadi selip dan membuat drive belt terputus.

4. Motor Kipas Mati

Penyebab kipas radiator Avanza tidak berputar bisa juga karena pendorong motor yang hancur. Bila motor pendorong hancur, karena itu harus mekanisme pendingin tidak sanggup meresap panas mesin. Karena itu harus selekasnya dilakukan pergantian motor kipas.

5. Sensor Suhu

Sensor temerature hancur jadi penyebab kipas radioator tidak bergerak. Ingat perannya sebagai elemen pemberi signal untuk engine ECU saat temperatur mesin menghangat.

Berdasar teori, sensor pendingin akan mengirimi signal pada ECU engine, karena itu di saat yang bertepatan kipas radiator akan bergerak mendinginkan air collant yang berada di dalam radiator. Bila sensor alami permasalahan, karena itu kipas tidak akan sanggup berputar, ini di tandai dengan lampu tanda pada mesin tetap berpijar.

6. Refrigerant Sensor Hancur

Pada umumnya, peranan refrigerant sesnor mempunyai mekanisme kerja yang serupa sepertihalnya sensor suhu, tetapi sensor refrigerant tidak mengeset suhu, tetapi penekanan pada Freon AC. Masalah semacam ini umumnya dihadapi pada mobil yang cuman di melengkapi dengan 1 ekstra fan saja.

Penataan kipas terkait dengan refrigerant, bila elemen itu alami permasalahan atau alami kerusakaan, maka memengaruhi performa perputaran kipas radiator.

7. Soket Kendor

Soket Kendor mempunyai peluang kipas radiator tidaka sanggup bergerak, hal ini bukanlah tanpa ada alasan, soket ialah sisi pengalir listrik selainnya kabel. Elemen ini sering alami kendor bersamaan bila penggunaannya sudah lama.

8. Fan Controller Unit Hancur

Tidak semua kendaraan mempunyai elemen yang ini, fan controller ialah elemen yang atur perputaran kipas radiator. Bila elemen ini memiliki masalah karena itu kipas tidak akan sanggup berputar.

Baca Juga  Penyebab Mobil Digas Malah Mati : 4 Penyebab & Ulasannya

9. Visco Fan Hancur

Visco Fan hancur, keadaan yang kemungkinan jarang-jarang di kenali beberapa pemilik kendaraan yang alami kerusakaan kipas. Elemen akan bergerak ikuti perputaran mesin.

Elemen ini berada pada sisi tengah baling-baling kipas, bila elemen ini alami kerusakaan, karena itu kipas radiator tidak akan sanggup bergerak ikuti perputaran mesin.

10. Resistor Kipas Putus

Resistor sebagai salah satunya elemen dalam kipas, persoalan ini sering terjadi saat keadaan fuse dan serangkaian kipas normal. Kipas akan bergerak dengan cepat.

Biasanya perputaran kipas terdiri jadi tiga jenjang kecepatan, kecepatan itu tergantung pada resistor. Bila elemen resistor terbakar, karena itu kipas tidka akan berperan dengan maksimal.

Cara Memperbaiki Kipas Radiator Mobil

Cara memperbaiki kipas radiator mobil yang mati atau tidak bisa berputar sebenarnya sangat gampang. Bagaimana triknya, baca panduan dan cara memperbaiki kipas radiator mobil di bawah ini yaitu:

1. Lihat keadaan fisik kipas radiator dan motornya

Untuk memperbaiki kipas radiator mobil yang tidak ingin berputar, karena itu kita perlu memerhatikan keadaan fisik kipas radiator dan motornya lebih dulu.

Bila pada kipas radiator kelihatan rengat, patah, menetes, karena itu jalan terbaik dengan menukar kipas radiatornya. Keadaan kipas radiator yang menetes, rengat dan patah dapat memunculkan permasalahan bunyi-bunyian yang bising dan tidak nyaman saat radiator berputar.

Disamping itu, lihat keadaan dari motor kipas raditator. Untuk memeriksanya silakan putar kipas radiator dan lihat perputaran kipas itu. Bila perputaran radiator berasa berat dan kedengar bunyi bising, karena itu motor kipas radiator ini telah memperlihatkan permasalahan dan perlu ditukar.

Bila pertanda fisik kipas radiator dan motornya ini kelihatan normal dan wajar-wajar saja, karena itu kerjakan cara seterusnya untuk mengecek fuse / sekring kipas radiator.

2. Check sekring kipas radiator.

Sekring kipas radiator yang putus mengakibatkan arus listrik dari accu tidak bisa mengucur ke motor kipas radiator. Mengakibatkan kipas radiator tidak bisa berputar. Oleh karenanya, periksalah keadaan sekring kipas radiator ini dengan cermat.

Biasanya, status sekring kipas radiator ini bergabung bersama di dalam sebuah fusebox (kotak sekring). Terletak ada yang di ruang mesin dan ada yang dalam kabin mobil. Adapun code sekring untuk kipas radiator ini biasanya berkode RAD, MOTOR FAN, RAD FAN, dan lain-lain.

