Lampu Motor Putus Saat Di Gas: 3 Penyebab & Cara

Lampu Motor Putus Saat Di Gas – Kadang muncul beragam persoalan pada mekanisme pencahayaan, satu diantaranya lampu motor putus. Lantas apa penyebab lampu motor putus saat di gas? Dan bagaimana cara memperbaiki?

Lampu pada sepeda motor membuat elemen yang ini selalu harus pada kondisi baik, jangankan tidak berpijar, lampu motor yang redup juga cukup membuat kita kesusahan dalam berkendaraan saat malam hari.

Jadi karena hal itu pengendara harus menukar bohlam lampu saat putus, tetapi cukup banyak pengendara alami bohlam lampu putus walau sebenarnya barusan menukar bohlam lampu sama yang baru. Putusnya bohlam ini umumnya pada saat motor dipacu tinggi.

Berikut ulasan terkait lampu motor putus saat di gas baik penyebab atau cara memperbaiki yang akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

lampu motor putus saat di gas

Lampu Motor Putus Saat Di Gas

Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan lampu motor putus saat di gas walau telah menukarnya sama yang baru. Berikut sejumlah pemicunya.

1. Bukan Lampu Asli Pabrikasi

Salah satunya hal yang mengakibatkan lampu motor kerap putus yakni memakai lampu yang bukan asli pabrikasi. Ini sering dilaksanakan oleh pengendara sepeda motor yang jemu dengan mode lampu orisinal pabrikasi.

Sama seperti yang dijumpai, lampu pabrikasi tampilkan mode standard hingga cukup banyak pengendara motor yang memakai lampu macam. Ini bisa saja asal memerhatikan ukuran watt lampu itu.

Baca Juga  Cara Mengetahui Kaki Kaki Mobil Rusak: 10 Ciri & Ulasan

Selain itu dalam proses pemasangan lampu jangan memaksa ukuran watt berlebihan yang tidak sesuai motor anda sebab bisa membuat lebih gampang putus.

2. Kiprok Hancur

Lampu motor yang cepat putus bisa juga karena dari kiprok yang hancur. Perlu buat anda kenali jika kiprok yang hancur dapat mengusik proses pengisiannya.

Permasalahan ini akan membuat tingkat kelistrikan yang ke arah bohlam jadi berlebihan. Bila masih tetap didiamkan, lampu motor anda akan gampang putus.

3. Overcharge

Overcharge dalam isi arus listrik yang terlalu berlebih ke accu dapat membuat lampu motor cepat putus. Ini karena saat motor dipacu sampai batasan maksimumnya, pengisiannya jangan lebih dari 14,5. Tetapi ada pula type yang 15,5.

Jika pengisiannya lebih dari 15,5, karena itu telah terhitung overcharge. Pada keadaan ini, tidak cuman lampu motor yang putus, tetapi accu sebagai panas berlebihan.

Adapun hal yang mengakibatkan overcharge yakni lajur pengisiannya yang memiliki masalah. Bisa disebabkan kiprok, spul, atau accu yang hancur.

Cara Memperbaiki Lampu Motor Putus Saat Di Gas

Untuk pastikan kiprok ini hancur seharusnya membawa motor kebengkel keyakinan sahabat untuk dilaksanakan pengujian, atau bila sahabat punyai alat Multimeter sahabat dapat memeriksanya sendiri dengan cara:

  1. Putarlah selector pada DC 50 volt selanjutnya sambungkan probe merah (+) multimeter ke kabel yang ke arah lampu (umumnya memiliki warna kuning) dan probe hitam (-) ke massa / bodi.
  2. Nyalakan mesin dan putar pelan-pelan handle gas, lihatlah jarum pada multimeter apa memberikan lebih 13 volt atau mungkin tidak.
  3. Bila jarum multimeter memberikan lebih dari 13 v karena itu bisa ditegaskan kiprok anda rusak atau hancur.
Baca Juga  Motor Ngebul Saat Mesin Panas : 4 Penyebab Dan Ulasan

Di atas ialah pembahasan berkaitan penyebab dan cara memperbaiki lampu motor putus saat di gas. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Join the discussion