Lampu Indikator Motor Mati: 5 Penyebab & Cara Memperbaiki

Lampu Indikator Motor Mati – Dihampir semua motor injeksi mempunyai beragam lampu indikator (khususnya lampu mil atau check engine) pada speedometer. Tetapi kadang lampu indikator MIL atau Check Engine ini alami persoalan seperti mati. Lantas apa penyebab lampu indikator Motor Mati? Dan Bagaimana cara melakukan perbaikan?

Umumnya lampu indikator check engine atau mil akan berpijar saat kunci contact On dan mati saat mesin menyala. Selain itu ada pula lampu check engine berpijar saat kunci contact On selanjutnya mati selang beberapa saat.

Lampu indikator check engine ialah Mulfunction Indikator Lamp (MIL), lampu check engine secara umum dikendalikan oleh ECU atau ECM atau PCM, karenanya hidup dan matinya lampu check engine ialah di bawah kendalian ECU. Ada pula mobil yang telah dikendalikan oleh ECU tidak menggunakan lampu check engine, namun memakai lampu indikator powertrain dengan lambang yang lain dengan lambang lampu check engine

Salah satunya pertanda motor mulai hancur ialah saat lampu indikator motor berpijar dan berkedip-kedip terus-terusan atau bahkan juga lampu indikator motor mati. Bila pada kondisi normal lampu berpijar cuman perhitungan detik saja, tetapi jika ada elemen yang hancur karena itu lampu masih tetap berpijar.

Ada beberapa factor yang mengakibatkan lampu indikator motor mati. Ini mengisyaratkan bila ada permasalahan yang perlu diperbarui pada motor Anda. Berikut pembahasan berkaitan penyebab dan cara memperbaiki lampu indikator motor yang mati atau tidak ingin berpijar.

lampu indikator motor mati

Lampu Indikator Motor Mati

Ada banyak penyebab yang kemungkinan bisa menyebabkan lampu indikator motor mati salah satunya yakni:

1. Permasalahan pada Pulser

Factor pertama kali yang mengakibatkan lampu indikator motor tidak menyala dapat muncul karena permasalahan pada pulser atau pick up coil. Elemen ini berperan tentukan waktu pengapian pada CDI atau ECU ke SCR, selanjutnya memerintah SCR untuk buka kapasitor dan melepasnya.

Baca Juga  Penyebab Motor Brebet Di Putaran Tengah Dan Atas: 6 Faktor & Perbaikan

Bila pulser pada keadaan kurang kuat, ini akan mengakibatkan sepeda motor jadi terganggu seperti kekurangan bensin dan kerap kali berhenti. Pulser yang kurang kuat dapat mengusik pada mekanisme pengisian. Padahal pada sistem injeksi baterai sangat memiliki peran penting. Apabila hal ini terjadi lama maka dapat menjadi penyebab kerusakan pada lampu indikator.

2. Permasalahan ECU Motor

Perangkat yang ini penting pada motor Anda, masalahnya dalam ECU semua feature mesin injeksi akan dikendalikan. Salah satunya seperti riding model, bukaan bensin dan kombinasi udara.

Jika ECU alami kerusakan, ini dapat menghancurkan semua mekanisme mesin dari motor injeksi. Selain itu lampu indikator pada motor juga diatur hidupnya oleh ECU. Kerusakan pada ecu dapat menyebabkan lampu indikator motor tidak menyala.

3. Power Suplai Hancur

Kerusakan pada elemen ini dapat dikarenakan oleh regulator tidak berperan dan accu tidak berisi penuh. Tapi factor yang lain dapat karena bila terlampau penuh pengisiannya (over pengisian). Bila indikator memperlihatkan kedipan sampai 46 kali karena itu ini tanda ada kerusakan pada power suplai.

Power suplai rusak tentu tidak ada suplai arus listrik yang cukup pada ECU. Akibatnya ECU mendeteksi adanya kerusakan dan salah satunya dapat menyebabkan lampu indikator motor tidak menyala.

4. Sekering Putus

Selain itu sekring-sekring yang terkait dengan ECU juga berpengaruh. Tiap kendaraan memiliki ECU yang berbeda yang terkait dengan lampu check engine (ECU). Sekring ECU atau mungkin dengan lambang lampu check engine pada tutup box sekring. Sekering berkaitan dengan suplai listrik ke ECU.

Baca Juga  Lampu Sein Motor Tidak Berkedip: 7 Penyebab & Perbaikan

5. Motor Tidak Memiliki Lampu Indikator

Untuk motor konvensional terutama karbu biasanya belum memiliki lampu indikator mil atau check engine. Oleh karena itu tentunya ketika kunci kontak dinyalakan maka lampu indikator tidak akan muncul alias mati.

Cara Memperbaiki Lampu Indikator Motor Mati

Berikut sejumlah panduan cari penyebab lampu indikator mil atau lampu check engine motor mati saat kunci contact ON.

  1. Yang pertama perlu dilakukan adalah mengecek sekering sekering pada motor. Sekering motor dapat dicari di fuse box biasanya dekat dengan baterai atau aki motor.
  2. Disamping itu, cari penyebab lampu check engine tidak hidup pun tidak segampang cari sekring yang putus, kita harus ketahui jalur-jalur pada ecu yang terkait dengan power supply pada ECU.
  3. Bila memang memungkinkannya, pinjamkan dulu dari ECU motor lain yang serupa, saat sebelum memvonis ecu hancur. Ini bermanfaat untuk ketahui sesudah dipinjam ECU apa lampu check engine dapat hidup atau masih mati, atau apa masih tetap ada masalah pada lajur kabel kelistrikan.
  4. Check dengan scan tool, apa kehadiran ecu motor dapat terdeteksi dengan alat scan karena umumnya bila ada permasalahan pada ecu, scan tool tidak dapat mengetahui ada ECU dengan pesan Error Communication With Vehicle ECU.

Diatas adalah ulasan terkait lampu indikator motor mati baik penyebab maupun cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.