Sedang untuk ukuran batasan arusnya benar-benar variasi, bergantung tipe dan mode kendaraan itu. Sebagai contoh, sekring untuk kipas radiator mobil avanza tahun 2011-2014 mempunyai code RAD sama ukuran sejumlah 30 Ampere. (saksikan pada tabel no 21 pada artikel makna code sekring mobil toyota avanza yang pernah ombro posting sebelumnya)

Bila sekring motor kipas radiator ini kelihatan kehitam-hitaman dan di bagian dalamnya kelihatan putus, karena itu ini mengisyaratkan jika fuse / sekring kipas radiator telah mati dan perlu ditukar sama yang baru.

Tetapi bila tidak putus karena itu pengecekan kipas radiator mobil ini diteruskan di bagian relay motor kipas radiator.

3. Check relay motor kipas radiator

Relay motor kipas radiator berperan sebagai sakelar elektromagnetik yang digerakkan berdasar perintah ECU. Saat ECU memerintah kipas untuk berputar, karena itu saluran listrik akan mengucur dari ECU ke terminal 85 dan 86 pada relay kipas radiator ini.

Saat arus listrik mengalik di terminal 85 dan 86, karena itu secara automatis akan menarik sakelar terminal 30 dan 87 hingga arus listrik dari accu mobil dapat segera ke arah motor radiator dan memutar kipas radiator.

Baca Juga  Ciri MAP Sensor Rusak : 10 Gejala Dan Ulasannya

Untuk pengecekan relay, seharusnya dilaksanakan dengan memakai Avometer untuk mengecek contact di antara terminal 30 dan 87. Untuk pengecekannya sebagai berikut, pasang kabel avo mtr. di terminal 30 dan 87 relay, statuskan sakelar AVO di status OHM. Sambungkan terminal 85 dan 86 relay kipas radiator ke masing-masing terminal accu mobil.

Saat terminal 85 dan 86 relay disambungkan ke accu, karena itu terminal 30 dan 87 semestinya sama-sama tersambung (jarum pada avometer akan mengarah ke 0 ohm). Keadaan ini memperlihatkan relay pada keadaan baik.

Jika anda tidak mempunyai avometer, anda dapat coba mengganti relay itu dengan relay semacam yang biasanya sama dan dipakai untuk kepentingan elemen lain seperti relay AC atau relay Headlamp untuk pastikan relay baik atau tidak.

4. Menguji motor kipas radiator dengan arus listrik

Tahap selanjutnya dalam memperbaiki kipas radiator mobil dengan menguji kipas radiator dan motornya dengan arus listrik langsung dari accu mobil. Ada banyak cara untuk menguji keadaan kipas ini yakni :

A. Memakai kabel yang terpasang langsung ke motor kipas

Cara ini sebagai cara yang paling aman utuk menguji perputaran kipas radiator dan motornya. Anda memerlukan sepasang kabel plus (merah) dan kabel minus (hitam) yang terpasangkan langsung ke socket motor kipas radiator.

Sesudah socket pada motor kipas terpasang kabel, lekatkan kabel merah (plus) ke positive accu, dan kabel hitam (minus) ke negative accu. Sesudah ke-2 kabel barusan dihubungkan ke accu, karena itu semestinya motor dan kipas radiator ini bisa berputar.

Bila motor dan kipas radiator tidak ingin berputar, ini mengisyaratkan jika motor kipas telah mati dan perlu dilaksanakan pergantian dengan motor kipas radiator yang baru.

B. Menjumper dari soket kaki relay kipas radiator di fusebox

Bila kita tidak mempunyai kabel panjang plus dan minus untuk menjumper motor kipas langsung ke accu, karena itu kita bisa manfaatkan terminal relay untuk kipas radiator. Cara ini termasuk lebih gampang, tetapi perlu extra kehati-hatian dan janganlah sampai keliru dalam melakukan sebab bisa berpengaruh pada kerusakan ECU.

Di sini kita perlu ketahui mana terminal relay yang dipakai sebagai arus baterai dan yang mana dipakai untuk beban / kipas radiator. Biasanya relay memakai terminal 30 sebagai tempat arus baterai, sedang untuk beban ada di terminal 87. Code 30 dan 78 ini bisa juga disaksikan pada body relay motor kipas radiator.

Sambungkan dengan seutas kabel di antara terminal 30 dengan terminal 87 pada soket relay motor kipas radiator. Lantas ON-kan kunci contact. Bila motor kipas radiator dapat berputar, ini mengisyaratkan jika relay telah tidak baik kembali keadaannya dan perlu ditukar.

Bila semua pengecekan di atas hasilnya pada keadaan baik dan bagus, seharusnya kipas radiator mobil dapat berperan normal.

Tetapi, bila kipas radiator masih tidak dapat berputar, masih tetap ada 2 peluang yang dapat dicheck yakni water suhu sensor dan ECU. Khusus untuk pengecekan ECU diperlukan alat scanner untuk membaca faulty kode dan data stream saat sensor bekerja.

Oleh karenanya, bila pengecekan di atas telah dilaksanakan dan kipas masih tidak dapat berputar automatis sama sesuai kerja mesin, karena itu sebaiknya untuk periksakan mobil anda ke bengkel paling dekat paling dipercaya yang mempunyai alat pengecekan lebih komplet.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki kipas radiator mobil yang rusak, tidak berputar, dan lain sebagainya. Selain itu dibahas juga terkait penyebab kipas radiator mobil rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion