Troubleshooting Transmisi Otomatis: 17 Kerusakan & Cara

troubleshooting transmisi otomatis

Troubleshooting Transmisi Otomatis – Transmisi otomatis yang tidak memakai mekanisme electronic kembali, hingga akan berlainan pada mekanisme transmisi manual. Tetapi kadang ada persoalan. Oleh karenanya perlu dilaksanakan troubleshooting kerusakan transmisi otomatis.

Tetapi dengan lakukan perawatan teratur, mobil matic masih tetap bisa mempunyai peforma yang optimal. Disamping itu, karena ada perawatan teratur anda dapat ketahui bila terjadi kerusakan pada mobil matic anda. Hingga nanti permasalahan yang ada dapat langsung diperbaiki.

Berikut pembahasan berkaitan troubleshooting kerusakan pada transmisi otomatis yang lebih dalam dan terang dan cara melakukan perbaikan.

troubleshooting transmisi otomatis

Troubleshooting Transmisi Otomatis

Ada banyak gejala kerusakan yang ada pada transmisi otomatis dan bagaimana cara melakukan perbaikan.

1. Terjadi Hentakan Saat Peralihan Gigi

Mobil matic keluaran terkini sekarang ini umumnya telah diberi dengan mekanisme peralihan gigi yang cukup lembut, tetapi bila peralihan ini masih dirasakan sedikit kurang lembut karena itu hal itu lumrah saja terjadi. Namun bila saat peralihan gigi awalnya berasa sebuah hentakan bahkan juga membuat mobil seolah tergerak secara mendadak, karena itu tentu saja hal itu perlu dicurigai.

Hal ini mengisyaratkan bila terjadi permasalahan pada mekanisme transmisi mobil matic. Kerusakan ini umumnya karena permasalahan pada mekanisme mekanis atau pada mekanisme elektronis. Anda bisa mengeceknya dengan memakai soket OBD yang ada di engine scanner.

2. Getaran Pada Mobil

Getaran pada kendaraan bisa disebutkan sebagai sebuah hal yang normal karena mesin mobil yang bekerja. Tetapi bila getaran yang ada justru berasa mengganggu, karena itu hal itu bisa saja karena permasalahan pada mekanisme transmisi mobil.

Disamping itu getaran itu bisa juga karena permasalahan pada kampas kopling yang mulai aus. Hingga memunculkan ada gesekan yang terjadi di amplas kopling. Ini yang membuat berlangsungnya getaran saat mobil dikemudikan.

3. Tarikan Berat Atau Terkadang Terganggu

Kadang mesin bisa bergetar bahkan juga menghentak saat pedal gas sedang diinjak dan pedal rem yang dilepaskan perlahan-lahan. Bila keadaan seperti itu, karena itu kemungkinan ada 2 kerusakan yang terjadi. Pertama bila transmisi matic dengan tipe elektrik kemungkinan ada kerusakan di bagian solenoid pressure (TCM Speed Sensor).

Permasalahan ke-2 ialah pada tipe transmisi otmatis konservatif, umumnya karena kebocoran pada oli mesin atau oli mesin pada kondisi kotor dan lama tidak ditukar hingga jadi mengakibatkan penekanan yang mana pada akhirnya tidak sanggup mengusung peralihan gigi yang terjadi pada perputaran mesin.

4. Sulit Memakai Gigi Mundur

Jika mesin alami kerusakan yang cukup kronis, karena itu permasalahan yang bisa terjadi akan lebih banyak. Salah satunya kerusakan yang umum terjadi pada mobil matic ialah sulit saat memakai gigi mundur. Umumnya ini muncul karena kerusakan yang ada di mekanisme mekanis transmisi otomatis yang mana bisa memunculkan kerusakan pada tuas gigi mundur.

Baca Juga  Ukuran Momen Torsi Baut Mitsubishi Colt T120ss: 45 Ukuran

5. Tuas Gigi Susah Bahkan juga Tidak Dapat Dipindah

Kerusakan semacam ini umumnya terjadi saat switch yang ada di mekanisme transmisi otomatis mobil alami kerusakan. Ini kadang membuat status tuas gigi jadi terbelit serta tidak bisa dipindah dari model perking. Walau sesudah seringkali pada akhirnya bisa dipindah tetapi bila permasalahan ini tidak segera diperbaiki karena itu sudah pasti membuat keadaan cuman makin kronis saja.

6. Terjadi Slip Atau Ngelos

Permasalahan yang lain yang umum terjadi pada mobil matic ialah berlangsungnya slip atau ngelos yang aman karena gearbox planetary gear set atau yang dikenali dengan transmisi otomatis sejenis tahap AT. Umumnya permasalahan ini terjadi saat peralihan dari gigi 1 ke gigi 2. Tipe mobil ini sering terjadi slip atau ngelos saat mulai jalan.

Untuk menyaksikan apa mobil matic anda alami slip atau ngelos, anda dapat coba jalankan mobil dengan status tuas di D dan mencapai pedal gas. Di saat peralihan gigi terjadi, mobil akan berasa seperti mengayun. Tetapi jika terjadi slip atau ngelos maka membuat peralihan gigi tidak berjalan baik di saat peralihan gigi 1 ke gigi 2 yang membuat mobil kehilangan power dan ada suara raungan pada mesin.

7. Tidak Kuat Saat Naik

Ciri mobil matic memiliki masalah yang lain ialah mobil yang tidak kuat dipakai saat jalanan tanjakan. Walau tuas transmisi telah beralih pada status L atau 1, bahkan juga pedal gas telah terinjak dalam-dalam tetap mobil tidak kuat saat jalan ke tanjakan.

8. Gigi Tidak Bisa Beralih

Bukan hanya tuas gigi saja yang memiliki masalah, gigi pada mekanisme transmisi dapat memiliki masalah seperti tidak bisa dipindahkan-pindahkan. Kerusakan ini umumnya terjadi pada tuas yang bisa dipindah tetapi gigi transmisi tidak bisa beralih. Gejala kerusakan semacam ini umumnya terjadi karena kabel gearbox yang terkupas bahkan juga putus.

9. Konsumsi Bahan Bakar Jadi Boros

Hal ini benar-benar biasa terjadi pada mobil matic, ini umumnya karena torsi pada mesin tidak bisa tersalurkan dengan optimal ke arah roda hingga diperlukan perputaran mesin yang lebih hingga membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

10. Peralihan Transmisi Terkadang Terganggu

Bila keadaan ini terjadi pada mobil anda, kemungkinan sja masalah itu terjadi pada mekanikal transmisi. Bila keadaan ini terus-terusan didiamkan demikian saja, karena itu sudah pasti membuat keadaan kerusakan mobil semakin kronis dan gigi transmisi akan terkunci. Sudah pasti ini akan bahaya karena umum terjadi pada transmisi mundur (R). Anda dapat coba memeriksa pada kabel gearbox, apa alami kelupasan atau mungkin tidak.

Baca Juga  Penyebab Shock Depan Keras Dan Cara Mengatasi

11. Jalan Mobil Seperti Ketahan

Saat mobil sedang jalan dan anda melepas pedal gas, karena itu secara otomatis kecepatan mobil akan perlahan-lahan menyusut. Tetapi bila mobil matic alami permasalahan, ini tentu saja membuat mobil jadi terganggu lebih dulu baru selanjutnya bisa jalan seperti umumnya.

12. Terbelit Pada Gigi Yang Paling Atas

Ciri ciri yang lain dari mobil matic yang memiliki masalah umumnya pada mekanisme transmisi yang tidak bisa bergerak dari gigi yang tertinggi, tidak bisa naik atau turun seolah terbelit pada gigi yang palung atas. Ini umumnya karena feature TCM yang ada di mekanisme transmisi ada kerusakan pada sensor yang mengakibatkan semua sisi dari mekanisme TCM mengirimi perintah supaya sisten transmisi masih tetap ada di status netral.

Bila keadaan ini terjadi karena itu anda bisa menyaksikan signal engine cek yang ada di instrument panel. Untuk menanganinya karena itu cepatlah membawa mobil anda ke bengkel paling dekat.

13. Suara Ganjil Saat Beralih Transmisi

Kerusakan yang umum terjadi pada mobil matic ialah ada suara suara ganjil yang terjadi saat mekanisme transmisi dipindah, contoh dari P ke R atau dari N ke D. Suara ganjil ini dapat karena ada kerusakan pada mekanisme transmisi otomatis pada mobil anda.

14. Berasa Ada Berbau Oli Terbakar

Jika anda menghirup bau oli terbakar pada mobil matic anda, karena itu hal itu dapat terjadi karena mekanisme transmisi yang alami overheating yang pada akhirnya mengakibatkan berlangsungnya pengurangan pada volume pelumas transmisi. Ini umumnya karena terjadi kebocoran atau keadaan pelumas yang telah kotor.

15. Kebocoran Pada Cairan Transmisi

Permasalahan Transmisi Matic yang lain ialah saat terjadi kebocoran pada cairan transmisi. Perlu anda kenali, cairan transmisi sebagai poin utama pada mobil matic karena terkait dengan kekuatan pada transisi gear. Hingga bila terjadi kebocoran pada cairan transmisi maka memunculkan permasalahan yang lumayan serius pada mobil anda.

16. Ada Suara Keras Saat Status Netral

Bila anda dengar suara keras saat status mobil pada kondisi netral, karena itu ini bisa mengisyaratkan bila keadaan mobil matic anda memiliki masalah. Ini karena keausan yang terjadi pada bearing bearing, khususnya di bagian input shaft.

17. Tidak Responsive

Bila mobil matic anda keluarkan suara raungan saat mencapai pedal gas tetapi jalannya mobil tidak seperti umumnya karena itu dapat jadik ini karena pelat kopling yang telah tipis hingga membuat performa dari bodi valve jadi menurun.

Diatas adalah beberapa ulasan terkait troubleshooting kerusakan pada transmisi otomatis baik gejala, penyebab, dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.