Ukuran Celah Klep Vixion: Ukuran Dan Penyetelan

Ukuran Celah Klep Yamah Vixion – Menyetel ukuran dari setelan klep motor standard sepintas kelihatan benar-benar mudah. Namun hal ini tentu tidak boleh sembarangan karena akan berpengaruh pada perfoma motor terutama dari celah klep. Lalu berapa ukuran celah klep vixion?

Dalam menyetel kerenggangan klep motor yamaha vixion selain perlu kecermatan, akurasi juga penting supaya perform motor selalu terlindungi. Bila dahulu banyak teknisi menyetel katup klep masih memakai naluri/hati, berlainan dengan zaman saat ini yang telah kekinian.

Untuk menyetel klep motor sekarang telah ada alatnya, namanya fuller dan umumnya disebutkan puler. Menyetel kerapatan klep motor tidak sekadar rapat dan kendur, semuanya ada ukuran masing-masing.

Cara penyetelan klep motor semua sama tetapi ukuran dari kerenggangan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya terkait ukuran celah klep vixion dan cara menyetelnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ukuran celah klep vixion

Ukuran Celah Klep Vixion

Tidak dapat disangkal kembali bila menyetel klep motor itu perlu kecermatan yang tinggi dan jangan sembarangan. Bila ceroboh sedikit saja, maka berpengaruh jelek untuk perform motor atau konsumen setia bengkel.

Yamaha Vixion sebagai motor nakedbike yang terlaku sekarang ini. Perawatan yang murah dan gampang dan part onderdil gampang dicari.

Suara kasar atau ngelitik yang ada di kepala silinder umumnya dikarenakan oleh celah klep yang terlampau kendur atau tangkai klep yang tidak rata karena aus. Tanda-tanda ini umumnya akan ada saat motor masuk umur di atas tiga tahun dalam penggunaan normal.

Baca Juga  Cara Membuat Setir Manual Ringan: 5 Cara & Ulasan

Sepeda motor Yamaha Vixion terhitung tipe sepeda motor dengan mesin 4 tak dan didalamya terdapat mekanisme kerja katup.

Berikut ukuran standard celah klep/katup sepeda motor Yamaha Vixion yaitu:

1. Ukuran standard celah klep katup Yamaha Vixion Lama

Untuk ukuran celah katup masuk atau intake valve sebesar 0.15 mm, dan ukuran celah katup buang atau exhaust valve sebesar 0.18 mm

2. Ukuran standard celah klep katup Yamaha New Vixion

Untuk ukuran celah katup masuk atau intake valve sebesar 0.15 mm, dan ukuran celah katup buang atau exhaust valve sebesar 0.18 mm

Cara Menyetel Klep Yamaha Vixion

Setelah mengetahui ukuran celah katup vixion maka perlu diketahui pula cara menyetelnya. Katup Yamaha Vixion belum terhitung tipe katup VVT-i, hingga perlu dilaksanakan penyetelan katup secara periodik. Dan katup konservatif memakai rocker arm untuk menekan katup, sehinggan celah ujung rocker arm dengan katup harus disetel sama sesuai ukuran standard celah katup masing-masing type sepeda motor

Untuk menyetel klep yakinkan motor harus kita panasi dahulu mesinnya untuk mendapat keadaan suhu mesin yang bagus, tidak boleh meyetel pada keadaan mesin dingin karena tingkat pemuaian saat mesin panas akan berlainan saat menyetel celah klep pada keadaan dingin. Berikut cara menyetel klep pada motor yamaha vixion yaitu:

  1. Membuka shroud kiri kanan, bebaskan radiator, bak, dan jok motor.
  2. Bebaskan busi, selang vakum air induction sistem.
  3. Melepas bagian air cut-off valve, reed valve,pelat reed valve, penutup silinder head.
  4. Bebaskan baut penutup timing dan baut penutup cranksaft untuk menyaksikan pertanda timing.
  5. Putar crankshaft arah ke kiri mencari pertanda TMA pada rotor generator magnit dan yakinkan pertanda TMA pas dengan bak penutup magnit.
  6. Ukur celah klep memakai feuler gauge.
  7. Kendorkan mur pengunci pelatuk klep (temlar).
  8. Masukan feuler gauge antara ujung tangkai klep dan ujung baut penyetel pada klep.
  9. Putar baut penyetel hingga didapatkan kelongggaran celah klep
  10. Celah klep yang pas di antara 0,10 mm untuk IN dan 0,20 mm Untuk EX.
  11. Mengencangkan mur pengunci sekalian tahan baut geprekel supaya celah klep tetap sama.
  12. Check kembali celah klep
  13. Pasang kemballi baut cup crankshaft dan baut cup timing.
  14. Pasang gasket penutup silinder head, pelat reed valve, reed valve, air cut-off valve, selang air induction sistem, tutup busi,radiator bak,dan jok.
Baca Juga  Penyebab Radiator Panas : 10 Faktor & Cara Memperbaiki

Diatas adalah ulasan terkait ukuran celah klep vixion dan cara menyetelnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -