Roda Depan Mobil Bunyi Tek Tek: 8 Penyebab Dan Ulasan

Roda Depan Mobil Bunyi Tek Tek – Roda depan mobil bunyi tek tek bisa saja mengisyaratkan ada permasalahan dengan ball joint mobil Anda. Salah satunya sisi mobil yang terhitung kerap alami kerusakan adalah kaki-kaki. Lalu apa penyebab roda depan mobil bunyi tek tek?

Sebagai penyangga mobil keseluruhannya supaya bisa dipakai dengan maksimal, karena itu harus ada resiko yang dapat didapat jika tidak dirawat secara baik. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab roda depan mobil bunyi tek tek akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

roda depan mobil bunyi tek tek

Roda Depan Mobil Bunyi Tek Tek

Tidak boleh kira sepele bunyi ini karena pada intinya kaki-kaki mobil semestinya tidak memunculkan suara aneh untuk mengetahui kerusakan. Berikut adalah beberapa penyebab roda depan mobil bunyi tek tek yaitu:

1. Stabilizer Bar

Penyebab pertama roda depan mobil bunyi tek tek yaitu karena kerusakan pada stabilizer bar. Elemen ini bermanfaat untuk jaga ketinggian antara roda kanan dan kiri. Tentu saja saat terima gaya suspensi pada mekanisme. Umumnya stabilizer bar berada pada bagian roda depan kanan dan kiri.

Untuk yang belum mengetahui, wujud stabilizer bar seperti tangkai dengan 2 buah ball joint yang berada di masing-masing ujungnya. Jika sudah hancur, karena itu elemen ini dapat memunculkan bunyi, apa lagi saat membelok karena mekanisme kerjanya memang jalan saat roda mobil bermanuver.

2. Ball Joint

Anda ketahui jika dalam stabilizer bar ada ball joint. Nach rupanya ada sisi ini tetapi di elemen lain dan dapat mengakibatkan roda depan mobil bunyi tek tek. Persisnya berada di lower arm. Peranan ball joint di lower arm adalah jadi engsel untuk roda saat membelok.

Sama dengan stabilizer bar, jika sudah hancur maka memunculkan bunyi yang tidak wajar juga. Tetapi bukan hanya saat roda mobil membelok. Saat jalan lempeng dan melalui jalanan tidak rata, maka ada bunyi aneh.

3. Tie Rod End

Tie rod end adalah ujung dari mekanisme steering. Elemen ini menyambungkan lengan power steering dengan steering knuckle yang berada di roda. Sama dengan stabilizer baru , tie rod end mempunyai ball joint sebagai engsel supaya sisi power steering dengan roda dapat terus fleksibel.

Baca Juga  Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek : 4 Ulasan

Jika ball joint di tie rod end telah hancur atau kurang kuat, karena itu bunyi kletek-kletek sudah tentu ada. Kapan munculnya suara ini? Saat kemudi mobil sedang dibelokkan.

Tie rod sebagai elemen yang melanjutkan gerakan dari kemudi ke arah tempat ban. Tempat ini bekerja sebagai pengikat roda dan sebagai penerus gaya belok dari setir hingga mobil bisa berjalan baik saat anda lakukan perjalanan.

Kerusakan di bagian elemen ini dapat membuat kemudi mobil anda berasa kosong dan gerak setir di ruangan kemudi susah untuk dikontrol. Selain itu juga menyebabkan roda depan mobil bunyi tek tek saat di kendarai.

4. Shock Absorber

Peranan khusus dari shock absorber sama sama dengan namanya, yakni jadi peredam guncangan berlebihan pada mobil. Elemen yang seperti tabung ini berada dalam pegas spiral roda depan. Jika di roda belakang, shock absorber terpisah dengan pegas.

Permasalahan yang umum mendekati adalah kebocoran hingga ketahanannya lenyap. Pergerakan suspensi bisa menjadi terlalu berlebih sebagai mengakibatkan kedengar bunyi aneh saat melalui jalanan tidak rata termasuk roda depan mobil bunyi tek tek.

5. Wheel Bearing

Bearing roda adalah bantalan yang ada di ikatan jaringan kutub roda yang berputar-putar dengan knuckle arm. Dibuat dari beberapa tabung yang mengelilingi frame bantalan, peranan intinya adalah jaga supaya tidak ada gesekan langsung saat roda berputar-putar. Tetapi saat sisi ini bengkok atau remuk, maka ada bunyi aneh yang didengar oleh Anda. Makin kuat mobil, karena itu bunyinya akan makin keras.

Ada kasus di mana penyebab roda mobil depan mengeluarkan bunyi karena ada sisi dari depan mobil yang masuk ke kabin. Ini karena baut karet dukungan nya yang telah lembek. Status dari baut ini sendiri berada di karet dukungan. Peranan dari baut ini adalah untuk meredam dudukan yang dipakai menyokong shock breaker supaya tidak lepas dari tempatnya.

Untuk menanganinya, anda dapat memeriksa ditambah dhaulu baut itu dengan memakai kunci roda Bila berasa lembek dan kurang cocok, anda dapat rapatkan kembali baut itu. Kemudian tentu saja bunyi yang mengganggu itu akan lenyap dari mobil anda.

Baca Juga  Penyebab Magnetic Clutch Tidak Berputar: 7 Faktor & Dampak

6. Kerusakan Pada CV Joint

Kerusakan yang terjaid pada CV joint jadi penyebab dari timbulnya suara suara yang mengganggu dari roda depan mobil. Umumnya ini karena robeknya boot cv joint hingga membuat pelumas yang berada di CV joint keluar saat roda sedang berputar-putar. Bila hal ini selalu didiamkan karena itu pasti membuat cv joint tidak memperoleh pemulasan dan jadi kering.

Disamping itu kerusakan dari cv joint disebabkan karena ada air yang masuk ke karet boot cv joint hingga memunculkan bunyi yang mengganggu. Penyebab yang lain dapat karena umur cv joint yang telah terlalu lama hingga perlu ditukar sama yang baru.

7. Bushing Lower Arm Karet Sobek atau Pecah

Penyebab roda mobil depan bunyi tek tek yang lain dapat karena bushing lower arm karet yang telah sobek atau pecah. Umumnya sinyal tanda dari kerusakan ini adalah bila kedengar bunyi yang cukup mengganggu saat mobil berkendaraan, tidak cuman saat melalui jalan jalan yang berlubang saja tetapi saat melalui paving block. Akan kedengar bunyi seperti gluduk gluduk dari sisi depan roda anda.

8. Long Tierod Yang Telah Hancur

Kerusakan yang terjadi pada long tierod akan mengakibatkan bunyi bunyi yang mengganggu dari roda mobil anda. Long tierod ini benar-benar terkait dengan kemudi dan balancing. Long tierod umumnya dengan bahan dasar logam dengan peranan agar bisa melanjutkan gaya belok yang dari setir ke arah roda roda.

Bila long tierod ini telah aus, karena itu tentu saja kenyamann akan terusik karena akan timbulnya suara suara yang cukup bising dan tidak nyaman. Miirp seperti 2 buah logam besi yang beradu. Apa lagi bila anda memakainya dengan kecepatan yang tinggi bisa mengakibatkan konsistensi jadi terusik.

Diatas adalah beberapa penyebab roda depan mobil bunyi tek tek. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.