Bagian Bagian Motor Matic: 6 Komponen & Ulasan

bagian bagian motor matic

Bagian Bagian Motor Matic – Sepeda motor jenis matic atau transmisi otomatis sangatlah besar. Dalam penggunaannya terdapat beberapa bagian motor matic. Lalu apa saja bagian bagian motor matic?

Motor matic sangat cocok digunakan dengan kondisi jalanan yang ada di Indonesia. Jalanan yang seringkali macet dan cuaca yang panas, bisa disiasati dengan mengendarai motor matic. Hanya dengan gas rem yang kontrolnya ada di tangan, tentunya tidak mengeluarkan banyak tenaga seperti motor manual, di kala terjebak dalam kemacetan. Selain itu, menggunakan motor matic, sangat cocok untuk menembus jalan-jalan tikus saat kondisi macet tidak terelakan lagi.

Meski menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara, pemilik motor matic tetap harus menjaga kondisi motor agar bisa awet dan tidak mengalami kendala di kemudian hari. Ada beberapa bagian bagian penting pada motor matic. Berikut ulasan terkait bagian bagian motor matic dan fungsinya yang ada pada kendaraan.

bagian bagian motor matic

Bagian Bagian Motor Matic

Berikut ini sebagai beberapa bagian bagian motor matic yang penting teman dekat kenali, yang salah satunya adalah:

1. Engine (Mesin) Sepeda Motor

Bagian bagian motor matic yang pertama yaitu engine atau mesin. Secara umum mesin atau engine mempunyai peran penting dan sebagai sumber tenaga yang berperan buat mengooperasikan performa kendaraan.

Yang mana pada umumnya engine yang sering digunakan pada sepeda motor adalah engine proses pembakaran dalam ( intern combustion engine ) di mana proses itu dapat berjalan dengan disokong oleh bahan bakar bensin.

Disamping itu pada engine ada juga sebauh mekanisme yang berperanan sebagai pendinginan, pengapian, pemulasan, proses katup, dan beberapa bagian mesin yang lain.

a. Kepala Silinder (Silinder Head)

Mesin sepeda motor mempunyai beberapa komponen yang berperanan utama pada motor tersebut. Dan komponen pertama kalinya adalah Kepala Silinder (Silinder Head). Yang manfaat biasanya sebagai penutup lubang silinder pada website silinder.

Manfaatnya yang gampang untuk dimengerti yakni jadi tempat busi mesin tersebut. Kepala silinder (Silinder Head) yang berada di bagian website silinder itu memiliki komponen yang lain namanya Gasket.

Gasket tersebut berperan sebagai pencegah berlangsungnya kebocoran pada mesin. Kepala silinder (Silinder Head) memiliki fungsi sebagai anti karat dan bisa bertahan pada temperatur panas, bahkan juga untuk panas yang tingkatnya benar-benar tinggipun bisa ditahannya karena dibuat berbahan yang tercampur dengan Alumunium.

Selanjutnya ada yang memiliki bentuk seperti sirip di bagian Kepala Silinder (Silinder Head) itu berperan sebagai penetral panas pada mesin.

b. Block Silinder (Silinder Block)

Block Silinder (Silinder Blok) ini adalah salah satunya komponen mesin motor yang mempunyai manfaat sebagai tempatnya piston untuk proses pendorong.

Pada bagian ini memiliki komponen yang namanya Silinder Liner, Yang di mana ke-2 komponen ini bisa sama-sama tersambung jadi satu.

Block Silinder dan Silinder Liner bisa terpisah jika Silinder Liner mulai kering atau kehausan yang terlalu berlebih oleh karena berlangsungnya gesekan terus-terusan dengan piston.

Jika terjadi semacam itu karena itu Silinder Linernya dapat ditukar sama yang baru, dan untuk Block Silindernya tersebut terpasang sebagai penahan panas dan bertahan untuk temperatur panas yang tinggi capai tingkat maksimal.

Baca Juga  Fungsi Brake Shoe Pada Rem Tromol & Ulasan

c. Bak Engkol Mesin (Crankcase)

Bak Engkol Mesin (Crankcase) ini adalah komponen mesin yang memiliki manfaat sebagai kopling mesin, alternator atau generator, pompa oli dan kutub engkol.

Di mana Bak Engkol Mesin (Crankcase) ini dibikin oleh kombinasi logam dan alumunium. Dan berada di bagian bawah mesin silinder.

d. Torak (Piston)

Torak (piston) adalah komponen mesin sepeda motor yang mempunyai manfaat sebagai pemindah tenaga satu mesin yang dibuat proses dari pembakaran bahan bakar ke arah kutub engkol atau dikenali bernama crank shaft dan melalui tangkai torak tersebut.

e. Cincin Torak (Ring Piston)

Cincin torak (Ring Piston) adalah salah satunya komponen mesin yang mempunyai manfaat sebagai pencegah berlangsungnya satu bocor gas di saat sedang jalani proses kompresi.

Dan daripada itu Cincin torak tersebut memiliki manfaat yang lain yakni sanggup meminimalisir proses berlangsungnya oli bisa masuk ke tempat pembakaran mesin dan dapat secara cepat mengalihkan panas dari piston ke arah dinding silinder.

f. Kutub Engkol (Crank Shaft)

Kutub engkol (Crank Shaft) adalah komponen mesin sepeda motor yang mempunyai manfaat sebagai pengubah proses gerak naik dan turunnya torak agar bisa bergerak berputar-putar- putar hingga secara cepat jalankan sebuah roda sepeda motor.

g. Laher (Bearing Kruk As)

Laher (Bearing Kruk As) adalah salah satunya komponen mesin sepeda motor yang mempunyai manfaat agar bisa menahan proses kekeringan atau kehausan yang terlalu berlebih pada silinder liner dan bisa meminimalisir satu gesekan yang bisa jadi terjadi di tempat kutub engkol.

h. Roda Edan (FlyWheel)

Roda edan (FlyWheel) adalah salah satunya komponen mesin sepeda motor yang mempunyai manfaat sebagai area untuk menyimpan satu tenaga putar yang dibuat saat lakukan proses engkol dan terus bekerja bersama komponen yang lain.

i. Katup (Valve) Pegas Katup (Valve Spring) dan Pelatuk Klep (Rocker Arm)

Katup, Pegas katup, dan Pelatuk klep adalah sebagai satu kombinasi komponen dari beberapa komponen yang memiliki manfaat berbeda- berbeda dari setiap komponen itu. Bagian ini bermanfaat sebagai penutup dan pembuka tempat aliran masuk dan aliran buangnya.

Dan fungsi pegas katub sebagai pengembalian katub- katub disamakan dengan tempat status awalannya dan bisa memunculkan penekanan ke katub agar bisa ditutup dengan rapat. Dan manfaat tuas katub itu sebagai pemberi penekanan ke katub supaya bisa terbuka.

j. Tangkai Penggerak (Push Rod) dan Piranti Katup (Valve Lifter)

Tangkai Penggerak (Push Rod) adalah salah satunya komponen mesin sepeda motor yang mempunyai manfaat sebagai penerus satu gerakan sebuah piranti katub ke arah rocker arm.

Dan manfaat dari piranti katub tersebut sebagai pemindah satu pergerakan rocker arm melalui push rod (Tangkai penggerak).

k. Kutub Bubungan/ Karter dan Pena Torak

Kutub Bubungan adalah salah satunya komponen mesin sepeda motor yang mempunyai manfaat sebagai pembuka dan penutup satu katub yang terserang jatuhan dari oli pelumas di bagian karter lalu torak- toraklah yang hendak menyambungkan ke connecting rod melalui lubang bushing pada pena torak.

Baca Juga  Komponen Sistem Pengapian : 10 Komponen Dan Ulasan

l. Bantalan Luncur Aksial/ Timming Chain dan Dudukan Katup

Bantalan Luncur Aksial, Timming Chain dan Dudukan Katup adalah komponen- komponen yang ada di mesin sepeda motor dan mempunyai manfaat yang berbeda- berbeda.

Manfaat bantalan luncur aksial sebagai penahan kutub engkol. Dan timming chain manfaatnya sebagai penyambung kutub engkol dengan kutub yang lain. Dan dudukan katub manfaatnya sebagai tempat dudukan katub saat tutup.

2. Kelistrikan

Selain itu bagian bagian motor matic yang selanjutnya yaitu kelistrikan. Pemahaman Kelistrikan adalah sebagai satu serangkaian yang ada pada sepeda motor. Di mana kelistrikan sendiri mempunyai fungsi sebagai salah satunya simpatisan agar kendaraan dapat bekerja dengan sebagaiman harusnya, yang kelistrikan mesin yang salah satunya mencakup mekanisme pengapian yang nanti akan bekerja pada busi, selanjutnya kelistrikan body yang hendak bekerja sebagai mekanisme pencahayaan, sama dalam lampu panel dan beberapa macam kelengkapan yang lain.

3. Chasis

Yang ketiga, bagian bagian motor matic yang selanjutnya yaitu chasis. Chasis berperan sebagai dudukan (peletakan) semua komponen yang membuat kendraan dan mengatur jalannya kendaraan chasis terbagi dalam beberapa unit.

4. Kerangka

Fungsi dari kerangka yang merupakan bagian bagian penting pada motor matic adalah untuk dudukan dari semua bagian motor misalkan seperti mesin, lalu cover bodi, mekanisme kelistrikan, selanjutnya unit sebagai pengontrol, dan lain-lain.

5. Pemindah tenaga (Power train)

Bagian bagian motor matic yang kelima yaitu pemindah tenaga. Fungsi dari power train sendiri adalah agar lakukan perpindahan tenaga mesin ke roda dalam prosesnya, yang mana dalam masalah ini berdasar pada kenaikan kecepatan kecepatan kendaraan.

Nach pada pemindah tenaga ini yang salah satunya tersusun atas transmisi, rantai, sprocket dan roda.

6. Setir (steering)

Bagian bagian motor matic yang terakhir yaitu setir. Yang mana fungsi dari steering sendiri adalah untuk mengontrol arah di saat kendaaran jalan, di mana ini bisa dilaksanakan dengan tempatkan dua roda, yaitu depan yang berperanan sebagai pemasti arah yang sudah dirangkai dengan stang setir, seterusnya supaya semua bisa bekerja dengan bai, karena itu tentu saja harus dikasih garpu depan ( front fork ).

Sama seperti yang kita ketahui, yang mana fungsi dari rem sendiri adalah untuk kurangi kecepatan kendaraan. Dengan memakai mekanisme pengereman ini, karena itu kendaraan yang anda selanjutnya dengan kecepatan yang tinggi saat itu juga kendaraan itu akan stop.

Diatas adalah ulasan terkait bagian bagian motor matic yang sebenarnya juga hampir sama dengan motor bebek manual. Yang membedakan pada bagian bagian motor matic yaitu pada sistem pemindah tenaga yang menggunakan CVT. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.