Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak: 6 Tanda, Penyabab, & Perbaikan

Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak Dan Cara Memperbaiki – Relay starter mobil adalah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari baterai ke starter motor saat kendaraan dihidupkan. Namun, relay starter dapat rusak karena berbagai alasan, seperti kontak-kontak yang kotor atau korosi, kerusakan pada kabel-kabel, atau kerusakan pada baterai atau starter motor.

Ciri-ciri dari relay starter yang rusak bisa berupa kendaraan yang tidak dapat dihidupkan, klakson yang berbunyi saat mencoba menghidupkan kendaraan, lampu indikator pada dashboard yang menyala, suara klik saat mencoba menghidupkan kendaraan, starter yang tidak berputar saat mencoba menghidupkan kendaraan, atau konsumsi baterai yang tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti mengganti relay starter, membersihkan kontak-kontak, mengecek kabel-kabel, dan memeriksa baterai dan starter motor. Untuk lebih jelasnya terkait ciri-ciri relay starter mobil rusak, penyebab, dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri-ciri relay starter mobil rusak

Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak

Beberapa ciri-ciri yang dapat menunjukkan bahwa relay starter mobil Anda rusak adalah:

1. Kendaraan tidak dapat dihidupkan

Salah satu ciri-ciri utama bahwa relay starter mobil rusak adalah kendaraan tidak dapat dihidupkan sama sekali atau sulit untuk dihidupkan. Hal ini disebabkan karena relay starter tidak dapat membuat arus listrik yang cukup besar untuk menghidupkan starter mobil.

2. Klakson berbunyi saat mencoba menghidupkan kendaraan

Saat relay starter rusak, klakson dapat berbunyi saat Anda mencoba menghidupkan kendaraan. Hal ini disebabkan karena arus yang salah mengalir ke klakson, karena relay starter tidak dapat memisahkan arus listrik yang diperlukan untuk menghidupkan starter mobil dan arus listrik yang diperlukan untuk klakson.

3. Lampu indikator pada dashboard menyala

Ciri-ciri lain relay starter mobil rusak, lampu indikator pada dashboard dapat menyala, menandakan adanya masalah pada sistem starter. Hal ini disebabkan karena sistem elektronik kendaraan dapat mendeteksi masalah pada sistem starter dan menyalakan lampu indikator.

Baca Juga  Segitiga Motor Bengkok: 6 Penyebab, Gejala, Dan Cara Memperbaiki

4. Suara klik saat mencoba menghidupkan kendaraan

Saat relay starter rusak, Anda mungkin mendengar suara klik saat mencoba menghidupkan kendaraan, yang menandakan bahwa sistem starter tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini disebabkan karena relay starter tidak dapat mengalirkan arus listrik yang cukup besar untuk menghidupkan starter mobil.

5. Starter tidak berputar saat mencoba menghidupkan kendaraan

Ciri-ciri selanjutnya relay starter mobil rusak, starter tidak akan berputar saat mencoba menghidupkan kendaraan, karena listrik tidak dapat mengalir ke starter. Hal ini disebabkan karena relay starter tidak dapat mengalirkan arus listrik yang cukup besar untuk menghidupkan starter mobil.

6. Konsumsi baterai yang tinggi

Ciri-ciri terakhir relay starter mobil yang rusak dapat menyebabkan konsumsi baterai yang tinggi, karena baterai harus bekerja keras untuk menghidupkan kendaraan. Hal ini disebabkan karena relay starter tidak dapat mengalirkan arus listrik yang cukup besar untuk menghidupkan starter mobil.

Ingatlah bahwa gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh masalah lain selain relay starter, Sebaiknya memeriksa dan memperbaiki dengan bantuan profesional untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada kendaraan Anda.

Penyebab relay starter mobil rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri relay starter mobil rusak maka perlu dipahami juga terkait penyebabnya. Ada beberapa penyebab relay starter mobil dapat menjadi rusak, diantaranya:

  1. Kontak-kontak yang kotor atau korosi. Salah satu penyebab utama relay starter rusak adalah kontak-kontak yang kotor atau korosi. Kontak-kontak yang kotor atau korosi dapat menyebabkan arus listrik tidak dapat mengalir dengan lancar melalui relay starter.
  2. Kerusakan pada kabel-kabel. Kerusakan pada kabel-kabel yang menghubungkan relay starter dengan sistem elektronik kendaraan dapat menyebabkan relay starter rusak.
  3. Baterai yang rusak. Baterai yang rusak dapat menyebabkan relay starter rusak karena arus listrik yang tidak stabil.
  4. Starter motor yang rusak. Starter motor yang rusak dapat menyebabkan relay starter rusak karena arus listrik yang tidak dapat mengalir dengan lancar melalui starter motor.
  5. Kurangnya perawatan. Kurangnya perawatan pada relay starter dapat menyebabkan relay starter rusak karena kontak-kontak yang tidak diperlakukan dengan baik dan tidak diperiksa secara teratur.
  6. Overheating. Overheating dapat menyebabkan relay starter rusak karena komponen elektronik yang rusak atau kurangnya pendinginan.
  7. Penuaan
Baca Juga  Indikator Bensin Motor Tidak Akurat: 6 Faktor Dan Perbaikan

Cara Memperbaiki Relay Starter Mobil Rusak

Selain ciri-ciri relay starter mobil rusak dan penyebab maka perlu dipahami bagaimana cara memperbaiki. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki relay starter mobil yang rusak adalah:

  1. Ganti relay starter. Salah satu cara untuk memperbaiki relay starter yang rusak adalah dengan mengganti relay starter yang rusak dengan yang baru. Anda dapat menemukan relay starter yang cocok dengan tipe kendaraan Anda di toko suku cadang mobil.
  2. Bersihkan kontak-kontak. Jika relay starter Anda rusak karena kontak-kontaknya kotor atau korosi, Anda dapat membersihkan kontak-kontak tersebut dengan menggunakan bahan kimia pembersih atau mengecat dengan cat semprot.
  3. Periksa kabel-kabel. Pemeriksaan kabel-kabel yang menghubungkan relay starter dengan sistem elektronik kendaraan Anda, pastikan tidak ada kabel yang putus atau kendor.
  4. Periksa baterai. Pastikan baterai kendaraan Anda dalam keadaan baik dan memiliki cukup daya, jika baterai sudah tidak dalam kondisi baik, sebaiknya diganti.
  5. Memeriksa starter motor. Pastikan starter motor tidak ada masalah, jika starter motor tidak dalam kondisi baik, sebaiknya diganti.
  6. Periksa kontak-kontak pada kunci. Periksa kontak-kontak pada kunci, pastikan tidak ada yang rusak atau kendor, jika ada segera diganti.

Ingatlah bahwa sebaiknya memeriksa dan memperbaiki dengan bantuan profesional untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada kendaraan Anda dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

Diatas adalah ulasan terkait ciri-ciri yang dapat menunjukkan bahwa relay starter mobil Anda rusak, penyebab, dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -