Ciri Selang Radiator Harus Diganti : 8 Gejala & Ulasan

ciri selang radiator harus diganti

Ciri Selang Radiator Harus Diganti – Kerusakan pada selang radiator dapat mengakibatkan berbagai hal yang fatal pada kendaraan. Oleh karena itu perlu pemeriksaan untuk mengetahui kondisi selang radiator apakah harus diganti atau tidak. Lantas apa ciri selang radiator harus diganti?

Selang radiator ini berguna sebagai tempat mengucurnya air mesin bersuhu panas ke radiator untuk di dinginkan. Oleh karena itu tanpa adanya radiator maka sistem pendingin tidak dapat bekerja.

Penggunaan pada sistem pendingin maka selang radiator terbagi menjadi dua yaitu selang besar untuk menyirkulasikan air radiator / coolant. Sementara yang kecil salurkan coolant di sepanjang intake manifold.

Sistem pendingin mengalirkan coolant dalam kondisi panas yang tinggi. Oleh karena itu selang radiator dibuat menggunakan bahan elastis yaitu karet namun memiliki daya tahan terhadap suhu tinggi.

Saat melakukan pengujian proses pedingin mesin, karenanya kita perlu untuk memeriksa selang radiator ini dengan jeli. Untuk memperjelasnya berkaitan ciri selang radiator harus diganti akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

ciri selang radiator harus diganti

Ciri Selang Radiator Harus Diganti

1. Sobek/Pecah

Ciri yang pertama apabila selang radiator harus diganti adalah saat selang radiator sudah sobek atau pecah. Apabila hal tersebut terjadi maka dapat membuat kebocoran air radiator di mana efeknya bisa membuat kerusakan berat dimesin seperti silinder head bengkok, piston macet dan silinder block baret.

Penyebab selang radiator pecah bisa terjadi akibat berbagai faktor misalkan usia pemakaian, tergesek benda keras lainnya disekitaran selang, sampai diserang pentalan kerikil tajam saat berkendara. Hal ini sudah jadi pertanda untuk mengganti selang radiator.

Baca Juga  Bila Udara Masuk Ke Dalam Bahan Bakar Diesel: Akibat & Penyebab

ciri selang radiator harus diganti

2. Keras dan retak-retak

Ciri kedua selang radiator harus diganti yaitu selang radiator retak atau keras saat dipegang. Selang adiator umumnya dibikin dengan bahan karet yang dilapisi jalinan benang ditengahnyanya.

Bertepatan dengan usia pakai dan beban kerja karena panas dari air radiator, karet selang radiator ini lama-lama menjadi keras, tidak plastis dan terlihat retak-retak. Kondisi luar selang masih terlihat bagus, tapi saat selang radiator dipijit, selang terasa keras dan terasa banyak retakan selain segi dalamnya.

Apabila kondisi seperti diatas maka semestinya tukar sesegera selang radiator itu sama dengan yang baru.

ciri selang radiator harus diganti

3. Menggembung saat diserang penekanan

Selang radiator dibuat secara terbatas sampai tidak mudah berlainan bentuk saat terjadi penekanan tinggi dalam selang. Oleh karena itu selang radiator, didalamnya terdapat benang benang yang disusun sedemikian rupa agar memiliki daya tekan yang tinggi.

Apabila hal diatas terjadi maka dipastikan bila jalinan benang dalam selang sudah putus sampai karet selang jadi menggelembung. Ini sudah tentu tidak boleh didiamkan karena selang bisa pecah setiap waktu tanpa kita kenali sampai dapat menyebabkan mesin overheat.

ciri selang radiator harus diganti

4. Sudah digunakan lebih dari lima tahun

Ciri selang radiator harus diganti selanjutnya yaitu penggunaan lebih dari lima tahun. Usia selang radiator umumnya hanya tahan sampai lima tahun saja.

Usia penggunaan yang lama akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas pada selang. Sebagai contoh seperti keras, retak-retak sampai pecah. Karenanya, betul-betul dianjurkan untuk kerjakan penggantian selang radiator saat usia selang sudah lebih dari lima tahun ke atas untuk menghindari pecahnya selang seaktu-waktu tanpa kita kenali.

Baca Juga  Penyebab Stang Motor Berat Sebelah: 8 Faktor Dan Perbaikan

5. Tanda suhu di dasbor memperlihatkan suhu yang tinggi

Disamping itu ciri selang radiator harus diganti bisa saja tanda suhu berpijar. Kerusakan pada mekanisme pendinginan akan mengakibatkan performa dari mekanisme pendinginan tidak optimal. Perihal ini pula yang bakal mengakibatkan lampu tanda berpijar.

6. Air radiator / coolant menyusut atau habis

Jika selang radiator sudah alami kebocoran karena itu pasti air radiator akan habis lama-lama. Apabila coolant cepat habis maka dapat menjadi salah satu ciri air radiator mengalami kerusakan dan harus diganti.

7. Kubangan air radiator / coolant di lantai

Kebocoran selang akan mengakibatkan munculnya kubangan air radiator pada lantai. Apabila timbul kubangan air radiator di lantai, maka perlu dipastikan terlebih dahulu asal tetesan coolant tersebut apa dari selang atau mekanisme pendingin lainnya.

8. Mobil overheat

Gejala lain selang radiator harus diganti ialah munculnya overheat pada mesin. Kebocoran pada selang radiator bisa mengakibatkan proses pendinginan tidak optimal hingga suhu mesin akan bertambah.

Di atas ialah pembahasan berkaitan ciri selang radiator harus diganti. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.